Lihat Desain WC Jongkok Modern, Bisa Ditutup

Decor | Senin, 20 September 2021 08:10

Reporter : Mutia Nugraheni

Sahabat Dream tim WC jongkok atau duduk?

Dream - Jenis toilet atau WC yang dipasang di rumah tentunya disesuaikan dengan preferensi dan kebutuhan penghuni. Ada yang lebih suka menggunakan WC jongkok, dan ada juga yang menggunakan WC duduk.

Jika dilihat dari sisi kesehatan, WC jongkok memang lebih direkomendasikan. Lebih sehat bagi sistem pencernaan dan pembuangan tubuh manusia, karena posisi jongkok melancarkan buang air besar.

Sayangnya, banyak orang yang lebih memilih WC duduk dibandingkan WC jongkok karena pertimbangan desain. Ternyata ada desain WC jongkok yang terlihat keren dan modern.

Sebuah video diunggah di akun Instagram @dekorasi_rumah_idaman, menampilkan WC jongkok modern. Dilengkapi penutup dengan bentuk memanjang dan berwarna putih. Untuk membuka penutupnya cukup ditekan.

 WC jongkok modern© Instagram

Penutup tersebut bahkan cukup kuat saat diinjak. Untuk penyiraman, WC juga dilengkap fitur flush. Sangat modern. 

Lihat Desain WC Jongkok Modern, Bisa Ditutup
WC Jongkok Modern
2 dari 6 halaman

Lihat Videonya

Sayang tak disebutkan di mana WC tersebut bisa didapatkan dan harganya dalam keterangan video.

      View this post on Instagram

A post shared by 🛠️ INSPIRASI DEKORASI RUMAH 🛠️ (@dekorasi_rumah_idaman)

Namun dalam kolom komentar, ada warganet yang menuliskan kalau harga WC tersebut memang cukup mahal. "Mahal harganya sampai 1 juta lebih...," tulis salah satu warganet.

Sebagian besar yang berkomentar juga menanyakan di mana membeli WC tersebut. Pasalnya meski berbentuk jongkok, tapi terlihat apik.

3 dari 6 halaman

Bikin Mampet, Jangan Buang Ini di Toilet

Dream – Toilet menjadi salah satu bagian terpenting di rumah. Masalah yang sering timbul di toilet adalah aliran air yang tidak lancar atau mampet. Saat flush dipencet, air malah meluber keluar.

Hal ini tentu sangat menjengkelkan. Banyak penyebab toilet menjadi mampet, yaitu membuang beberapa sampah ke toilet yang tidak bisa mengurai dalam air.

Demi kelancaran air di toilet, pastikan tidak membuang barang berikut ke dalamnya.

1. Tisu Basah
Tisu basah adalah bentuk limbah paling berbahaya di toilet dan pipa. Kerusakan dan penyumbatan paling umum terjadi karena benda ini. Tisu basah memakan waktu hingga 100 tahun untuk terurai dan tergantung pada komposisinya. Membuangnya ke toilet pasti akan membuat mampet.

2. Kondom
Meski jarang terjadi, kondom bisa terjebak di pipa drainase bahkan di toilet itu sendiri. Barang ini harus dibuang ke tempat sampah karena penelitian menunjukkan sebagian besar kondom terbuat dari lateks.

Bahan baku lateks adalah organik dan dapat terurai lebih mudah daripada jenis lainnya. Namun, kondisi ini tidak terpenuhi ketika bersentuhan dengan air. Kondom yang terbuat dari poliuretan misalnya, tidak dapat terurai secara alami.

 

4 dari 6 halaman

Minyak, Rambut dan Kapas

3. Segala jenis minyak
Ketika minyak dibuang ke toilet akan bersentuhan dengan air dan membentuk lemak bola yang menyumbat pipa dan saluran air. Selain itu, minyak membuat pipa saluran keluar tersumbat. Inilah sebabnya bau tidak sedap keluar dari toilet dapat menyebar ke seluruh rumah.

4. Rambut
Rambut cenderung rontok dan bisa masuk ke toilet. Jika setiap hari rambut di buang ke toilet, berapa banyak yang akan terbuang? Banyak. Hal ini bisa menyebabkan rambut terjerat dalam pipa sehingga terjadi penyumbatan.

5. Limbah kapas
Limbah kapas seperti tampon, pembalut, dan kapas riasan adalah benda yang dapat menyumbat limbah pengolahan air. Untuk itu jangan buah sampah yang berasal dari bahan kapas ke toilet.

Laporan: Elyzabeth Yulivia/ Sumber: DecorTips

5 dari 6 halaman

3 Trik Jitu Mengatasi Toilet Mampet

Dream - Pernahkah Sahabat Dream mengalami kesulitan saat mem-flush toilet usai buang air besar atau kecil? Jika iya, jangan didiamkan, harus segera diperbaiki agar tidak semakin parah kondisi mampetnya.

Kejadian seperti ini tentu sangat menjengkelkan karena bisa sangat menyulitkan seluruh penghuni rumah. Terutama di kondisi pandemi seperti sekarang.

Jika ini terjadi, kamu memiliki dua opsi, panggil tukang ledeng atau memperbaikinya sendiri. Jika kamu memilih opsi yang kedua, ada tiga metode yang bisa dilakukan untuk atasi toilet mampet.

1. Gunakan Air Ekstra

Tidak perlu memanggil tukang ledeng untuk sumbatan kecil. Kamu hanya perlu membutuhkan cara untuk mendorong penghalang yang menghalangi jalannya air.

Pertama, gunakan pendorong dengan gerakan cepat dan konsisten untuk menciptakan efek vakum yang akan menggerakkan sumbatan. Kemudian, isi ember yang dengan air yang banyak. Setelah ember penuh air, tuangkan ke dalam toilet. Hal tersebut akan menambah kekuatan siraman air sehingga sumbatan akan hanyut bersama air.

6 dari 6 halaman

2. Gunakan Produk Pelancar Toilet

Kamu juga bisa pakai sabun cuci dan air panas. Sediakan sabun cuci piring cair, dan air panas yang cukup banyak. Masukkan sabun cuci piring ke dalam toilet dan diamkan hingga sabun mengendap.

Sabun cuci piring berguna untuk melicinkan pipa saluran toilet supaya benda yang menyumbat mampu mengalir dengan lebih mudah.

Baking soda dan cuka pun bisa menjadi produk yang mengatasi toilet mampet. Tebarkan satu cangkir baking soda ke dalam toilet dan tunggu hingga mengendap. Sesudah itu, tuangkan dua cangkir cuka dengan gerakan memutar supaya cuka tersebar merata. Beri waktu baking soda dan cuka untuk mengatasi permasalahan ini selama satu jam. 

3. Gunakan Natrium Hidroksida

Jika trik yang di lakukan di atas tidak berhasil, kamu masih memiliki satu opsi lagi yakni menggunakan natrium hidroksida. Namun perlu diingat bahwa natrium hidroksida bisa berbahaya. Kamu harus menggunakannya dengan hati-hati. Baca instruksi produk dengan seksama dan ikuti instruksinya.

Natrium hidroksida ini dapat bekerja dalam hitungan detik. Bahan kimia ini dapat bertindak dengan cepat karena merupakan bahan kimia yang kuat. Sehingga toiletmu akan kembali normal dengan segera.(mut)

Sumber: ApartmentTheraphy

Terkait
Join Dream.co.id