Mesin Cuci Juga Butuh Dibersihkan Biar Tahan Lama

Decor | Kamis, 15 Oktober 2020 14:04
{IMAGE_NORMAL}

Reporter : Mutia Nugraheni

Sisa residu sabun, air atau kotoran seringkali menumpuk di selang pengeluaran dan kotak sabun.

Dream - Sahabat Dream menggunakan mesin cuci setiap hari? Jika iya, kapan terakhir kali membersihkan atau melalukan servis rutin? Seperti juga barang elektronik lain yang digunakan setiap hari, mesin cuci perlu dibersihkan dan servis rutin.

Sisa residu sabun, air atau kotoran seringkali menumpuk di selang pengeluaran dan kotak sabun. Debu juga menumpuk hingga meghitam di bagian luar yang lama-kelamaan bisa merusakan permukaan mesin.

Belum lagi bagian dalamnya yang selalu lembap, tentunya banyak kotoran yang mengendap. Bila ingin mesin cuci andalan umurnya lebih panjang pastikan merawatnya dengan rutin. Salah satunya adalah dengan membersihkan bagian dalam dan luarnya.

 

{IMAGE_PAGING}
2 dari 2 halaman

Bersihkan Area Luar dan Dalam

Area luar bisa dibersihkan dengan kain lap basah. Gunakan kain microfiber lalu bersihkan seluruh bagian mesin cuci di luar. Angkat debu-debu yang memenuhi seluruh mesin termasuk sisa sabun yang menempel.

Untuk bagian dalam, bersihkan bagian karet yang biasanya ditumbuhi jamur. Nyalakan mesin dengan tabung kosong dan isi sabun. Sebaiknya gunakan sabun khusus untuk membersihkan mesin.

Setelah mesin mati, bersihkan juga wadah sabun di mesin yang biasanya penuh dengan sisa sabun dan berlendiri. Copot dan sikat serta bersihkan bagian dalamnya. Mesin pun bersih kembali.

Untuk lebih bersih dan kerja mesin jadi optimal, lakukan servis rutin dengan memanggil petugas khusus. Biasanya tiap merek mesin cuci memiliki tim servis khusus.

Selamat mencoba!

Join Dream.co.id