Kebiasaan 2 Menit yang Bikin Tanaman Tumbuh Subur

Decor | Rabu, 19 Mei 2021 08:04
Kebiasaan 2 Menit yang Bikin Tanaman Tumbuh Subur
Trim Daun/ Shutterstock

Reporter : Mutia Nugraheni

Pastikan melakukannya dengan rutin.

Dream - Bagi Sahabat Dream yang mengoleksi banyak tanaman di rumah, pasti ingin selalu menjaganya agar selalu subur dan sehat. Penyiraman, pemberian pupuk serta penjemuran tentunya harus dilakukan rutin.

Ada satu lagi perawatan penting yang dilakukan dan sering dilupakan, yaitu menyingkirkan daun mati yang sudah menguning. Terutama pada tanaman yang berukuran sedang atau besar.

Menggunting daun yang mati atau sekarat juga membantu mencegah hama membuat 'rumah', efeknya menjaga tanaman tetap sehat. Saat ingin membersihkan tanaman dari daun mati yang sudah kering dan kuning, ada hal yang harus diperhatikan.

 Tanaman
© Shutterstock

Pastikan daun tersebut benar-benar kuning dan mudah lepas dari tanaman sebelum melepaskannya. Untuk daun yang warna kuningnya hanya sebagian berarti tanaman tersebut masih menyerap nutrisi daun.

Untuk daun yang berwarna cokelat, kering, dapat langsung dipangkas. Gunakanlah pemangkas tangan agar lebih praktis. Selain itu, segera bersihkan pemangkas setelah digunakan terutama jika menggunting pohon yang berbeda agar menularkan penyakit/ hama.

Gunakan tisu desinfektan untuk menyeka bilah pemangkas. Dengan memangkas yang hanya menghabiskan waktu dua menit ini akan menciptakan ruang dan penyerapan nutrisi untuk pertumbuhan daun baru. Jadi, jangan lupa lakukan secara rutin ya, Sahabat Dream.

Sumber: Apartment Therapy

Join Dream.co.id