Masih 1 Pekan di Rumah Saja, Saatnya Beres-beres!

Decor | Senin, 23 Maret 2020 12:02

Reporter : Mutia Nugraheni

Sebisa mungkin tetaplah aktif meski di rumah saja.

 

Dream - Kebijakan pemerintah menerapkan social distancing masih berlangsung. Kabarnya hingga akhir Maret 2020, bahkan bisa lebih.

Hal ini tentunya demi mengurangi penularan virus corona (Covid-19) secara masif. Banyak hal yang bisa dilakukan di rumah. Salah satunya adalah beres-beres rumah, agar hunian makin bikin betah.

Sebisa mungkin tetaplah aktif meski di rumah saja. Cobalah lakukan tiga aktivitas ini saat di rumah saja, agar tetap produktif dan menghilangkan kebosanan. Rumah pun jadi rapi dan lebih segar!

Bikin taman mungil
Kita sangat butuh pemandangan yang menyejukkan mata. Diperkirakan akan masih 2 minggu lagi social distancing diterapkan. Tak ada salahnya untuk membuat taman mungil di rumah. Taruh beberapa pot dengan pepohonan hijau, yang cukup efektif mengurangi stres. Saat pagi hingga jam 10 rawatlah tanaman sambil berjemur agar tubuh tetap mendapat vitamin D dan rumah pun jadi lebih asri.

 

Masih 1 Pekan di Rumah Saja, Saatnya Beres-beres!
Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
2 dari 6 halaman

Bikin Suasana Rumah Berbeda

Beres-beres lemari baju
Biasanya kita tak punya banyak waktu untuk membereskan lemari pakaian. Saatnya menyingkirkan baju-baju lama yang sudah tak lagi dipakai, terutama dalam waktu satu tahun terakhir. Pakaian tersebut hanya akan memenuhi lemari pakaian dan bikin berantakan. Manfaatkan saja waktu selama di rumah untuk menyortir pakaian.

Ubah tata letak
Rasa bosan pastinya bakal muncul setelah berhari-hari di rumah saja. Bagaimana kalau sedikit mengubah tata letak sofa, kursi atau karpet. Lakukan penataan ulang sederhana di ruang keluarga atau mungkin kamar tidur. Hal ini agar suasana rumah selalu tampak segar.

3 dari 6 halaman

Jangan Buang Kulit Jeruk, Manfaatkan untuk Bersihkan Rumah

Dream - Jeruk jadi buah andalan di saat seperti sekarang, di mana kita harus menjaga imunitas tubuh agar bisa melawan virus. Kandungan vitamin C pada jeruk sangat tinggi dan bisa membantu menjaga daya tahan tubuh.

Nah, jika Sahabat Dream rutin mengonsumsi jeruk, kulit jangan langsung dibuang. Bisa juga dimanfaatkan untuk formula pembersih rumah alami. Bagaimana cara memanfaatkannya. Berikut tiga manfaat kulit jeruk bagi kebersihan rumah kamu

1. Sebagai Pengusir Serangga
Kulit jeruk dipercaya dapat ampuh mengusir kecoak, semut, dan hama. Kita bisa menggunakannya untuk meyingkirkan kutu yang ada pada tanaman dengan mencampurkan dengan beberapa tetes sabun deterjen ke larutan jeruk.

Langkah pertama ialah kupas kulit jeruk dan singkirkan bagian dalam putih. Selanjutnya, masukkan kulit yang telah dipotong tersebut ke dalam panci yang berisi air. Masak dan biarkan mendidih selama lima menit. Kemudian, angkat dan biarkan selama 24 jam. Setelah dibiarkan, saring larutan ke dalam botol semprot.

 

© Dream
4 dari 6 halaman

2. Membersihkan Keran dan Barang Stainless Steel

Minyak alami dalam kulit jeruk sangat bagus untuk menghaluskan noda dan menjaga agar benda-benda stainless steel tetap berkilau. Selain itu, minyak jeruk memiliki penahan alami yang membantu menjaga baja tahan terhadap air.

3. Menghilangkan bau tak sedap
Untuk membantu menghilangkan bau di kulkas, akan lebih efektif jika kulit jeruk digiling hingga bubuk. Kamu juga bisa memotong-motongnya dan taruh di dalam kulkas.

Caranya, tinggal campurkan potongan kulit kecil dan baking soda dalam satu piring dan simpan di dalam lemari es. Dengan begitu, aroma dari kulit jeruk akan keluar dan menjaga kulkas tetap segar.


Putu Elmira/ Sumber: Liputan6.com

5 dari 6 halaman

4 Langkah Rumah Bersih dan Bebas Virus Berbahaya

Dream - Virus selalu ada di sekitar kita dan jumlahnya ribuan. Virus, baik corona maupun jenis lainnya, bisa menyebabkan kondisi parah jika kekebalan tubuh tak berjalan baik.

Untuk itu penting menjaga sistem imunitas secara optimal. Salah satu caranya adalah menerapkan pola hidup bersih. Mulai lah dari rumah dengan melakukan aktivitas bersih-bersih.

Ada empat langkah penting saat membersihkan rumah agar terhindar dari perkembangan virus dan kuman berbahaya. Simak, yuk.

- Lepas sepatu dan sandal di luar
Taruh rak di luar rumah untuk menaruh sepatu dan sandal. Hindari menyimpannya di dalam rumah apalagi kamar tidur, karena di sepatu banyak sekali kotoran, kuman dan bakteri. Kecual, sepatu sudah dibersihkan dan disinfektan.

 

© Dream
6 dari 6 halaman

Cuci tangan dan ganti seprai

- Biasakan cuci tangan dan kaki sebelum masuk rumah
Sediakan sabun cuci tangan di dekat keran agar lebih mudah untuk cuci tangan. Setelah dari luar rumah pastikan mencuci tangan dan kaki. Begitu sebelum memasak dan setelahnya.

- Ganti seprai dan handuk satu kali seminggu
Seprai dan handuk termasuk benda yang jadi tempat virus dan bakteri berkembang biak dengan mudah karena kondisinya yang lembap. Untuk itu, ganti setiap satu minggu. Bersihkan dengan sabun dan disinfektan, terutama jika di rumah ada yang sakit.

- Semprot disinfektan
Bila memang di rumah ada yang sakit, bersihkan rumah secara detail. Sapu lalu pel lantai menggunakan cairan disinfektan. Bersihkan juga permukaan dengan cairan tersebut. Meja, remote televisi, gagang pintu dan barang lainnya yang digunakan.

Join Dream.co.id