Lantai Kamar Mandi Nyaman Diinjak dan Tak Licin, Simak Triknya

Decor | Jumat, 22 Januari 2021 10:03

Reporter : Mutia Nugraheni

Bagi anak-anak dan lansia, kamar mandi licin bisa berakhir fatal.

Dream - Salah satu hal yang membuat kamar mandi tak aman baik pada anak maupun orang dewasa adalah lantainya yang licin. Terkena air dan sabun setiap hari memang membuat lantai kamar mandi jadi licin dan berisiko membuat terjatuh bahkan hingga luka berat atau tak sadarkan diri.

Bagi anak-anak dan lansia, kamar mandi licin bisa berakhir fatal. Untuk itu penting bagi Sahabat Dream memperhatikan secara detail saat memilih lantai untuk kamar mandi. Apa saja yang harus diperhatikan?

Tambahkan tekstur
Banyak sekali produk antilicin untuk di kamar mandi, salah satunya produk yang berfungsi untuk menambahkan tekstur. Lantai yang awalnya terasa licin dengan dilapisi tekstur tambahan akan ada semacam permukaan kasar. Hal ini cukup bisa mengurangi licin.

Alas antilicin
Bisa juga memasang alas tambahan di atas lantai. Ada yang berbahan karet atau yang berbentuk persegi panjang lebih simpel. Bisa juga alas antilicin berbentuk kaki dan ditempelkan di area lantai yang kerap diinjak. Cara ini memang lebih praktis, tapi tampilan kamar mandi jadi kurang rapi.

Sikat secara rutin
Lantai yang licin juga disebabkan karena jarang disikat. Lumut dan jamur membuat kamar lantai menguning dan licin. Untuk itu lakukan pembersihan secara teratur. Sikat seluruh bagian lantai kamar mandi tanpa kecuali, terutama yang warnanya menguning dan terasa licin. Lakukan minimal satu kali seminggu.

 

Lantai Kamar Mandi Nyaman Diinjak dan Tak Licin, Simak Triknya
Kamar Mandi (Foto: Shutterstock)
2 dari 5 halaman

Cegah Pertumbuhan Jamur Menggangu di Kamar Mandi

Dream - Suhu yang lembap di kamar mandi membuat jamur tumbuh dengan mudah. Biasanya area tembok yang dekat dengan lantai jadi kekuningan atau menghitam. Terutama di musim hujan seperti sekarang saat kelembapan makin tinggi.

Demi mencegah pertumbuhan jamur di kamar mandi dan tak makin banyak ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Ingat, jamur yang dibiarkan akan sangat menggangu kesehatan keluarga.

Lakukan pembersihan rutin berikut, jangan sampai kamar mandi dipenuhi jamur sampai menghitam.

Selalu Bersihkan Sikat Kamar Mandi
Alat pembersih kamar mandi, seperti sikat hingga spons, perlu dibersihkan secara rutin. Ini mencegah kotoran atau kuman di kamar mandi menempel. Ingat, sikat yang kotor akan membuat lantai kamar mandi menjadi kotor dan juga kuman.

Bersihkan Bak di Kamar Mandi
Membersihkan bak air seringkali dilupakan oleh sebagian orang. Padahal, cukup membersihkannya seminggu sekali. Selain bisa membersihkan kotoran yang ada di bak, mengurasnya bisa mengeluarkan jentik nyamuk.

Tak hanya bak air, wadah sabun dan sikat gigi pun kerap terlupakan. Bisa jadi, hal ini bisa membuat bau tak sedap di kamar mandi. Bersihkan wadah sikat gigi dan kepala sikat agar tetap higienis.

 

3 dari 5 halaman

Gunakan Pembersih Porselen

Gunakan Pembersih Porselen
Salah satu tempat atau lokasi yang sering menimbulkan bau tidak sedap adalah dinding yang kotor dan lantai berkarat serta noda berkerak. Pilih pembersih porselen yang akan menghilangkan noda ringan dan berat.

Pilih pembersih kamar mandi dengan tekstur lebih tebal yang lebih hemat dan mampu menghilangkan kuman dan kotoran. Selain itu, pilih pembersih porselen yang dapat dengan cepat menghilangkan semua noda pada toilet, permukaan porselen, keramik, mozaik dan sejenisnya.

Selengkapnya baca di Diadona.id

4 dari 5 halaman

Cara Hilangkan Bau Tak Sedap di Saluran Cuci Piring dan Kamar Mandi

Dream - Aroma amis, tak sedap dan asam kerap muncul dari saluran pembuangan, seperti bak cuci piring dan di kamar mandi serta WC. Kotoran yang mengendap, minyak, sisa makanan, membuat bau busuk menyeruak bahkan hingga menyebar ke seluruh rumah.

Hal ini tentu saja tak boleh didiamkan. Ada beberapa cara alami yang bisa Sahabat Dream lakukan untuk mencoba membersihkan dan meredakan aroma tak sedap. Pertama-tama, singkirkan kotoran yang menyumbat di saringan saluran.

Seperti nasi, sisa makanan atau di kamar mandi biasanya banyak rambut. Angkat dulu kotoran yang menutup baru kemudian lakukan beberapa trik berikut.

1. Air panas mendidih
Rebus air hingga mendidih. Setelah panas, segera ruang ke saluran pembuangan. Ini mungkin cukup untuk menghilangkan apa pun yang menyebabkan bau. Jika tidak menghilangkan bau, tambahkan beberapa bahan ke dalam air mendidih. Seperti lemon atau sabun pencuci piring yang bisa mengangkat kotoran berlemak.

 

5 dari 5 halaman

Periksa Penutup

2. Soda kue
Bisa juga menggunakan soda kue atau baking soda. Tuang ke saluran pembuangan sebanyak 3 hingga 5 sendok dan biarkan selama beberapa menit. Setelah itu baru siram dengan air panas yang sudah mendidih.

3. Periksa penutup
Periksa penutup saluran, mungkin di sela-selanya banyak kotoran yang sebabkan aroma tak sedap. Siram dengan air yang banyak dan sikat. Jika saluran pembuangan dapur atau kamar mandi masih berbau setelah dibersihkan, mungkin ada sesuatu yang terperangkap di bagian dalamnya. Coba gunakan soda api, yang banyak dijual di toko peralatan rumah.

Tuang soda api atau bubuk khusus pembersih saluran, diamkan selama 15 menit baru kemudian siram dengan banyak air. Lakukan terus hingga aromanya hilang dan terakhir siram dengan disinfektan dan sabun pembersih atau lemon yang telah dididihkan agar wangi.

Sumber: Tree Hugger

Terkait
Join Dream.co.id