Bunga Mawar Tumbuh Lebih Besar, Ini Triknya

Decor | Jumat, 23 Agustus 2019 12:04
Bunga Mawar Tumbuh Lebih Besar, Ini Triknya

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Bagi Sahabat Dream yang suka menanam bunga mawar, wajib tahu teknik ini.

Dream – Bunga mawar selalu bis amembuat halaman tampak lebih indah dan asri. Warnanya yang merah menyala tentu akan mempercantik taman rumah.

Apalagi jika mawar yang tumbuh berukuran besar, pasti akan lebih indah. Ternyata ada cara mudah membuat bunga yang beraura romantis tumbuh lebih besar dari biasanya.

Yaitu dengan menerapkan teknik bending, caranya cukup dengan membengkokkan batang bunga mawar.

Batang bunga mawar bisa dibengkokkan karena bersifat lentur. Teknik ini bisa menghasilkan bunga yang relatif besar dengan memiliki tangkai yang besar dan relatif tegak lurus.

Tertarik untuk melakukan bending mawar sendiri, Sahabat Dream?

Pemilik bisnis budidaya mawar potong, Rahmat, berbagi tips agar kamu bisa melakukan bending mawar sendiri.

2 dari 6 halaman

Begini Caranya

Pertama, carilah batang mawar yang tak terlalu tua dan tak terlalu muda. Batang yang terlalu tua akan patah jika dibending.

Sebaliknya, jika batang terlalu muda, kamu tak bisa melakukan bending.

“ Bending bisa dilakukan untuk 4 mata tunas per batang. Setelah itu kuncup awal bisa dipotong saja jika sudah menguning,” kata Rahmat di Cianjur, Jawa Barat, Kamis 22 Agustus 2019.

3 dari 6 halaman

Bisa Dilakukan Berulang-ulang

Bending (bengkokan) batang dengan jarak pangkal batang sekitar 5-10 cm. Cukup tekan saja sisi yang memiliki mata tunas.

Teknik bending perlu dilakukan berulang-ulang untuk menghasilkan batang yang sempurna. Semua jenis bunga mawar dapat dilakukan teknik bending, namun biasanya teknik bending dilakukan pada jenis bunga mawar tunggal.

Jangan lupa untuk melakukan peremajaan bunga mawar maksimal 4 atau 5 tahun sekali. Karena daun dan bunga akan mulai menyusut dan tanaman bisa jatuh sakit.

(Laporan: Alfi Salima Puteri)

4 dari 6 halaman

Efek Menaruh Bunga Segar di Ruangan yang Tak Banyak Diketahui

Dream - Menaruh bunga segar dalam vas dan ditempatkan di beberapa sudut rumah, memang sangat menyenangkan. Suasana rumah jadi lebih asri dan segar. Kita yang melakukannya pun jadi lebih bahagia.

Bunga segar ini bukan hanya berdampak bagi keindahan rumah, tapi juga kesehatan. American Society for Horticulture Science melakukan penelitian yang mengevaluasi apakah tanaman memiliki pengaruh terapeutik pada pasien bedah, dan hasilnya mengejutkan.

5 dari 6 halaman

Mood Lebih Positif

Menurut penelitian, mereka yang terpapar bunga memiliki tekanan darah dan detak jantung yang lebih rendah. Termasuk peringkat rasa sakit, kecemasan, dan kelelahan yang lebih rendah.

Perasaan lebih positif dan kepuasan yang lebih tinggi pun dirasakan pasien pada kamar rumah sakit mereka. Kondisi tersebut dibandingkan dengan pasien yang berada di kamar tanpa bunga segar sama sekali.

Temuan dari penelitian ini sebenarnya menunjukkan bahwa bunga harus menjadi " obat pelengkap" untuk memulihkan pasien. Tampaknya, mengirimkan karangan bunga segar untuk mereka yang sakit memang jadi pilihan tepat.

Sumber: House Beautiful

6 dari 6 halaman

Buket Bunga Seharga Rp365 Juta, Apa Saja Isinya?

Dream - Karangan bunga atau buket selalu bisa jadi ungkapan rasa cinta yang manis. Apalagi jika dijadikan hiasan ruang keluarga atau bahkan kamar tidur. Pasti akan memunculkan suasana segar dan romantis.

Sebuah buket bunga keluaran Endura Roses, toko bunga eksklusif di Amerika Serikat, membuat karangan yang tak biasa. Harganya mencapai US$26.000 atau Rp365 juta. Penasaran mengapa buket ini sangat mahal.

 Endura
© Endura Roses

Isinya merupakan mawar merah berkualitas tinggi. Begitu juga dedaunannya sangat apik, digambarkan sebagai hutan mawar yang mempesona. Tak hanya itu, hiasan didalamnya juga terdiri dari mawar yang terbuat dari emas.

 Endura
© Endura Roses

Sebuah emas yang bentuknya menyerupai mawar ditaruh di dalam karangan bunga. Makin mewah dengan dua berlian Cullinan yang ditaruh di beberapa kelopak bunga. Ukurannya juga cukup besar, bukan seperti buket biasa.

Menara bunga ini berisi banyak hal yang sangat disukai kaum hawa. Yaitu mawar emas 24 karat, mawar langka yang diimpor dari Ekuador, serta berlian.

Join Dream.co.id