Luas 52 Meter Persegi, Rumah Ini Punya Kolam Ikan di Area Tengah

Decor | Selasa, 27 Oktober 2020 08:03
{IMAGE_NORMAL}

Reporter : Mutia Nugraheni

Hunian di Vietnam ini mungkin bisa menginpirasi.

Dream - Vietnam dikenal dengan desain dan arsitektur huniannya yang sangat kreatif dan praktis. Terutama di area perkotaan yang lahannya sudah sangat terbatas. Demi mendapatkan tempat tinggal yang nyaman, arsitek dan penghuni harus berkolaborasi membuat desain rumah yang sesuai kebutuhan dengan tampilan estetik.

Seperti sebuah rumah yang dirancang biro arsitek V+ Studio. Luas rumah ini hanya 52 meter persegi, meski demikian seluruh sudut rumah dibuat dengan penuh perhitungan sehingga memaksimalkan fungsinya.

Lebar rumah 4m dan panjangnya 13m. Terdiri dari tiga lantai dengan fungsi yang berbeda. Tangga awalnya ditempatkan di tengah-tengah muka bangunan. Lantai pertama terdiri dari garasi, ruang tamu, ruang makan, dapur dan toilet.

 Ruang keluarga
© Trieu Chien/trieuchien.com

Foto: Trieu Chien/trieuchien.com

Tim arsitek lalu mengubah arah tangga dengan menekan bagian samping untuk menghemat ruang dan menaruh pohon hijau dan kolam ikan. Ruang tamu rumah terinspirasi oleh suasana desa Vietnam di mana selalu pohon besar di tiap rumah untuk berkumpul, bermain dan beristirahat.

 Rumah dengan kolam dan pohon
© Rumah dengan kolam di Vietnam/ Foto: Trieu Chien/trieuchien.com

Foto: Trieu Chien/trieuchien.com

Sekeliling pohon, terdapat kolam ikan yang membuat suasana rumah jadi lebih segar. Area ini bersebelahan langsung dengan ruang makan dan dapur tanpa sekat.

 

{IMAGE_PAGING}
2 dari 8 halaman

Lantai 2 dan 3

Di lantai 2 rumah, terdapat 2 kamar tidur dengan penerangan alami yang melimpah dan jendela yang dapat dibuka untuk melihat pepohonan di area depan. Lantai 3 merupakan tempat ibadah keluarga dan tempat kerja pepohonan dan penerangan alami.

 Rumah Vietnam
© Trieu Chien/trieuchien.com

Foto : Trieu Chien/trieuchien.com

Fasad luar rumah yang digunakan adalah jenis bata ventilasi yang banyak digunakan di Vietnam pada 1980-an dan 90-an. Jenis bata ini terbuat dari beton. Mungkin bisa jadi inspirasi Sahabat Dream jika ingin merenovasi rumah.

 Fasad rumah Vietnam
© Trieu Chien/trieuchien.com

Foto : Trieu Chien/trieuchien.com

Sumber: ArchDaily

3 dari 8 halaman

Rumah Unik Berbentuk Kerang Dijual Rp3,2 Miliar, Mau Beli?

Dream - Salah satu rumah paling unik di Austin, Texas, Amerika Serikat kini bisa dimiliki. Rumah ini memiliki desain yang sangat ikonik terletak di Lakeway di pantai selatan Danau Travis.

Rumah yang diberi nama Sand Dollar House ini memiliki beberapa pemandangan terbaik di kota. Dibuat pada 1979 oleh arsitek John Covert Watson, rumah ini memiliki desain yang organik, dengan dinding interior melengkung dan garis atap melingkar.

 Sand Dollar House
© JPM Real Estate Photography

Rumah Sand Dollar awalnya dibangun sebagai rumah kedua untuk seniman Eugenia Hunt. Dulunya berfungsi sebagai tempat peristirahatan bagi kerabatnya. Pemilik saat ini telah tinggal di rumah unik tersebut sejak 2017.

 

4 dari 8 halaman

Material yang unik

Luas rumah ini 208 meter persegi dan berdiri di atas lahan seluas 115 hektare. Material yang digunakan untuk membangun rumah cukup unik yaitu gunite. Gunite paling sering digunakan sebagai bahan kolam, dan terbuat dari campuran pasir, beton, dan air yang dikeluarkan oleh selang bertekanan tinggi.

 Sand Dollar House
© JPM Real Estate Photography

Foto: JPM Real Estate Photography

Berdiri di dalam rumah terasa seperti berada di dalam kerang. Aada jendela atap tetesan air mata, tangga spiral dengan tapak kayu, dan bisa melihat danau Travis dari hampir setiap kamar.

 

5 dari 8 halaman

Jendela Apik

Rumah dua lantai ini dalam kondisi yang sangat baik dengan lantai bata putih dan ubin kaca yang indah. Jendela serta pintunya telah diganti untuk efisiensi energi.

 Sand Dollar House
© JPM Real Estate Photography

Foto: JPM Real Estate Photography

Pintu masuk terletak di tingkat atas, yang terdapat ruang tamu utama, sedangkan kamar tidur dan sudut duduk terletak di lantai pertama yang lebih pribadi.

 Sand Dollar House
© JPM Real Estate Photography

Ternyata rumah ini dijual seharga US$2.200.000 atau sekitar Rp3,2 miliar. Tertarik membelinya, Sahabat Dream?

Sumber: Dwell

6 dari 8 halaman

Rumah Retro Pink Dibangun 1970, Interiornya Bangkitkan Nostalgia

Dream - Tampak luar rumah yang terletak di Staten Island, New York, Amerika Serikat seperti rumah biasa. Saat masuk ke dalamnya, seperti menjelajah mesin waktu menuju era 1970an.

Karpet bulu lembut, kursi dan meja berdesain retro dan warna merah muda yang dominan. Rumah ini interiornya memang tak berubah sejak dibangun pada 1970. Pemiliknya juga masih sama, sehingga deain seluruh sudut rumah dipertahankan.

 Rumah pink 1970
© Michael Cerasani/ House Beautiful

Foto Michael Cerasani/ House Beautiful

Terletak di 820 West Fingerboard Road di lingkungan Grasmere, rumah dengan empat kamar tidur ini dindingnya dihiasi wallpaper foil. Suasana retro nan romantis sangat menonjol dengan floating stairs dan batu bata ekspos.

 Rumah pink 1970
© Michael Cerasani/ House Beautiful

Foto Michael Cerasani/ House Beautiful

Tak ketinggalan terdapat meja bar klasik lengkap dengan hiasan pohol palm. Lantai dilapisi dengan karpet bulu warna merah muda.

 

7 dari 8 halaman

Area Dapur Tampil Beda

Untuk area dapur memang tak didominasi warna merah muda. Meski demikian kesan retro tetap menonjol. Mulai dari bak cuci piring, meja makan kecil di sudut serta hiasan wallpaper di dinding.

 Rumah pink 1970
© House of Beautiful

Ruang makan tampak menyatu dengan ruang keluarga. Mejanya berwarna putih dengan desain yang unik.

 Rumah pink 1970
© House of Beautiful

8 dari 8 halaman

Kamar mandi mewah

Salah satu yang sangat mencuri perhatian di rumah ini adalah area kamar mandi. Bak warna oranye dengan lampu kristal dengan desain retro membuat kamar mandi seperti di istana.

 Rumah pink 1970
© House of Beautiful

Menarik, bukan?

Join Dream.co.id