Intip Keunikan Desain Rumah 'Kepompong'

Decor | Selasa, 8 Oktober 2019 18:04
Intip Keunikan Desain Rumah 'Kepompong'

Reporter : Mutia Nugraheni

Tampak luar rumah ini memang sangat unik. Berbentuk kubah yang agak lonjong seperti kepompong.

Dream - Rumah dengan rancangan yang tak biasa selalu mencuri perhatian dan memancing rasa penasaran. Seperti rumah milik Nina Edwards Anker, seorang arsitek, yang berlokasi di Hamptons, Amerika Serikat.

Tampak luar rumah ini memang sangat unik. Berbentuk kubah yang agak lonjong seperti kepompong. Tak heran kalau banyak orang menjulukinya sebagai rumah kepompong atau " Cocoon House" .

Nina, sang pemilik, memang terpesona dengan bangunan berkelanjutan dengan bentuk kubah. Ia pun berusaha mengaplikasikannya rumah liburan miliknya.

2 dari 5 halaman

Tata letak dengan pertimbangan energi.

Dijuluki " Cocoon House," rumah Nina memiliki tata letak berkelok. Hal ini bukan hanya membuat struktur lebih menarik, tetapi juga mengoptimalkan penggunaan energi. Rumah ini bersertifikasi LEED dan mematuhi banyak prinsip desain Passive House, barometer paling ketat untuk bangunan ramah lingkungan dan beberlanjutan.

3 dari 5 halaman

Bagian luar

Dinding dibuat bundar. Hal ini menurut Nina, bisa menghemat 15-20% untuk bahan bangunan. Di sebelah rumah, ada sebuah kolam untuk tujuan estetika dan fungsional.

" Ini mengumpulkan 50% dari air hujan yang kami gunakan untuk irigasi kebun dan sistem yang menonjol, tetapi itu juga bertindak sebagai kolam pemantul," sang arsitek menjelaskan.

4 dari 5 halaman

Jendela Lebar

Rumah bagi Nina sangat berkaitan dengan kehidupan di dalam dan di luar ruangan. Pintu geser dinding kaca membuat banyak cahaya mataharu masuk ke rumah, sehingga tak perlu banyak penerangan.

Lagipula, Nina dan keluarganya lebih suka menghabiskan waktu di luar ruangan. " Kami memiliki meja terbuk, juga pohon rindang kecil tempat kami makan siang," ungkapnya.

 

5 dari 5 halaman

Kamar tidur asri

Kamar-kamar yang ada diatur dengan baik untuk bekerja di dalam dinding yang berseberangan. Semua kaca difungsikan untuk menyerap sinar matahari, dan penggunaan kayu solid untuk menjaga panas dan memberikan privasi.

Ruang publik, seperti ruang tamu dan ruang duduk, menerima jumlah cahaya yang bervariasi sepanjang hari berdasarkan musim, memberikan koneksi konstan ke alam. Tak ketinggalan di area tidur, pemandangannya langsung ke taman yang sangat asri.

Sumber: House Beautiful

Join Dream.co.id