Langkah Efektif Bersihkan Rumput Sintetis, Cari Tahu Caranya

Decor | Selasa, 17 Mei 2022 08:12

Reporter : Mutia Nugraheni

Jangan sampai dipenuhi banyak kotoran dan berbau tak sedap.

Dream - Rumput sintentis kerap jadi pilihan untuk membuat sudut rumah jadi terlihat menyegarkan. Perawatannya memang cenderung lebih mudah dibandingkan rumput alami.

Satu hal yang harus diperhatikan jika memasang rumput sintetis adalah harus rutin membersihkannya. Alas dari bahan plastik ini sangat mudah ditumpuki debu. Belum lagi jika kondisi sekitarnya lembap.

Seringkali muncul aroma tak sedap dari rumput sintetis. Lakukan pembersihan secara rutin. Pemilik akun Instagram @house_of_a.k.s membagikan trik membersihkan rumput sintetis secara efektif.

Ikuti saja langkah-langkah berikut, Sahabat Dream.

1. Pasang drainase
Ppastikan menggunakan drainase sebagai alas rumput sintetis untuk mengalirkan air dari rumput sintetis supaya air tidak menggenang di rumput yang menyebabkan lembap dan berbau selain itu agar menjaga rumput sintetis tetap bersih

2. Sapu kotoran kering
Sapu dengan sapu lidi apabila ada kotoran seperti daun kering. Jangan biarkan menumpuk.

 

Langkah Efektif Bersihkan Rumput Sintetis, Cari Tahu Caranya
Rumput Sintetis
2 dari 4 halaman

3. Siram dengan air

Siram rumput sintetis untuk menghilangkan debu 1 hingga 2 kali dalam seminggu. Cara ini akan membersihkan debu-debu halus.

 Rumput sintetis© Shutterstock

4. Gunakan sabun
Bersihkan kotoran yang membandel menggunakan pembersih cuci piring atau deterjen. Terutama jika terkena noda berminyak.

5. Segera sikat jika terkena kotoran hewan
Bila ada kotoran hewan, segera angkat kotoran dan bersihkan rumput yang terkena kotoran menggunakan deterjen, disikat lalu bersihkan dengan air. Jangan dibiarkan terlalu lama karena memunculkan bau tak sedap.

3 dari 4 halaman

Bikin Taman Kering Bernuansa Zen, Cari Tahu Biayanya

Dream - Sedang tren membuat taman kering di dalam rumah. Bukan dengan banyak tanaman tapi cukup dengan satu pohon berukuran besar yang dikelilingi dengan pasir dan bebatuan.

Desain taman ini memang cukup simpel dan terinspirasi dari konsep Zen khas Jepang. Salah satu yang menerapkannya adalah pemilik akun TikTok @braynathanael. Lewat video yang diunggah, ia memaparkan detail material untuk membuat taman kering.

Material yang digunakannya antara lain, paranet, pasir malang, rumput sintetis, batu kali ukuran besar dan kecil juga batu Italia. Sementara tanaman besar yang dipilihnya adalah Cemara Udang.

 Paranet© TikTok @braynathanael.

Sebagai langkah awal, Cemara Udang ditanam dulu pada tanah. Tanah merah kemudian ditutup paranet, lalu dilapisi dengan pasir malang. Rumput sintentis digunakan untuk menutupi tanah di dekitar batang dan akar tanaman.

4 dari 4 halaman

Detail Biaya

Baru kemudian permukaan lahan ditutupi dengan batu Italia yang berwarna putih bersih. Batu kali besar ditaruh di sudut, dan batu kerikil kecil dutempatkan mengelilingi pohon Cemara.

 Taman kering© TikTok @braynathanael

Berapa total biaya yang dikeluarkan? Sekitar Rp3,5 juta, berikut rincian biaya dalam video yang dituliskan Bryan.

Paranet Rp8.000
Pasir Malang Rp110.000
Rumput sintetis Rp140.000
Batu Italia Rp1.700.000
Batu kali gede Rp150.000
Batu kali kecil Rp50.000
Cemara udang Rp1.400.000

Lihat video detailnya di sini.

 

Terkait
Join Dream.co.id