Masa Kedaluwarsa 4 Perabot Rumah, Yuk Cari Tahu

Decor | Senin, 11 November 2019 16:02
Masa Kedaluwarsa 4 Perabot Rumah, Yuk Cari Tahu

Reporter : Mutia Nugraheni

Siapkan dana untuk mengganti yang baru atau lakukan perbaikan.

Dream - Bukan hanya makanan, kosmetik atau obat saja yang memiliki masa kedaluwarsa. Perabot dan perangkat elektronik di rumah pun, punya masa pakai, terutama, peralatan elektronik yang digunakan setiap hari.

Semahal apapun barang yang dibeli, pastinya bakal rusak dan harus diganti dengan yang baru. Hal ini juga sangat bergantung pada pemeliharaan rutin, seperti dibersihkan dan dipakai sesuai kapasitasnya.

Kebiasaan tersebut akan membantu perabot di rumah berumur panjang. Penting juga bagi Sahabat Dream untuk mengetahui umur 4 perabot rumah tangga berikut. Jadi, bisa menyiapkan dana penggantian.

 

2 dari 5 halaman

Jendela

Jendela tentunya jadi bagian yang sangat krusial dalam rumah. Rangka jendela biasanya bertahan sekitar 15 hingga 20 tahun. Setelahnya, kayu-kayu akan mulai memudar, lapuk atau dimakan rayap.

Terutama jendela di bagian luar yang langsung terkena hujan dan matahari. Untuk itu siapkan dana renovasi jendela setelah 20 tahun.

 

3 dari 5 halaman

Kulkas

Kulkas yang memiliki kualitas baik bisa bertahan selama 10 tahun. Setelah satu dekade, masalah mungkin mulai terjadi. Seperti dinginnya berkurang, karetnya tak kencang lagi, lampunya rusak, frezeer tak maksimal dan masalah teknis lainnya.

Perbaikan mungkin bisa dilakukan tapi biasanya akan berlanjut. Pertimbangkan untuk membeli kulkas baru setelah 10 tahun.

 

4 dari 5 halaman

Kompor

Umur kompor gas rata-rata adalah 19 tahun, sedangkan listrik adalah 16 tahun. Setelah itu kompor biasanya akan mengalami masalah. Mulai dari knop, selang, nyala api atau muncul karat karena tidak dibersihkan.

 

5 dari 5 halaman

Kabinet dapur

Untuk perabot satu ini, mungkin banyak yang tak menyangka kalau kabinet juga bisa jebol dan rusak. Umurnya cukup lama, yaitu mencapai 20 hingga 30 tahun, tergantung dari material dan beban. Setelah itu, sangat mungkin terjadi kerusakan, aus, mengelupas atau mungkin hancur karena lembap.


Sumber: Apartment Therapy

Join Dream.co.id