Mengandung Zat Berbahaya, IKEA Tarik Produk Mug Bikinan India

Decor | Kamis, 16 Januari 2020 14:03

Reporter : Mutia Nugraheni

Segera kembalikan mug tersebut di gerai IKEA.

Dream - Pengumuman penarikan produk baru saja dikeluarkan IKEA pada 15 Januari 2020 di berbagai negara termasuk Indonesia. Sebuah produk mug tipe TROLIGTVIS ditarik dari peredaran.

Hal ini karena menurut laporan pengujian, mug tersebut membawa tingkat bahan kimia melebihi batas yang ditentukan.

Dikutip dari situs resmi IKEA Indonesia, IKEA mendesak pelanggan yang memiliki travel mug tersebut untuk mengembalikan produk ke toko IKEA mana pun. Sebagai penggantian akan ditukar dengan IKEA return voucher.

" IKEA sangat memperhatikan keamanan produk. Semua jenis produk IKEA terus diuji dan harus mematuhi standar dan undang-undang yang berlaku, serta persyaratan IKEA sendiri," tulis pernyataan resmi IKEA.

 

Mengandung Zat Berbahaya, IKEA Tarik Produk Mug Bikinan India
Mug TROLIGTVIS (Foto: Ikea)
2 dari 5 halaman

Bikinan India

Laporan pengujian menunjukkan bahwa travel mug " made in India" tersebut" membawa tingkat Dibuthyl phthalate (DBP) melebihi batas yang ditentukan. IKEA sudah sejak lama memutuskan untuk melarang semua penggunaan phthalate dalam produk yang berkontak langsung dengan makanan.

 Mug TROLIGTVIS
© Ikea

Untuk itu, penjualan travel mug dihentikan selama penyelidikan. Penyelidikan telah menunjukkan bahwa travel mug bertanda " Made in India" mungkin terpengaruh.

Travel mug TROLIGTVIS telah terjual sejak Oktober 2019. IKEA meminta pelanggan yang memiliki travel mug dengan tanda “ Made in India” untuk mengembalikan produk ke toko IKEA. Bukti pembelian, seperti tanda terima, tidak diperlukan.

" IKEA meminta maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan oleh penarikan produk ini," tulis IKEA.

Sumber: Ikea.co.id

3 dari 5 halaman

Pengunjung Tak Tahu Aturan, IKEA Penang Seperti Kapal Pecah

Dream - Gerai IKEA memang memiliki daya tarik tersendiri. Para pengunjungnya bisa langsung membayangkan menata rumah impian, hingga ke detail perabot yang akan ditaruh.

IKEA di Penang, Malaysia, baru saja dibuka beberapa waktu lalu. Orang yang datang pun membludak karena penasaran dengan penataan di dalamnya. Rupanya banyak yang menyangka kalau display interior di dalamnya dapat diduduki dan diubah sesuka hati.

 Ikea Penang
© World of Buzz

 

 

4 dari 5 halaman

Display Sangat Berantakan

Kondisi barang-barang jadi sangat berantakan. Dikutip dari World of Buzz, seorang netizen yang mengunjungi IKEA Batu Kawan, Penang, mengungkapkan kondisi miris tersebut.

 Ikea Penang
© World of Buzz

Ia memposting di akun Facebooknya " Seperti Terjadi Pemerkosaan di IKEA Batu Kawan-cermin Budaya Malaysia? ’Sedikit dramatis, tetapi perlu diperhatikan" . Mereka yang tak tahu aturan membuat tempat tidur yang tertata rapi menjadi berantakan dan merusak furnitur yang dipajang.

5 dari 5 halaman

Super Kacau

Kelvin menyatakan kekecewaannya, bahkan menyalahkan sistem pendidikan di negara itu karena menghasilkan generasi yang tidak bertanggung jawab.

 Ikea Penang
© World of Buzz

Dia berkata, “ Kekacauan itu seperti rumah setelah dirampok. Setiap tempat tidur, sofa, dan kursi tidak ada di tempat aslinya. Sepertinya kamar-kamarnya terbalik," ujarnya.

Laporan Tri Yuniwati

 

Join Dream.co.id