Model Ruang Jemuran ala Jepang, Letaknya Tertutup

Decor | Kamis, 26 November 2020 08:02
Model Ruang Jemuran ala Jepang, Letaknya Tertutup

Reporter : Mutia Nugraheni

Banyak warga Jepang memodifikasi laundry room mereka dengan membuat area jemuran di dalam rumah.

Dream - Ruang mencuci atau laundry room di Indonesia cenderung berlokasi di luar rumah atau semi outdoor. Setelah pakaian dicuci, bisa langsung dijemur, karena matahari bersinar sepanjang tahun.

Saat musim hujan pun, matahari tetap muncul meski hanya sebentar. Hal ini membuat kita dengan leluasa bisa menjemur kapan saja. Berbeda dengan Jepang, terutama di musim salju ketika cuaca sangat dingin dan matahari tertutup awan dingin.

Pakaian yang basah setelah dicuci tak bisa dijemur di luar karena malah akan basah dan lembap. Untuk itu banyak warga Jepang memodifikasi laundry room mereka dengan membuat area jemuran di dalam rumah. Seperti yang diunggah akun instagram @yasunari_komuten, salah satu perusahaan konstruksi dan konsultan interior di Jepang.

 Jemuran ala Jepang
© Instagram @yasunari_komuten

" Ruang pengeringan di lantai 2 di tempat yang cerah. Anda bisa mengeringkan kamar dengan rapi tanpa mengkhawatirkan serbuk sari dan musim hujan," tulis Instagram @yasunari_komuten.

 

2 dari 5 halaman

Gantungan

Tampak sebuah sudut jemur yang mungil di area rumah lantai dua. Langit-langit dilengkapi gantungan untuk menaruh baju. Pintu pembatas dibuat dari kaca untuk memungkinkan sinar matahari masuk dengan maksimal.

 Jemuran ala Jepang
© Instagram @yasunari_komuten

Terdapat juga blind curtain yang bisa dibuka dan tutup sesuai kebutuhan. Mungkin banyak yang penasaran apakah pakaian bisa kering optimal dengan dijemur di dalam? Masyarakat Jepang biasanya memiliki dua mesin cuci.

 

3 dari 5 halaman

Dua Mesin Cuci

Satu mesin untuk mencuci dan satu lagi untuk mengeringkan. Setelah dari mesin pengeringan, biasanya pakaian sudah kering 98 persen. Pakaian pun dijemur hanya untuk diangin-anginkan.

 Ruang jemur ala Jepang
© Instagram @yasunari_komuten

Jadi ruang jemur di dalam ini cukup memenuhi kebutuhan. Biasanya digunakan untuk menjemur handuk atau pakaian yang butuh dikeringkan optimal.

Wah, ternyata sangat berbeda dengan ruang jemur di Indonesia yang biasanya dibuat di luar ruangan.

4 dari 5 halaman

Tata Ruang Keluarga Jadi Lesehan, Bisa Bikin Makin Betah

Dream - Ruang keluarga kerap jadi area berkumpul untuk seluruh anggota keluarga. Bila anggota keluarga cukup banyak, akan lebih baik jika ruang keluarga dibuat dengan lesehan.

Konsep ruang keluarga atau ruang tamu lesehan ini banyak diterapkan pada hunian tradisional Jepang. Belakangan konsep ini turut digunakan pada konsep hunian mpdern minimalis. Selain lebih hemat lantaran tak mengharuskan untuk membeli banyak furnitur, ruangan juga memiliki kelebihan.

Pertama, menampung lebih banyak orang, membuat suasana lebih akrab dan ruangan tampak lebih luas. Ingin membuat ruang tamu atau keluarga dengan model lesehaan? Ada beberap trik dekorasi untuk menatanya agar terasa nyaman dan estetis.

1. Pemilihan Karpet
Karpet jadi item wajib dalam konsep ruang tamu lesehan ini. Selain dimanfaatkan sebagai alas duduk di lantai, karpet berbahan lembut akan membuat ruang makin nyaman. Oleh sebab itu, alangkah lebih baikmemiliih jenis karpet yang nyaman dan aman. Untuk menambah nilai estetika, pilih warna karpet yang senada dengan tema ruang tamu yang diusung.

 

5 dari 5 halaman

2. Bean Bag yang Cozy

Bean bag adalah furnitur yang tepat untuk membuat ruang tamu lesehan semakin nyaman. Alas duduk yang super empuk ini memiliki beragam model, warna, dan motif sehingga memberi kesan yang seru. Dengan aneka jenis bean bag, ruang tamu lesehan tak hanya semakin nyaman tapi juga tampak lebih chic dan modern.

3. Susunan Bantal Super Besar (Floor Pillow)

Jika tidak menyukai furniitur bean bag, maka pillow floor bisa jadi pengantinya. Bentuknya yang flat dan terkesan minimalis ini gak akan membuat ruang tamu lesehan terasa sesak, terutama jika ruangannya berukuran kecil.

Selain mudah ditata di mana saja, juga bisa mengganti motif sarung sesuka hati. Jika suatu saat ingin mengubah suasana ruangan, cukup diubah tata letak atau diganti covernya.
Baca selengkapnya di Diadona.id

Terkait
Join Dream.co.id