Layak Dicoba, Cara Mudah Bikin Ruang Tamu Berkesan Luas

Decor | Senin, 27 Januari 2020 18:03

Reporter : Mutia Nugraheni

Hanya perlu beberapa dekorasi ulang agar ruang tamu jadi lebih nyaman

Dream - Ukuran ruang tamu yang tak terlalu luas, kerap dikeluhkan para pemilik rumah. Apalagi jika harus menerima banyak tamu dalam waktu bersamaan.

Membuat ruang tamu yang mungil biasanya jadi pilihan utama karena tak digunakan setiap hari. Sebenarnya ada trik mudah yang bisa Sahabat Dream lakukan ingin membuat ruang tamu jadi berkesan lebih luas.

Hanya perlu beberapa dekorasi ulang agar ruang tamu jadi lebih nyaman. Berikut caranya.

Aplikasikan warna terang
Jika memiliki ruang tamu yang kecil, sebaiknya aplikasikan warna-warna terang. Baik pada perabot maupun warna temboknya. Warna terang seperti biru muda, hijau, dan kuning, akan membuat ruang tamu yang sempit terlihat terbuka dan lebih nyaman. Sebisa mungkin hindarilah penggunaan warna gelap, karena justru akan membuat ruangan terasa sempit.

 

 

Layak Dicoba, Cara Mudah Bikin Ruang Tamu Berkesan Luas
Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
2 dari 6 halaman

Pertimbangkan penggunaan cermin

Ruang tamu yang sempit tidak hanya perlu diberikan sentuhan" warna cerah. Ada baiknya memasang cermin agar membuat ruangan tampak leluasa. Pasang cermin di dinding untuk memenuhi sisinya, bisa juga dengan memasangnya sebagai dekorasi rumah.

 

3 dari 6 halaman

Hindari pola-pola berlebihan sebagai desain

Penggunaan pola-pola tertentu secara berulang akan membuat ruangan tampak menarik, serta terasa lebih hidup dan dinamis. Cara ini tidak bisa diaplikasikan pada ruang tamu yang kecil. Pola-pola berlebihan justru akan membuat ruang tamu yang kecil semakin nampak sesak dan padat.

Sahabat Dream tetap bisa mengaplikasikan pola pada elemen dekoratif, seperti taplak, bantal sofa, atau pernak-pernik kecil lainnya. Usahakan elemen lainnya tetap tampil polos.

Trik lainnnya bisa dilihat di sini

 

Laporan: Olivia Lidya Elsanty/ Sumber: Diadona.id

 

 

4 dari 6 halaman

Perawatan Sofa Hanya 15 Menit, Dijamin Bikin Kinclong

Dream - Sofa jadi salah satu furnitur favorit di rumah. Saat kumpul keluarga, sofa selalu jadi 'sasaran' utama sebagai tempat berkumpul. Untuk itu kebersihannya harus selalu dijaga.

Jangan sampai sofa jadi kotor, terasa lengket dan berbau tak sedap. Demi menjaga kenyamanan dan kebersihan sofa, perawatan dan pembersihan rutin harus dilakukan setiap pekan.

Bukan perawatan yang rumit, tapi pembersihan sederhana yang bisa menjaga sofa selalu nyaman diduduki. Simak saja langkah mudahnya, hanya butuh waktu maksimal 15 menit.

 

5 dari 6 halaman

Isap Debu dengan Vakum

Mulailah dengan membersihkan debu-debu halus dengan vakum. Angkat bantal dan isap debu di sofa. Jika terdapat kain pelapis, buka dulu kainnya. Jangan lupa isap hingga ke lapisan terdalam. Gunakan ujung pengisap yang runcing.

Lakukan pengisapan debu selama sekitar 5 hingga 7 menit. Pastikan debu di seluruh permukaan sofa terangkat dengan maksimal.

 

6 dari 6 halaman

Bersihkan noda

Ada saja noda yang menganggu pada sofa kesayangan. Biasanya tumpahan makanan dan minuman yang berwarna, seperti kopi dan teh. Jika tak segera dilap dan dibersihkan, noda biasanya akan sangat sulit hilang.

Cobalah gunakan formula pembersih sofa. Cari yang sekali semprot dan sediakan lap bersih. Lap hingga noda samar atau menghilang. Setelah itu keringkan lagi menggunakan vakum.

Sesekali, angin-anginkan sofa agar tidak lembap dan berbau. Pastikan jangan menaruhnya di bawah sinar matahari langsung.

Join Dream.co.id