Inspiratif, Desain Musola Mini Semi Outdoor

Decor | Senin, 22 November 2021 10:11

Reporter : Mutia Nugraheni

Area ibadah sangat nyaman dan bernuansa asri.

Dream - Solat berjamaah jadi hal yang sangat menenangkan dalam keluarga. Bukan hanya memperbanyak pahala, tapi juga membawa keberkahan dalam rumah serta meningkatkan ikatan antara orangtua dan anak.

Hal ini juga yang biasanya jadi alasan utama untuk membuat area khusus untuk solat dan mengaji di rumah. Tak harus besar, tapi cukup nyaman dan menenangkan. Sahabat Dream yang mungkin tertarik untuk membuat musola di rumah mungkin bisa terinspirasi dari akun Instagram @rumah_enzo.

 Musola mini© Instagram @rumah_enzo

Dalam unggahannya, sang pemilik akun memperlihat sudut beribadah di rumah yang berukuran mungil tapi sangat nyaman. Musola tersebut dibangun semi outdoor, lengkap dengan area wudhu yang penuh hiasan bebatuan putih.

 Musola mini© Instagram @rumah_enzo

 

Inspiratif, Desain Musola Mini Semi Outdoor
Instagram @rumah_enzo
2 dari 7 halaman

Bernuansa Asri

Lokasinya berada di area samping rumah, dengan atap bagian tengah yang terbuka. Area ini juga dimanfaatkan untuk bersantai. Musola di buat di area sudut, dengan penerangan alami yang maksimal.

 Musola mini© Instagram @rumah_enzo

Rumput sintetis membuat suasana jadi lebih asri. Bisa jadi sumber inspirasi untuk membangun musola di rumah.

3 dari 7 halaman

Vertical Garden Megah di Rumah Baru Titi Kamal dan Christian Sugiono

Dream - Pasangan Titi Kamal dan Christian Sugiono sedang membangun rumah impian mereka. Salah satu sudut yang baru saja selesai dirapikan adalah taman belakang. Titi dan Tian rupanya tak membangun taman biasa, mereka lebih memilih taman vertikal atau vertical garden.

 Verical garden Titi dan Tian© Youtube Titi dan Tian

Dinding kosong di area belakang rumah pasangan selebritas ini memang cukup luas. Daripada dibiarkan kosong, untuk membuat rumah jadi lebih asri, dibuatlah vertical garden. Untuk membuatnya, dilakukan oleh gardener profesional.

 Verical garden Titi dan Tian© Youtube Titi dan Tian

" Menggunakan irigasi otomatis, air pupuk akan dipasuk secara otomatis. Potensi untuk selalu subur, potensi untuk hijau dan lebat, menurut kita lebih mudah dengan vertical garden," ungkap Christian dalam Youtube Titi dan Tian.

 

4 dari 7 halaman

Berapa Biayanya?

Sebagai langkah awal dibuat desain penempatan, setelah itu memilih jenis tanaman. Untuk jenisnya, Titi memilih Miana, Philo Golden, Calathea Multicolor dan Walisongo Varigata.

Dinding yang luas dan sangat tinggi, membuat penyiraman dan pemupukan dibuat secara otomatis. Untuk membuat taman vertikal ini, tarifnya antara Rp1,6 juta hingga Rp2 juta.

Hasilnya menurut Tian dan Titi, sangat memuaskan. Rumah mereka pun jadi lebih asri Dinding yang awalnya kosong dan tampak kering jadi penuh tanaman segar.

5 dari 7 halaman

Bikin Penasaran, Bikin Taman Cantik Cuma Habiskan Rp500 Ribu

Dream - Memiliki sedikit lahan kosong di depan, samping atau belakang rumah, paling pas memang dimanfaatkan untuk menjadi taman mini. Untuk membuat taman, mungkin banyak yang menganggap kalau membutuhkan biaya besar.

Terutama jika menggunakan jasa pembuat taman, biayanya bisa mencapai jutaan. Bagi Sahabat Dream yang ingin membuat taman sendiri dengan biaya terjangkau, mungkin bisa meniru trik dari akun Instagram @tenang.sadja.

Pemilik akun yang tinggal di Semarang, Jawa Tengah ini, mengungkap kalau ia hanya mengeluarkan biaya Rp500 ribu untuk membuat taman kecil di rumahnya. Ia mengerjakan taman tersebut sendiri.

      View this post on Instagram

A post shared by Rumah Tenang Semarang ✨ (@tenang.sadja)

"Bikin taman ga nyampe 500 ribu check. Total dari taneman sampe batu-batunya ga ada 500ribu," tulis keterangan dalam video yang diunggah.

Untuk membuat taman tersebut akun @tenang.sadja mengungkap detail biaya yang dikeluarkannya. Seluruh tanaman hingga batu, total biaya sekitar Rp495.000.

Harga Tanaman© Instagram @tenang.sadja

 

6 dari 7 halaman

Viral Ide Rooftop Taman Kering, Bisa Jadi Inspirasi

Dream - Sahabat Dream memiliki area atap di rumah yang dibiarkan kosong? Jika iya, bagaimana kalau memanfaatkannya jadi area rooftop untuk bersantai. Bisa juga untuk foto-foto dan menjadi Instagramable.

Seperti inspirasi yang dibagikan oleh akun Instagram @hauzz_of_dyla. Sang pemilik akun membagikan foto sebelum dan sesudah area rooftop di rumahnya. Sebelumnya hanya berupa area kosong yang dilapisi semen seadanya.

 Rooftop taman kering© Instagram @hauzz_of_dyla

Ia pun terinspirasi desain-desain cafe yang memiliki taman kering. Luasnya 5x4 meter, dengan lorong 6x1.5. Dibuatlah kotak tanaman di bagian samping dan ditaruh tanaman Kaktus serta Calathea Lutea.

 Rooftop taman kering© Instagram @hauzz_of_dyla

Lebar kotak tanaman tersebuat 40 cm. Agar tampak romantis saat malam dan terang tentunya, dilengkapi dengan lampu sorot LED dan lampu LED tanam. 

7 dari 7 halaman

Baru coral putih

Bagian lantainya ditaruh rumput sintetis yang dengan ukuran 5x2 meter. Untuk menambah kesan natural dan asli, ditambahkan juga batu coral putih.

 Rooftop taman kering© Instagram @hauzz_of_dyla

Cukup simpel, tapi sangat nyaman, bukan? Lihat detailnya di sini.

Terkait
Join Dream.co.id