Jelang Idul Fitri, Bersihkan Cermin dengan Bahan Rumahan

Decor | Senin, 10 Mei 2021 10:04
Jelang Idul Fitri, Bersihkan Cermin dengan Bahan Rumahan

Reporter : Mutia Nugraheni

Tumpukan debu akan membuat cermin menjadi kusam.

Dream - Cermin yang kotor di rumah akan tampak mengganggu. Terutama jika seluruh area rumah sudah rapi dan bersih, sementara cermin tampak buram dan penuh debu. Jelang Idul FItri, bagaimana kalau Sahabat Dream juga membersihkan seluruh cermin di rumah.

Cermin besar yang berada di area ruang keluarga atau ruang tamu jangan sampai tampak kotor. Manfaatkan saja bahan yang ada di rumah untuk membersihkan cermin, jika tak menyetok pembersih khusus. Berikut bahan yang bisa dimanfaatkan.

Koran Bekas
Jika memiliki koran bekas, jangan dibuang dulu. Pasalnya, koran bekas bisa membersihkan cermin yang kusam. Caranya, cukup mencelupkan koran dengan air secukupnya. Setelah itu, gosok bagian cermin yang kusam hingga noda hilang. Koran juga akan mengangkat debu yang sudah lengket membandel.

Cuka
Dikenal sebagai penyedap makanan, cuka juga berfungsi untuk membersihkan cermin di dalam rumah. Dengan kandungan asam cuka, noda membandel pada cermin bisa langsung hilang.

Soda kue
Bisa juga menggunakan bahan dapur lainnya, seperti soda kue. Cukup larutkan soda kue dengan air, lalu gunakan kain sebagai alat untuk membersihkan cermin. Lakukan pemersihan satu arah dan pastikan kain yang digunakan untuk membersihkan dalam keadaan bersih.

Sumber: Diadona.id

2 dari 4 halaman

Ruangan Tampak Luas, Taruh Cermin di Sudut yang Tepat

Dream - Cermin memang memiliki dampak luar biasa untuk membuat ilusi ruangan jadi berkesan lebih luas. Efek tersebut bisa didapatkan dan terasa optimal jika bentuk cermin dan penempatannya dilakukan dengan pas.

" Banyak orang membuat kesalahan dengan menggunakan cermin yang terlalu kecil atau berpikir mereka bisa mendapatkan efek ini dengan menaruh banyak cermin kecil, tapi satu cermin besar adalah cara terbaik untuk melakukannya," kata Vern Yip, pakar interior dan penulis buku " Vacation at Home" .

Sebelum membeli cermin untuk di rumah, jika ingin mendapat kesan luas ada beberapa trik yang sebaiknya dipertimbangkan. Mulai dari ukuran, bentuk, desain hingga penempatan.

Apa saja? Yuk simak

 

3 dari 4 halaman

Ketinggian yang tepat

Tempat yang tepat untuk menempatkan cermin adalah setara dengan mata orang dewasa. Kira-kira 60 inci dari lantai ke tengah cermin. Ini juga berlaku untuk karya seni atau benda yang digantung lainnya agar bisa mendapat fokus visual dan berdampak pada desain ruangan.

Saat cermin dan benda seni digantung pada ketinggian yang cukup seragam, seluruh tempat akan terasa lebih lapang. Sisakan juga sedikit ruangan dinding. Sebuah cermin terlihat paling baik jika memiliki batas minimal 2 inci dari tepi bingkai ke tepi dinding atau langit-langit.

 

4 dari 4 halaman

Dekatkan dengan sumber cahaya

Letakkan cermin pada sumber cahaya, misalnya jendela besar dengan banyak sinar matahari. Trik refleksi ini meningkatkan kecerahan di sebuah ruangan dan menambah suasana dan dimensi.

" Bisa menaruh cermin besar bersebrangan dengan jendela atau mungkin dekat lampu utama. Cahaya akan menyebar ke seluruh ruangan dan membuat lebih terang serta kesan luas," kata Yip.

Temukan desain cermin yang berfungsi ganda

Untuk ruangan mungil, cari cermin yang memiliki fungsi lain sebagai penyimpanan. Banyak sekali cermin panjang seukuran tubuh yang bisa dibuka dan bagian dalamnya bisa digunakan untuk menaruh make up.

Untuk cermin dinding, bisa juga pilih yang sisi atas dan sampingnya terdapat rak. Jadi bukan hanya bisa membuat kesan lebih luas, tapi juga fungsional dan hemat tempat.

Sumber: Apartment Theraphy

 

Join Dream.co.id