Kamar Anak Lebih Segar dengan 4 Perubahan Simpel

Decor | Senin, 18 Oktober 2021 12:06

Reporter : Mutia Nugraheni

Terapkan yuk di kamar buah hati kesayangan.

Dream - Membuat kamar anak aman dan nyaman tidak sesulit yang dibayangkan. Kini ide-ide penataan bisa didapatkan di media sosial. Sahabat Dream pun bisa melakukan survei beragam dekorasi untuk kamar anak secara online.

Dalam situasi pandemi, melakukan renovasi kamar anak secara besar-besaran memang cukup sulit. Banyak hal yang harus dipertimbangkan, baik soal waktu, keamanan dan risiko serta dana tentunya.

Bagaimana kalau melakukan perubahan kamar anak yang bisa dilakukan sendiri. Cukup simpel tapi bisa berdampak siginifikan pada suasana kamar anak. Lakukan saja cara berikut.

Cat ulang
Cat dinding kamar anak dengan cat organik. Tidak hanya lebih sehat, juga dapat mempercepat proses dekorasi karena tak perlu menunggu waktu yang lama agar cat mengering.

Rumah yang lebih tua dapat mengeluarkan uap ke udara meski cat mengering sudah dari lama. Sebuah studi 2018 yang diterbitkan dalam Journal of Occupational & Environmental Medicine menemukan hubungan antara ibu dan anak-anak yang terpapar zat bahaya seperti benzena yang ditemukan pada cat dan gangguan perkembangan.

 

Kamar Anak Lebih Segar dengan 4 Perubahan Simpel
Kamar Anak /Foto: Shutterstock
2 dari 5 halaman

Biarkan cahaya masuk

Suhu dan cahaya memengaruhi kesehatan. Cahaya biru membuat otak tetap terjaga dan fokus, sementara cahaya hangat meningkatkan relaksasi dan mempersiapkan otak untuk tidur. Teori yang sama berlaku untuk bola lampu di kamar bayi dan anak. Gunakan lampu berwarna hangat sehingga 'panggilan' larut malam tidak berlangsung lebih lama.

Pilih furnitur yang aman
Saat bayi tumbuh, semuanya dijadikan mainan. Pilih furnitur yang tidak beracun dan terbuat dari bahan alami ketika bayi mulai tumbuh gigi. Bisa juga memilih furnitur melengkung dengan pintu tertutup untuk mencegah terluka.

Perhatikan juga apa yang ada di bawah kaki. Serat alami yang mudah dibersihkan, seperti wol, adalah pilihan tepat untuk karpet yang tidak akan mengeluarkan bahan kimia berbahaya seperti formaldehida.

 

3 dari 5 halaman

Pilih kasur yang tepat

Dalam memilih kasus bagi bayi harus selektif, jangan yang terlalu empuk karena bisa berbahaya. Pastikan penyangganya stabil dan aman bagi bayi. Matras yang terlalu empuk bisa menutupi hidung bayi.

 Kamar tidur© Shutterstock

Untuk anak balita, pertimbangkan rangka matras yang tak terlalu tinggi. Taruh karpet empuk di bawahnya karena balita biasanya cukup aktif dan menghindari cedera parah jika terjatuh dari tempat tidur.

Laporan Syifa Putri Naomi/ Sumber: HouseBeautiful

4 dari 5 halaman

4 Barang yang Ada di Kamar Anak dan Bisa Berbahaya

Dream - Orangtua pasti ingin melengkapi kamar anak dengan barang-barang penting yang dibutuhkannya. Mulai dari barang keperluan standar atau perlengkapan lain yang bisa memudahkan anak beraktivitas dan bermain.

Rupanya ada beberapa barang yang bisa memicu bahaya dan melukai anak. Sahabat Dream mungkin tak menyadarinya tapi kecelakaan bisa terjadi kapan pun, terutama pada bayi dan balita meski dalam pengawasan.

Apa saja barang di kamar yang bisa membahayakan anak tanpa disadari? Yuk simak.

Bantal
Bayi harus tidur di atas permukaan datar dan keras yang bebas dari bantal, selimut, dan alat tidur empuk lainnya sampai setidaknya berusia 1 tahun dan sebaiknya 18 bulan atau lebih. Ada beberapa alasan untuk ini.

Salah satunya adalah bayi dapat secara tidak sengaja menutup wajah dan hidungnya dengan bantal saat tidur. Pada usia 1 tahun ke atas, mereka bisa menggunakan bantal untuk pijakan dan keluar dari boks. Bila memang ingin menggunakan bantal pastikan selalu dalam pengawasan.

Alat pelembap udara
Humidifier memang sangat berguna untuk kamar anak-anak karena udara lembap memiliki efek positif pada pernapasan dan kulit anak-anak. Hal yang harus diingat adalah jika digunakan secara tidak benar, perangkat ini dapat menimbulkan masalah. Masalah yang paling umum adalah kelembapan dan jamur.

Untuk mencegah hal ini terjadi, dokter anak menyarankan untuk menggabungkan humidifier dengan alat pengukur kelembapan, yang dikenal sebagai higrometer. Sebagai alternatif, sediakat perangkat dengan hygrostat internal yang akan membantu kita memantau tingkat kelembapan dalam ruangan. Tingkat optimal kelembapan adalah 50%.

 

 

5 dari 5 halaman

Magnet dan Boneka

Magnet
Huruf magnetis warna-warni atau mainan magnet yang saling menempel sangat menarik perhatian anak-anak. Penting diingat magnet ini sangat berbahaya jika tertelan. Anak balita penuh rasa penasaran dan kerap kali memasukkan barang apapun ke mulut.

Jika magnet tertelan, bisa menyebabkan kerusakan serius pada sistem pencernaan dan sebabkan kematian. Bila ada mainan dari magnet, selalu dampingi anak dan fokus memperhatikannya. Jangan sampai terjadi hal-hal yang diinginkan

Mainan boneka dengan bulu panjang
Boneka berbulu halus dan panjang memang bisa membuat anak merasa nyaman dan hangat. Sayangnya, mainan ini bukan tanpa risiko. Bulunya yang panjang cenderung mudah rontok terutama karena anak bayi dan balita suka menariknya.

Saat bulu rontok dan tertelan atau masuk ke mata bisa berbahaya. Memunculkan reaksi alergi dan tersedak. Perhatikan juga jahitan pada mainan boneka, bila ada yang terlepas segera perbaiki dan kencangkan. Isi boneka bisa saja tertelan bayi karena ia terus menariknya dan memasukkan ke mulut karena rasa penasaran.

Sumber: BrightSide

Join Dream.co.id