Jangan Salah Pilih Karpet, Sesuaikan dengan Kebutuhan Ruangan

Decor | Rabu, 26 Agustus 2020 14:01

Reporter : Mutia Nugraheni

Perhatikan beberapa hal berikut agar tak salah beli.

Dream - Karpet atau rug berdampak sangat besar dalam membangun mood dan suasana dalam ruangan. Kesan hangat, mewah, modern, atau desain yang diinginkan bisa dibangun dengan penempatan karpet yang tepat.

Untuk itu jangan sampai salah memilih karpet. Sahabat Dream sedang mempertimbangkan membeli karpet besar untuk kamar tidur atau ruang keluarga? Perhatikan beberapa hal berikut agar tak salah beli.

Kebutuhan ruangan
Sebelum membeli karpet tentukan dulu area/ ruangan yang akan ditempatkan karpet tersebut. Kebutuhan karpet untuk ruang keluarga, ruang tidur atau ruang tamu pasti akan berbeda. Baik dari ukuran, warna, tekstur dan detailnya. Menyesuaikan dengan kebutuhan ruangan adalah hal utama.

 

Jangan Salah Pilih Karpet, Sesuaikan dengan Kebutuhan Ruangan
Karpet Di Ruang Keluarga (Foto: Shutterstock)
2 dari 4 halaman

Ukuran

Setelah menentukan ruangan mana yang akan ditaruh karpet atau rug, lakukan pengukuran secara detail. Hal ini untuk mencegah karpet yang dibeli akan kebesaran atau kekecilan.

Kunci mengukurnya adalah karpet yang akan digunakan bisa mengakomodir furnitur di tengah ruangan. Misalnya sofa dan meja yang biasanya ada di area utama. Untuk ruang makan misalnya, seluruh meja dan kursi sebaiknya berada di atas karpet, jadi ukur bagian sekelilingnya.

 

3 dari 4 halaman

Bentuk

Dari segi bentuk, karpet persegi panjang biasanya paling cocok untuk ruangan persegi panjang, sedangkan karpet persegi atau bundar lebih cocok untuk ruangan yang lebih berbentuk persegi. Sesuaikan juga dengan desain ruangan atau tema di rumah.

 

4 dari 4 halaman

Warna dan tekstur

Pertimbangkan warna lantai dan perabotan yang ada dan pilih karpet dengan warna yang sesuai agar seluruh ruangan terlihat sedap di pandang mata. Jika ruangan dan dekorasi cukup netral, pola atau warna yang berani dapat mengangkat seluruh ruangan. Jika ruangan Anda sudah ramai dengan pola dan warna, karpet polos mungkin paling cocok.

Sumber: Homes to Love

Join Dream.co.id