Manfaatkan Cuka untuk Rawat Tanaman, Cari Tahu Caranya

Jamur pada tumbuhan/ Shutterstock
DECOR  |  19 Maret 2021 14:02

Apa saja yang dilakukan dengan cuka? Yuk simak.

Reporter : Mutia Nugraheni

Dream - Sahabat Dream tanaman hias di rumah? Pastinya ingin selalu memastikan si 'anak hijau' tersebut tumbuh sehat dan subur. Banyak cara untuk merawat tanaman agar selalu tumbuh dengan optimal dan tampak segar.

Bukan hanya dengan pupuk, tapi bisa juga memanfaatkan cuka. Siapa sangka kalau cuka memiliki banyak fungsi untuk merawat tanaman. Apa saja yang dilakukan dengan cuka? Yuk simak.

1. Membersihkan pot tanah liat
Pot tanah liat, meski terlihat menarik, tapi bisa menyerap mineral, kalsium, dan garam dari pupuk dan air. Hal itu bisa menyumbat kemampuan berpori alaminya dari waktu ke waktu.

Untuk membuka pori-pori pada pot tanah liat, manfaatkan saja cuka. Caranya, rendam pot dalam larutan cuka (3-4 gelas air dalam 1 cangkir 5 persen cuka putih) selama 30-60 menit. Setelah itu keringkan.

2. Meningkatkan perkecambahan
Kita juga dapat menggunakan cuka untuk melembutkan kulit luar biji, yang merupakan selaput keras yang dapat mengganggu proses perkecambahan. Untuk memudahkan perkecambahan, rendam benih semalaman dalam semangkuk air dengan 5-8 tetes cuka putih. Ini akan membantu benih berkecambah lebih cepat sekaligus meningkatkan peluangnya.

 

Selanjutnya : Bisa Juga untuk Ini
Jokowi Resmi Lantik Pengisi Dua Kementerian Baru dan Kepala BRIN
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Merawat Warisan [TEASER]
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :