Intip Desain Taman 'Social Distancing', Bisa Hirup Udara Segar Tanpa Berdekatan

Decor | Kamis, 18 Juni 2020 08:03
Intip Desain Taman 'Social Distancing', Bisa Hirup Udara Segar Tanpa Berdekatan

Reporter : Mutia Nugraheni

Bisa jadi solusi agar masyarakat tetap jaga jarak saat bersantai di taman.

Dream - Kondisi pandemi mengubah kebiasaan seluruh warga dunia dalam segala hal, salah satunya pergi ke taman. Sebelumnya, ke taman sangat dianjurkan untuk menghirup udara segar dan mengurangi stres.

Kini bermain di taman umum justru dilarang, apalagi jika taman dikerumuni banyak orang karena bisa meningkatkan risiko penularan Covid-19. Kita wajib menjaga jarak minimal 2 meter demi mengurangi risiko tertular virus corona.

 Parc de la
© Studio Precht

(Foto: Studio Precht)

Rupanya pandemi membuat biro arsitek Studio Precht, di Wina, Austria, mengembangkan konsep taman berjarak. Mereka tengah mendesain Parc de la Distance, yaitu taman inovatif yang menjamin semua pengunjungnya bisa menikmati taman dengan social distancing sejauh 2 meter.

 

2 dari 3 halaman

Labirin

Taman ini diciptakan oleh Studio Precht berdasarkan keresahan warga sekitar, karena banyak taman terkenal di Wina yang ditutup karena pandemi. Maka mereka pun berpikir bagaimana cara tetap bisa menikmati taman yang sejuk, tenang, dan rindang tapi tetap mengutamakan keselamatan diri.

 Parc de la
© Studio Precht

(Foto: Studio Precht)

Konsep taman unik ini dipinjam dari taman French baroque dan Japanese Zen, yang berfokus pada alur-alur spiral berbentuk seperti sidik jari dan air mancur di tengahnya. Bentuk Parc de la Distance yang serupa seperti labirin, membuat kesan individual tercipta.

 

 

 

3 dari 3 halaman

Pembatas 1 Meter

Setiap jalur punya masing-masing satu pintu masuk dan satu pintu keluar, jadi bisa tahu apakah jalur itu masih kosong atau sudah terisi orang. Setiap jalurnya terpisah 2,4 meter dengan pembatas setinggi 1 meter untuk membatasi jarak pandang.

 Parc de la
© Studio Precht

(Foto: Studio Precht)

Setiap jalur dari pintu masuk sampai keluar berjarak 595 meter dan bisa ditempuh kurang lebih 20 menit. Selengkapnya baca di Diadona.id

Join Dream.co.id