Musim Hujan Bikin Dinding Rumah Mudah Retak

Dinding retak/ shutterstock
DECOR  |  8 Maret 2021 10:02

Waspadai penyebabnya mulai sekarang.

Reporter : Mutia Nugraheni

Dream - Hujan yang mengguyur terus menerus, disertai angin kencang pastinya membuat kita khawatir. Terutama jika kondisi rumah tidak optimal. Banyak bocor, rembes atau masalah material lainnya.

Salah satu masalah yang kerap muncul pada dinding rumah karena hujan deras adalah keretakan. Retak halus atau retak rambut disebabkan faktor non-struktural, seperti perbedaan muai susut bahan yang terkait dengan suhu, serta komposisi bahan yang kurang tepat.

Dinding lembap awalnya disebabkan rembesan air hujan, celah yang terbentuk pada pertemuan dinding rumah dengan rumah sebelah. Termasuk karena pengecatan pengecatan dinding luar yang tidak sempurna.

Kondisi ini bisa semakin parah? Waspadai penyebabnya mulai sekarang.

Perubahan cuaca
Seperti yang dijelaskan di atas, faktor cuaca bisa menyebabkan tembok rumah Anda retak. Pasalnya, hangat atau dinginnya cuaca dapat mempengaruhi bahan bangunan menjadi memuai atau menyusut.

Retakan tidak serta merta langsung panjang atau lebar, melainkan mulai pada retakan kecil. Apabila di rumah terdapat dinding yang mengalami keretakan dengan kondisi kecil, sebaiknya jangan dianggap remeh agar tidak menimbulkan permasalahan lain yang lebih serius.

 

Selanjutnya : Beban dan Bahan Bangunan
Setahun Mutia Ayu Hidup Tanpa Glenn Fredly
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Biaya Haji 2021 Diperkirakan Naik Jadi Rp 44 juta, Ini Hitunganya
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :