Kamar Mandi Jadi Tampak Baru dengan Perubahan Simpel

Decor | Jumat, 16 Oktober 2020 10:05

Reporter : Mutia Nugraheni

Perubahan sedikit saja di kamar mandi akan berdampak besar pada tampilannya secara keseluruhan.

Dream - Kamar mandi bagi beberapa orang bukan hanya sekadar untuk membersihkan diri atau buang air kecil dan besar. Bisa juga jadi tempat 'melarikan diri' dan mencari ketenangan.

Bagi Sahabat Dream yang suka memanjakan diri di kamar mandi, saatnya untuk memberi sentuhan berbeda. Perubahan sedikit saja di kamar mandi akan berdampak besar pada tampilannya secara keseluruhan.

Tenang, tak perlu renovasi. Lakukan saja langkah sederhana berikut, bisa membuat kamar mandi jadi tampak baru.

Ganti kran yang berdesain cantik
Kran jadi benda yang menjadi fokus perhatian. Bila tampilan kran lama sudah sangat usang bahkan rusak, pertimbangkan untuk menggantinya dengan yang lebih baru. Cari yang desainnya unik dan moder dan tentunya sesuai tema kamar mandi. Tampak sederhana, tapi akan membuat kamar mandi jadi berbeda.

 

Kamar Mandi Jadi Tampak Baru dengan Perubahan Simpel
Kamar Mandi (Foto: Shutterstock)
2 dari 6 halaman

Cermin dan Pencahayaan

Taruh cermin baru
Cermin kamar mandi juga berdampak signifikan. Menggantinya bisa menjadi cara yang hemat untuk mendapat tampilan kamar mandi baru. Cobalah taruh cermin tanpa bingkai sederhana atau pasang lemari cermin yang dipasang ditempel dinding.

Lampu
Pencahayaan sangat penting untuk memberi rasa nyaman dan berbeda. Cari lampu yang lebih terang dari biasanya atau mungkin menaruh beberapa lampu di dekat cermin agar tampak dramatis. Efek cahaya tambahan akan membuat kamar mandi jadi sangat berbeda dari biasanya.

3 dari 6 halaman

Siasati Kamar Mandi Tanpa Ventilasi Biar Tak Pengap

Dream - Ventilasi sangat penting di tiap ruangan dalam rumah. Sayangnya, tak semua area di rumah memungkinkan untuk dibuat ventilasi. Kamar mandi misalnya, ada yang letaknya di bawah tangga dekat ruang keluarga.

Tentunya sulit untuk membuat ventilasi. Kamar mandi merupakan area yang setiap hari terpapar air dan sangat lembap. Lalu bagaimana menyiasati kelembapan tanpa ventilasi? Ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

1. Kamar mandi kering dan basah terpisah
Hal ini bertujuan agar tak semua lantai kamar mandi basah dan menjaga kamar mandi tetap bersih dan minim kelembapan. Bisa memasang tirai pada area shower yang digunakan untuk mandi. Sementara itu, area yang berdekatan dengan kloset dan wastafel dibiarkan tetap kering saja. Cara ini cocok untuk kamar mandi tanpa ventilasi agar selalu nyaman.

2. Pasang exhaust fan
Hal ini bertujuan untuk mengatasi bau yang terjebak di kamar mandi dan menetralkan sirkulasi udara. Exhaust fan akan menjaga sirkulasi udara di dalam kamar mandi tetap lancar sehingga menghalangi bau yang terjebak.

Alat ini juga akan membuat kamar mandi tak terlalu panas sehingga lebih nyaman untuk digunakan. Akan lebih efektif lagi jika menggunakan heater atau alat pengering agar kamar mandi tak selalu basah.

 

4 dari 6 halaman

Tanaman dan Penyerap Lembap

3. Tanaman Hijau
Keberadaan tanaman hijau akan mengurangi kepengapan dan mempercantik tampilan kamar mandi. Ruang mandi tanpa ventilasi biasanya cenderung pengap. Oleh karena itu, coba letakkan tanaman hijau di area kamar mandi untuk mengatasinya. Tanaman yang bisa ditaruh di kamar mandi antara lain lidah mertua, anggrek, atau sirih gading.

4. Gunakan Produk Penyerap Kelembapan
Produk ini bisa beli di toko-toko perlengkapan terdekat. Umumnya, menghilangkan bau dan kelembapan pada kamar mandi. Ada yang digantung, berupa gel atau bentuk lain. Taruh di area yang agak tinggi agar tak mudah basah.

Trik lainnya baca di Diadona.id

5 dari 6 halaman

Renovasi Kamar Mandi Efisien, Simak 4 Trik dari Ahli

Dream - Area kamar mandi yang sempit dan gelap tentunya sangat tidak nyaman. Jika Sahabat Dream mempertimbangkan untuk melakukan renovasi, tentunya banyak hal yang harus dipertimbangkan.

Terutama dalam kondisi pandemi seperti sekarang. Aktivitas renovasi sebaiknya dilakukan secara efektif dan efisien agar tak banyak memakan waktu dan melibatkan terlalu banyak orang.

Nah untuk itu buatlah perencanaan matang dan detail. Empat trik dari Vanessa, seorang desainer interior ini, mungkin bisa membantu.

Daftar yang disukai dan tak disukai
Buatlah daftar barang atau aksen di kamar mandi yang disukai dan tak disukai. Kemudian tulis dua daftar lagi, yang harus ada di kamar mandi dan keinginan soal desain dan barang di kamar mandi.

" Setelah itu, tinggal membandingkan dan mencoret sesuai anggaran yang ada. Cara ini cukup efektif untuk memilah keinginan dan kebutuhan," kata Vanessa Cook, seorang desainer interior, dikutip dari Homes to Love.

 

 

6 dari 6 halaman

Cari inspirasi desain

Banyak sumber untuk mencarai desain yang paling pas untuk kamar mandi di rumah. Mulai dari pinterest, instagram, atau situs-situs interior. Akan lebih baik jika mencetaknya dan membuat plan board agar hasil yang dibuat mendekati desain yang diinginkan. Komunikasikan dengan pekerja soal bentuk dan desain kamar mandi yang diharapkan.

Perlengkapan Utama
Pastikan kelengkapan utama kamar mandi terpenuhi sebelum membeli perlengkapan lainnya. Kran, wastafel, tpilet, keramik, serta penyimpanan. Untuk sudut penyimpanan ini juga sangat penting karena alat mandi cukup banyak dan seringkali membuat berantakan.

Pencahayaan
Cahaya adalah elemen paling penting dalam desain kamar mandi. Pastikan sumber cahaya mampu mengakomodir kebutuhan. Jika hanya mengandalkan lampu, cari yang benar-benar membuat nyaman.

 

Join Dream.co.id