Menata Ruang Keluarga, 3 Elemen Ini Tak Boleh Diabaikan

Decor | Senin, 16 Desember 2019 14:04

Reporter : Mutia Nugraheni

Kita bisa menghabiskan waktu seharian bersama anak-anak di ruangan ini.

Dream - Ruang keluarga jadi tempat utama untuk bercengkrama. Kenyamanan tentu jadi hal yang utama.

Kita bisa menghabiskan waktu seharian bersama anak-anak di ruangan ini. Mulai dari menonton, bermain game bahkan hingga tertidur pulas.

Suasana ruang keluarga yang hangat akan bikin betah. Untuk menata ruang keluarga yang ideal ada beberapa elemen penting yang kerap dilupakan.

Bagi Sahabat Dream yang ingin menata ulang ruang keluarga, coba terapkan trik-trik berikut, dari seorang desainer interior.

 

Menata Ruang Keluarga, 3 Elemen Ini Tak Boleh Diabaikan
Ruang Keluarga (Foto: Shutterstock)
2 dari 7 halaman

Ruangan yang fleksibel

" Ruang keluarga adalah ruang yang dapat berubah dan tumbuh bersama keluarga, penting untuk membuatnya mudah ditata ulang," kata Marilyn Blume, seorang desainer interior.

Hindari menaruh banyak perabot besar dan lemari berat. Taruh furnitur yang multifungsi dan mudah dipindah. Hal ini agar ruangan jadi mudah disesuaikan dengan kebutuhan.

 

3 dari 7 halaman

Tekstur lembut

Selalu pastikan, perabot atau barang yang ada di ruang keluarga memiliki tekstur yang lembut dan nyaman. Hindari terlalu banyak barang pecah belah sebagai hiasan.

" Taruh beberapa lukisan di dindin atau tanaman berukuran sedang di sudut. Tak perlu banyak hiasan rumit di coffee table. Jangan lupa bantal empuk dan karpet lembut yang akan memaksimalkan kenyamanan, ujar Blume.

 

4 dari 7 halaman

Jangan terlalu padat

Saat ada sudut kosong, rasanya ingin mengisinya dengan berbagai macam barang, terutama di ruang keluarga. Sebelum menaruhnya, pastikan dulu ruangan tersebut mampu menampung seluruh anggota keluarga dengan nyaman.

Ruangan yang terlalu padat dengan barang akan membuat sempit, apalagi jika seluruh keluarga berkumpul bersama. Jadi, pastikan kapasitas ruang sesuai. Cukup taruh barang dan dekorasi seperlunya.

5 dari 7 halaman

Ruang Keluarga Ramah Anak, Perhatikan 4 Hal Ini

Dream - Memiliki bayi dan balita yang aktif, berarti kita harus melakukan penataan rumah yang aspek keamanannya jadi hal utama. Anak-anak selalu dipenuhi rasa penasaran.

Mereka bisa dengan mudahnya menyentuh kabel, cermin atau benda tajam lainnya yang akan sangat membahayakan. Memilih furnitur yang aman serta penempatan yang pas harus benar-benar diperhatikan.

Ada banyak cara untuk membuat ruang keluarga tetap apik meskipun ramah bagi anak. Pertimbangkan saja untuk menggunakan perabot berikut.


Meja bundar

Menghilangkan sudut tajam adalah cara terbaik untuk membuat ruang tamu atau ruangan apa pun lebih aman untuk anak-anak. Jadi, saat mencari meja atau coffee table, cari berbentuk bundar.

Pastikan juga tak ada lapisan kaca karena akan sangat berbahaya. Material kayu, rotan atau bahan sintetis bisa jadi pilihan tepat. Pilih yang desainnya pas dengan tema ruangan.

 

 

6 dari 7 halaman

Meja dan Bangku dengan penyimpanan

Saat ada anak artinya area penyimpanan tak akan pernah cukup. Mainan, pakaian dan barang kebutuhannya selalu saja memenuhi seluruh rumah. Lebih baik cari furnitur atau perabot fungsional. Bukan hanya untuk duduk dan menaruh barang tapi juga bisa jadi penyimpanan.

Cara ini akan membuat penyimpanan lebih efisien tidak makan tempat. Rumah pun jadi lebih rapi, karena perlengkapan anak yang tercecer tinggal masukkan aja dalam penyimpanan.

 

7 dari 7 halaman

Perabot aman dan nyaman

Tidak ada yang suka furnitur yang tidak nyaman, apalagi anak-anak. Hindari furnitur keras dengan garis-garis tajam dan cari yang nyaman bagi orangtua dan anak. Misalnya, sofa yang seluruh bagiannya dilapisi dengan busa. Saat anak terbentur, tidak terlalu sakit.

Hindari memilih furnitur yang terlalu tinggi karena akan sangat berbahaya bagi anak. Tempatkan juga karpet lembut berbusa yang agak tebal. Biasanya anak-anak suka sekali berguling-guling di lantai.

Sumber: The Spruce

Join Dream.co.id