Material Bantal Terbaik Bagi yang Suka Sakit Leher

Decor | Kamis, 9 Juli 2020 16:06

Reporter : Mutia Nugraheni

Penting untuk lebih selektif dalam memilih bantal.

Dream - Bantal sudah tentu jadi kebutuhan untuk bisa tidur nyaman. Dalam memilih bantal, apa yang paling Sahabat Dream pertimbangkan? Bisa jadi bentuk, harga, material atau mungkin desain.

Bukan hanya sekadara pelengkap tidur dan jadi dekorasi ranjang, bantal juga berperan sangat besar bagi kualitas tidur. Untuk kamu yang suka mengalami nyeri atau sakit pada leher, penting untuk lebih selektif dalam memilih bantal.

Faktanya, menurut penelitian yang dipublikasi dalam Journal Clinical Evidence, sekitar dua pertiga orang akan mengalami sakit leher di beberapa titik selama hidup mereka, biasanya saat usia paruh baya.

" Ini adalah penyebab ketidaknyamanan yang sangat umum yang dapat memengaruhi orang-orang dari segala usia," kata W. Christopher Winter, MD, presiden Charlottesville Neurology and Sleep Medicine, dikutip dari Real Simple.

 

Material Bantal Terbaik Bagi yang Suka Sakit Leher
Bantal
2 dari 5 halaman

Ganggu Kualitas Tidur

Nyeri leher biasanya tidak perlu dikhawatirkan, tetapi lebih merupakan gangguan terus-menerus yang akan sangat menganggu kualitas tidur. Pada orang yang lebih muda, sakit leher lebih sering disebabkan oleh cedera akibat olahraga.

Seiring bertambahnya usia, degenerasi mulai terjadi, dan artritis, saraf terjepit, dan cakram hernia dapat berkontribusi pada nyeri leher. Dan faktor-faktor lingkungan tertentu — seperti cara duduk di meja, berolahraga, dan tidur — dapat memperburuk kondisinya.

 

3 dari 5 halaman

Cari Bantal yang Pas

Untuk meredakan nyeri leher, cobalah cari bantal dari material latex dan memory. Material ini mampu membuat posisi tidur lebih baik. Penelitian juga menunjukkan bahwa mereka yang tidur dengan lateks atau memory foam (daripada bulu) lebih sedikit terbangun dan memiliki kualitas tidur yang lebih baik.

Pilih juga bantal yang dirancang untuk posisi tidur favorit, termasuk yang sesuai dengan ukuran tubuh dan posisi tidur. Ganti bantal setiap 4 bulan sekali agar fungsinya optimal dan lebih menyehatkan bagi tulang, otot dan pernapasan.

 

4 dari 5 halaman

Bantal Tidur Harus Sering Diganti, Ketahui Alasannya

Dream - Bantal merupakan elemen penting dalam penentu kualitas tidur. Untuk itu, Sahabat Dream harus memeastikan kondisi bantal di tempat tidur dalam keadaan bersih dan berkualitas.

Tak hanya membuat tidur lebih nyenyak, tapi juga sangat berpengaruh kondisi kesehatan secara keseluruhan. Sebuah penelitian pernah mengungkap, lebih dari sepertiga berat bantal terdiri dari tungau, debu, kulit mati, dan bakteri.

Untuk itu penting mencuci bantal secara rutin. Ini hanya bisa dilakukan pada bantal yang berisi busa sintetis. Cukup masukkan saja ke mesin cuci satu kali dalam sebulan dengan deterjan dan putar dengan kekuatan rendah agar tidak menggumpal.

Sangat disarankan untuk mengganti bantal setiap 6 bulan. Jangan biarkan debu, kotoran dan tungau di bantal memicu masalah alergi dan pernapasan. Mencuci dan mengganti bantal secara rutin sangat penting bagi kesehatan keluarga.

Cari bantal yang bisa menyangga leher dan kepala dengan baik. Pastikan juga bahannya mudah dicuci. Jika terlalu kotor dan tak bisa bisa dibersihkan apalagi berbau, segera ganti dengan yang baru.

Sumber: Realsimple

 

5 dari 5 halaman

Wajib Tahu, Langkah Efektif Membersihkan Bantal

 Dream - Coba lihat bantal-bantal tidur di rumah. Jika tercium aroma tak sedap, berubah warna, atau penuh debu, sudah saatnya segera mencuci bantal-bantal tersebut. Jangan sampai bantal yang kotor jadi sumber penyakit di rumah.

Untuk membersihkan bantal yang kotor sebenarnya sangat mudah. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah bahan bantal. Dalam membersihkannya, jenis bahan bantal jadi pertimbangan utama.

- Bantal busa isi serat
Untuk bantal busa yang berisi serat, sebenarnya bisa langsung dimasukkan ke mesin cuci baik mesin cuci top-load maupun front load. Jika memang terdapat noda bisa diguakan pemutih, lalu dikucek hingga noda hilang. Setelah itu baru masukkan mesin cuci dan biarkan hingga selesai.

Dalam proses penjemuran, pastikan cuaca dalam keadaan panas. Jangan angkat bantal jika masih dalam keadaan lembap karena akan memicu tumbuhnya jamur dan berbau. Jika terasa lembap, segera jemur bantal.

- Bantal foam
Ada juga bantal yang bahannya terbuat dari foam. Bantal ini tak bisa dimasukkan ke mesin cuci karena akan merusak bentuk dan teksturnya. Cara terbaik membersihkannya adalah menyedot debunya secara teratur dengan vacum cleaner. Jika memang ada noda, segera bersihkan dengan tisu basah lalu keringkan. Ganti juga sarung bantal secara teratur minimal dua minggu sekali.

Jika memang bantal sudah terlihat sangat kotor, tak mampu lagi menyangga dengan baik, segera ganti dengan yang baru. Beberap ahli menyarankan untuk mengganti bantal setidaknya satu kali dalam setahun.

 

 

Join Dream.co.id