Ingin Rumah Lebih Lega? Segera Singkirkan Barang Ini

Decor | Selasa, 18 Mei 2021 12:04

Reporter : Mutia Nugraheni

Bertumpuknya barang ini akan membuat rumah dan area penyimpanan selalu penuh.

Dream - Membereskan dan menyingkirkan barang yang sudah tak terpakai selama bertahun-tahun bagi sebagian orang merupakan hal yang sangat sulit dilakukan. Sementara, kondisi rumah begitu pengap, sempit, penuh dan berantakan.

Biasanya, alasan emosi, nostalgia, serta sayang untuk dibuang jadi alasannya. Sayangnya hal itu berdampak pada rumah yang sempit dan tak nyaman karena terlalu banyak barang. Cobalah untuk menyediakan hari khusus demi melakukan penyortiran guna menyingkirkan barang yang memenuhi rumah.

Seprai dan selimut
Sahabat Dream termasuk orang yang menyetok banyak seprai dan selimut, hingga di beberapa lemari. Jika iya bandingkan dengan kebutuhan jumlah tempat tidur di rumah. Jika berlebihan, dan tak butuh sampai satu lemari, singkirkan koleksi seprai dan selimut lawas.

Bisa diberikan orang lain atau mungkin didonasikan ke panti asuhan jika kondisinya masih bagus. Ini juga termasuk handuk dan bahan lainnya yang cukup tebal dan banyak makan tempat.

Wadah penyimpanan makanan
Untuk yang satu ini biasanya wadah berbahan plastik yang memenuhi kabinet dapur. Bila jumlahnya sudah sangat menumpuk dan tak ada lagi tempat, segera lakukan penyortiran. Terutama wadah yang sudah tak digunakan dalam hitungan tahun.

Gelas dan botol minum
Barang ini biasanya memenuhi dapur dan tak digunakan. Sesuaikan saja jumlahnya dengan penghuni rumah. Gelas mug yang begitu banyak akan sangat memnuhi area penyimpanan di dapur. Sortir dan berikan pada orang lain yang lebih membutuhkan daripada membuat dapur penuh dan sempit.

Sumber: Apartment Theraphy

Ingin Rumah Lebih Lega? Segera Singkirkan Barang Ini
Penyimpanan Plastik
2 dari 6 halaman

Cara Simpel Disinfektan Perabot Rumah Tanpa Merusaknya

Dream - Kondisi pandemi membuat kita harus ekstra ketat dalam menjaga kebersihan rumah. Terutama setelah beraktivitas di luar dan kembali rumah, juga jika rumah ada anak kecil, bayi atau lansia yang kesehatannya perlu dijaga.

Disinfektan harus dilakukan secara rutin. Terutama di bagian rumah yang selalu dipegang banyak orang dan berbatasan langsung di area luar. Proses disinfektan tentunya menggunakan cairan khusus agar kuman, virus dan bakteri bisa mati.

Sayangnya, beberapa cairan disinfektan bisa merusak perabot rumah tangga. Seringkali kita melakukan kesalahan saat memilih formula pembersih. Beberapa sangat keras dan merusak permukaan, sementara yang lain tidak menghilangkan kuman dan pada saat yang sama dapat merusak.

Saat memilih produk disinfektan harus kandungan di dalanya. Misalnya, apa yang digunakan untuk disinfektan kayu tidak sama dengan yang digunakan pada material ubin. Masing-masing memiliki beberapa karakteristik yang perlu dipahami untuk menghindari potensi kerusakan.

 

 

3 dari 6 halaman

Formula

Berikut bisa dijadikan panduan untuk memilih disinfektan yang tepat agar perabot tak rusak.

Pemutih 
Merupakan zat yang dianggap terbaik untuk menghancurkan virus, bakteri dan kuman. Gunakan pemutih untuk permukaan yang kedap air seperti keramik, logam, batu, batu bata, dan plastik. Sangat penting menggunakan sarung tangan untuk mencegah kerusakan pada kulit dan tidak mencampurkannya dengan formula lain.

