Keunikan Arsitektur Rumah Gantung Tepi Jurang

Decor | Selasa, 1 Juni 2021 12:36

Reporter : Mutia Nugraheni

Lihat detail bangunannya.

Dream - Rumah dengan pemandangan alam memukau selalu punya nilai lebih. Biasanya, untuk membangun rumah tersebut, kondisi lanskapnya sangat menantang. Seperti berada di lokasi yang dekat atau malah menempel jurang.

Dibutuhkan keahlian arsitektur untuk menghadirkan hunuan yang aman dan tentunya nyaman. Sebuah rumah di gantung tepi jurang yang berlokasi di Mendocino, California, Amerika Serikat mungkin bisa menginspirasi.

 Suspende House
© Milad Eshtiyaghi

Rumah tampak benar-benar menggantung di pinggir tebing. Dilengkapi dengan kawat dan tiang penyangga yang super kuat. Rumah unik ini dirancang oleh arsitek asal Iran, Milad Eshtiyaghi.

 Suspended House
© Milad Eshtiyaghi

" Lokasi tanah proyek ini berada di pinggir tebing, maka dalam mendesain rumah ini, kami memutuskan untuk memisahkan rumah dari tanah proyek sehingga rumah tergantung di udara. Proyek ini punya sensasi yang berbeda. erasaan takut dan kegembiraan di ruang luar dan perasaan tenang dan nyaman di ruang dalam ruangan," kata Milad, dikutip dari AmazingArchitecture.

 

Keunikan Arsitektur Rumah Gantung Tepi Jurang
Foto: Milad Eshtiyaghi.
2 dari 6 halaman

Konsep Miring Menyesuaikan Iklim

Untuk membuat rumah, diaplikasikan cara miring karena iklim wilayah tersebut. Digunakan tiang dengan dua kabel yang berfungsi sebagai penahan beban gravitasi dan menahan gaya angin lateral dan atas.

 Suspended House
© Milad Eshtiyaghi

" Di bagian bawah, kami membuat jalan setapak yang menjangkau ruang untuk duduk dan bersantai, dan bagian untuk bermain (yaitu ayunan). Dan orang yang ada dalam ruangan akan merasa bebas seperti mengambang di udara. Berat bagian ini ditanggung oleh kabel," kata Milad.

Rumah dirancang untuk dua orang. Terdapat kamar tidur di selatan, ruang keluarga dan studio kerja. Ruang tamu, dapur dan ruang makan di bagian utara, yang menghadap ke timur dan barat.

Pemandangannya sangat memukau karena dinding kaca di tiap sudut. Hal ini memungkinkan untuk melihat keindahan alam dari tiap area rumah.

3 dari 6 halaman

Penampakan Rumah Mewah yang Masuknya Lewat Lorong Bawah Tanah

Dream - Privasi bagi beberapa orang merupakan kemewahan. Rumah dengan keamanan maksimal dan jauh dari keramaian jadi yang paling dicari. Mungkin untuk para selebritas, pengusaha atau konglomerat rumah di Greenwood, Minnesota bisa jadi pilihan.

 Rumah lorong
© Realtor

Foto: Realtor.com

Lokasi rumah ini memang tak biasa. Berada di pulau terpencil dan untuk mengaksesnya harus melalui lorong bawah tanah. Dikutip dari HouseBeautiful, rumah tersebut baru saja dijual seharga US $15 juta atau Rp214,9 miliar.

 Rumah lorong
© Realtor

Foto: Realtor.com

Untuk memasukinya, harus melakukan perjalanan melewati jembatan kemudian, memasuki terowongan bawah tanah, yang menuju ke garasi 8 mobil. Lokasi rumah berada di pulau yang bukan hanya menawar privasi tapu juga pemandangan panorama Teluk St. Alban yang spektakuler di Danau Minnetonka.

 

4 dari 6 halaman

Bergaya Italia

Desain arsitektural rumah juga sangat megah. Terinspirasi dari karya Andrea Palladio, seorang arsitek Italia. Salah satu elemen desain yang sangat menarik perhatian di rumah ini adalah atrium kaca, yang sangat mewah.

 Rumah lorong
© Realtor

Foto: Realtor.com

Rumah ini dilengkap empat lantai, fasilitasnya terdapat bioskop pribadi untuk 12 orang, gym lengkap, ruang loker, area sauna, dan ruang bar. Siapa sangka ada rumah semewah ini di pulau terpencil.

Ingin membelinya, Sahabat Dream?

5 dari 6 halaman

Rumah Segi 8 Klasik Dijual Rp123 Miliar, Intip Interiornya

Dream - Rumah berbentuk oktagon atau segi delapan sangat populer di era 80-an. Bentuknya memang sangat unik dan tak biasa serta tampak megah. Rumah oktagon dulu populer karena buku yang ditulis Orson Squire, berjudul " A Home For All" .

Dalam buku tersebut Squire menulis ada banyak manfaat jika rumah berbentuk segi delapan. Antara lain, memungkinkan cahaya alami dua kali lebih banyak untuk memasuki sudut rumah dan menawarkan ventilasi terpusat, yang membuatnya lebih sejuk di musim panas dan tetap panas selama musim dingin.

 Rumah Oktagon
© Sotheby International Realty

Foto: Sotheby International Realty

Kini, tren rumah oktagon sudah meredup tapi masih ada rumah model tersebut di San Fransisco, Amerika Serikat. Rumah ini dikenal dengan nama The Feusier Octagon House yang terletak di lingkungan Russian Hill.

 Rumah Oktagon
© Sotheby International Realty

Foto: Sotheby International Realty

Rupanya, dikutip dari House Beautiful, rumah tersebut sedang ditawarkan untuk dijual seharga US $8,6 juta atau sekitar Rp123 miliar. Rumah yang dibangun 1857 terdaftar sebagai San Fransisco Landmark pada 1970.

 

6 dari 6 halaman

Suasana yang Beda di Tiap Ruangan

Rumah berbentuk unik ini memiliki banyak tingkatan dengan total 4 kamar tidur dan 3 kamar mandi. Area utama memiliki 4 ruang tamu dan terbuka ke arah tangga yang dengan pemandangan taman rimbun yang indah.

 Rumah Oktagon
© Sotheby

Foto: Sotheby International Realty

Lalu di area lain, ada dapur utama dan ruangan besar yang luas yang mengarah ke teras dan taman.Beberapa fasilitas rumah termasuk garasi 2 mobil, paviliun terpisah, dan kubah yang diubah menjadi studio seni.

Terkait
Join Dream.co.id