Ingin Dekorasi Ulang Dapur? Perhatikan Hal Ini

Decor | Senin, 12 Juli 2021 10:30

Reporter : Mutia Nugraheni

Tak perlu melakukan banyak renovasi, perubahan kecil bisa membuat tampilan dapur jadi berbeda dengan biasanya.

Dream - Dapur nyaman dan juga sedap dipandang, siapa yang tidak mau. Area memasak yang tertata apik pastinya membuat kita jadi lebih semangat masak dan membersihkannya. Selama di rumah saja saat pandemi, bagaimana kalau mendekorasi ulang dapur.

Tak perlu melakukan banyak renovasi, perubahan kecil bisa membuat tampilan dapur jadi berbeda dengan biasanya. Amanda Thompson, konsultan interior dari ALine Studio, memberikan tips saat menata ulang dapur, yaitu dengan memperhatikan detail.

“ Misalnya, simpan sabun di dispenser kaca karena warnanya menarik atau pilih motif piring dan gelas yang senada agar jadi bagian dekorasi yang tak terpisahkan," kata Thompson, dikutip dari Apartment Theraphy.

Bisa juga lakukan pengelompokkan perkakas dalam wadah berdesain apik. Seperti sendok kayu dan spatula alam wadah aluminium yang panjang. Minyak ditaruh dalam botol kaca transparan yang ukuran atau bentuknya sama.

 Jangan Salah Pilih, Plus Minus Dapur Terbuka dan Tertutup
© MEN

" Detail ini akan membuat dapur jadi lebih rapi, hangat dan menarik perhatian," ujar Thompson.

Hal yang juga bisa membuat dapur jadi lebih segar adalah tanaman. Untuk pilihan tanaman, cari yang pas untuk ruangan penuh dengan uap seperti dapur. Letakkan jauh dari kompor, bisa di meja dapur atau tanaman tinggi yang ditaruh di lantai.

" Jangan lupa untuk memberikan kesan ceria pada dapur dengan sentuhan warna menyala. Bisa pada serbet, keset atau perkakas dapur lain. Permainan warna akan sangat berdampak pada suasana dapur secara keseluruhan," pesan Thompson.

Ingin Dekorasi Ulang Dapur? Perhatikan Hal Ini
Dapur
2 dari 6 halaman

Trik Menata Dapur Asri dengan Banyak Tanaman

Dream - Dapur sebelumnya hanya berfungsi sebagai area memasak dan menyipan bahan makanan. Kini, dapur bisa jadi area tempat kita melepaskan penat dengan memasak. Tak heran kalau desain dapur saat ini dibuat fungsional sekaligus sedap dipandang mata.

Salah satunya dengan membuat tampilan dapur menjadi sangat asri dengan menambahkan beberapa tanaman di tiap sudut. Cara ini bisa membuat suasana dapur jadi berbeda dan bikin betah. Terutama bagi Sahabat Dream yang suka dengan tanaman.

“ Tanaman menciptakan kehidupan di dalam ruangan dan menghadirkan elemen alami yang dibutuhkan setiap ruangan,” kata Veronica Solomon dari Casa Vilora Interior, dikutip dari Apartment Theraphy. 

 

3 dari 6 halaman

Coba Terapkan Ini

Veronica punya beberapa trik bagi kamu yang ingin menaruh banyak tanaman di dapur.

Tempatkan di sudut yang tepat
Cari tahu karakteristik tanaman dan kemudian tempatkan di area yang pas agar tetap hidup. Misalnya, tanaman yang tak bisa terkena sinar matahari langsung jangan taruh dekat jendela.

Hindari juga menaruh tanaman dekat kompor karena uap panasnya bisa merusak daun dan batang bahkan menyebabkannya mati. Akan lebih baik menaruh tanaman di dekat wastafel atau bak cuci piring.

Kelembapan tidak selalu baik
Kondisi dapur cenderung lembap karena selalu dipenuhi dengan uap kompor dan air mengalir dari bak cuci piring. Beberapa tanaman tidak menyukai kelembapan, salah satunya adalah sukulen dan anggrek.