Baking soda
Perabot yang terbuat dari kain seperti tirai, bantal, permadani, perlu dicuci dengan deterjen dan soda kue. Setelah dicuci, jemur di bawah sinar matahari karena sinar ultraviolet memiliki sifat disinfektan. Jangan pernah mencampurnya dengan pemutih atau amonia.

Vinegar
Untuk bagian lantai bisa menggunakan campuran air hangat dan vinegar. Bisa juga pakai pembersih lantai yang mengandung disinfektan. Setelah dipel, tunggu hingga kering.

Sumber: Decor Tips

4 dari 6 halaman

Sumber Pemicu Alergi di Rumah, Bersihkan Secara Rutin

Dream - Reaksi alergi bisa muncul karena ada pemicunya. Bagi Sahabat Dream yang memiliki riwayat alergi atau memiliki anak dengan alergi, pasti akan lebih waspada dengan kondisi sekitar termasuk rumah.

Seringkali reaksi alergi ini bukan hanya sekadar gatal atau bersin, tapi juga sesak napas yang sangat menyiksa. Untuk itu pastikan rumah bebas dari pemicu alergi. Bagaimana caranya?

Lakukan bersih-bersih secara rutin, terutama pada sumber pemicu alergi. Berikut beberapa penyebab reaksi alergi yang sering memenuhi rumah.

Jamur
Kelembapan berlebih umumnya merupakan penyebab tumbuhnya jamur di dalam ruangan. Jamur berkembang biak dengan melepaskan spora kecil yang melayang di udara hingga mendarat di lokasi lain. Respons alergi terhadap jamur adalah hal yang sering terjadi.

Paparan terus menerus dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Untuk mengurangi jamur di rumah, biarkan jendela terbuka sedikit untuk meningkatkan aliran udara dalam rumah. Pastikan bahwa semua ventilasi tidak terhalang dan dibersihkan secara teratur untuk meningkatkan aliran udara yang bersih.

 

5 dari 6 halaman

Binatang peliharaan

Punya hewan peliharaan di rumah? Hewan, terutama yang berbulu seperti kucing, burung, kelinci akan mudah memicu alergi. Bulu serta sekresi cairan dan hewan mudah menyebar ke seluruh rumah dan menempel di perabot.

Sebaiknya hewan peliharaan ditaruh di ruang terpisah. Bersihkan kandang dan seluruh furnitur secara teratr. Lakukan juga vakum setiap hari untuk membersihkan bulu halus hewan peliharaan.

 

6 dari 6 halaman

Debu

Debu adalah pembawa utama dan sumber alergen di udara. Protein alergen dibawa pada partikel debu dengan ukuran mulai dari 1mm hingga 20mm (mikron). Karena alergen tersebar sebagai partikel debu, mengurangi konsentrasi debu di udara secara efektif mengurangi paparan alergen di udara.

Lakukan vakum secara teratur. Untuk memastikan bahwa debu yang dihisap tetap terperangkap di dalam vakum, pilih penyedot debu yang memiliki filter udara partikulat efisiensi tinggi (HEPA).

Kecoa

Banyak yang tak menyadari kalau kecoa juga bisa memicu alergi. Alergennya cenderung berat, mirip dengan alergen tungau debu, dan hanya mungkin ditularkan melalui aktivitas seperti menyapu atau menyedot debu.

Partikel kecoa di udara memasuki selaput lendir mata, hidung, dan paru-paru, dan diketahui menyebabkan atau memperburuk berbagai penyakit alergi seperti rinitis alergi dan asma. Bersihkan sudut-sudut rumah yang lembap dan seringkali jadi sarang kecoa. Semprot juga disinfektan dan gunakan masker saat rumah sedang dibersihkan.

Sumber: Homes to Love
 

 

Join Dream.co.id