Kamar Kakak dan Adik Berbagi? Cari Tahu Menatanya dengan Tepat

Decor | Jumat, 24 Juli 2020 08:06
Kamar Kakak dan Adik Berbagi? Cari Tahu Menatanya dengan Tepat

Reporter : Mutia Nugraheni

Anak tetap bisa memiliki sudut privasi.

Dream - Keterbatasan lahan membuat kita harus pintar-pintar membagi area dengan baik. Termasuk kamar tidur anak-anak. Bila kakak dan adik berjenis kelamin sama, mungkin bisa ditempatkan di kamar yang sama.

Memang, kamar yang sama kerap memicu konflik pada anak, untuk itu orangtua harus menyiasatinya dengan trik penataan yang tepat.

Bagaimana caranya? Coba saja terapkan tips berikut saat menata kamar anak yang berbagi.

Pertahankan area pribadi
Usahakan untuk tetap membuat personal space (area pribadi) meski anak berada dalam satu kamar. Akan sangat baik jika ranja dipisah. Misalnya berupa bunk bed, dua ranjang single atau mungkin tempat tidur atas bawah yang bagian bawahnya bisa didorong.

Sediakan juga sudut untuk kakak dan adik menaruh barang-barang pribadinya. Memang untuk kakak dan adik yang berjenis kelamin sama barangnya kerap berbagi, tapi anak tetap membutuhkan privasi dan kepemilikan. Jadi usahakan untuk memisahkan penyimpan barang kakak dan adik.

 

2 dari 3 halaman

Warna dan dekorasi berbeda

Demi membuat suasana kamar sesuai dengan kepribadian masing-masing, jangan segan untuk mengecat dinding secara berbeda. Misalnya si kaka suka warna pink dan si adik suka warna ungu.

Setelah itu baru tambahkan dekorasi kesukaan anak. Misalnya, ia suka dengan tokoh tertentu atau motif khusus. Dengan begitu anak merasa tetap memiliki area pribadi.

 

3 dari 3 halaman

Jangan lupa penyimpanan tertutup

Kamar yang berbagi berarti akan ada banyak barang milik kakak dan adik dalam satu ruangan. Pastikan juga menaruh area penyimpanan yang cukup banyak untuk menaruh berbagai macam barang keperluan mereka.

Bisa berupa rak susun, laci, lemari, gantungan atau penyimpanan lainnya. Pisahkan antara penyimpanan kakak dan adik agar tak tertukar. Minta anak untuk selalu merapikan barangnya di penyimpanan agar kamar selalu rapi dan teratur.

Sumber: DecorTips

Join Dream.co.id