Keduanya memang begitu cantik untuk ditaruh di area sekitar dapur, namun kelembapan dapur bisa merusaknya dalam sekejap. Pilih tanaman yang memiliki toleransi tinggai terhadap kelembapan.

Pilih tanaman cantik dan praktis
Untuk tanaman di dapur sebaiknya pilih yang perawatannya praktis dan tampilannya cantik. Seperti tanaman rempah dalam pot kecil yang bisa juga digunakan untuk memasak. Kini banyak dijual tanaman rempah dalam kemasan apik untuk ditaruh di dapur.

Bukan hanya membuat dapur menjadi asri, tapi saat panen daunnya bisa digunakan untuk masakan. Multifungsi, bukan?

4 dari 6 halaman

Ide Penyimpanan Perkakas Dapur Efisien ala Resto

Dream - Alat masak dan perlengkapan dapur jumlahnya sangat banyak? Jika iya, dibutuhkan penyimpanan dan peletakkan yang efisien agar dapur tak terlihat berantakan. Saat barang akan digunakan pun kita mudah mencari dan mengambilnya.

Area untuk bergerak di dapur juga penting, karena jika barang terlalu banyak dan tak disimpan dengan baik akan menghambat ruang gerak kita saat memasak. Untuk menata dan merapikan perkakas dapur, bagaimana kalau mengikuti konsep penyimpanan dapur ala restoran.

" Sistem penyimpanan yang baik adalag yang sesuai dengan kebutuhan dan ruang. Jika ada beberapa barang yang biasa digunakan, buatlah itu sangat mudah ditemukan," kata Chef Monty Koludrovic, direktur kuliner di Botanical Hospitality.

Untuk membuat aktivitas di dapur efisien, coba lakukan hal ini seperti yang dilakukan di restoran.

Tempatkan bahan yang siap dimasak dalam wadah bening
Ada banyak cara untuk menggunakan wadah plastik bening yang sering tampak ditumpuk di restoran. Siapkan bahan-bahan siap masak yang masih mentah dalam wadah transparan dan mudah dilihat. Ini akan lebih efisien saat memasak. Siapkan dan stok juga bumbu siap masak, seperti bumbu dasar atau bawang putih cincang. Dengan begitu waktu untuk memasak jadi lebih cepat dan dapur lebih rapi.

 

 

5 dari 6 halaman

Label makanan

Semua sisa makanan tersimpan di lemari es, dan kita tidak tahu apakah masih enak atau tidak. Ini tidak akan pernah terjadi di restoran, karena semua bahan segera diberi label. Isinya tanggal dibeli atau dibuat untuk memudahkan mengetahui apakah masih layak diolah atau tidak. Biasakan untuk menuliskan label pada wadah kapan kemasan makanan dibuka atau dibeli. Ini juga cara cepat untuk menjaga kebersihan lemari es.

 

6 dari 6 halaman

Rak dan Penyimpanan

Penyimpanan tepat
Semua peralatan, cangkir, dan piring harus dikumpulkan di area yang sama di dapur. Diletakkan setidaknya dekat dengan seperti lemari es, oven, atau microwave. Simpan peralatan yang jarang dipakai dalam lemari penyimpanan dan jauh dari area masak. Dapur pun jadi lebih efisien dan tidak sempit.

Tambahkan rak atau gantungan di mana saja
Tidak ada ruang yang terbuang percuma di dapur restoran. Selalu ada rak atau gantungan untuk penyimpanan di dapur. Coba tempatkan barang yang paling sering digunakan gunakan setinggi mata, dan barang yang berat di bagian paling bawah, sementara barang khusus di penyimpanan paling atas. Gantungan ekstra juga akan sangat membantu untuk menaruh berbagai perkakas agar tak menumpuk dan berantakan.

Sumber: RealSimple

Terkait
Join Dream.co.id