Ide Unik Taman Kering Bawah Tangga dari Arsitek Klaten

Decor | Kamis, 9 September 2021 16:04

Reporter : Mutia Nugraheni

Area 'dead space' kerap memicu kebingungan untuk menatanya.

Dream - Area bawah tangga seringkali membuat bingung pemilik rumah. Terkadang dijadikan area penyimpanan, tapi tampak berantakan dan tak efisien. Ada juga yang memanfaatkannya menjadi kolam ikan dalm rumah agar terasa asri.

Bagi yang memiliki balita, kolam ikan bukanlah pilihan aman. Tak heran kalau sudut bawah tangga ini kerap disebut dead space, karena seringkali kehabisan ide untuk menata dan menjadikannya lebih fungsional.

Tymar Nurhasan, seorang arsitek yang berbasis di Klaten dan founder MTR Architect membagikan pengalamannya merancang area bawah tangga jadi taman kering.

 Taman kering© instagram @tymar_nurhasan.

" Hendaknya setiap sudut ruangan mampu menjadi elemen dekoratif. Ruang kosong dibawah tangga salah satu dead space yang seringkali membuat gemas. Awalnya ruang bawah tangga difungsikan sebagai kolam ikan koi. Kami mencoba menawarkan ide dengan tema yang kontras, mulanya dengan tema air ke tema desert," tulis Tymar di akun Instagramnya @tymar_nurhasan.

 

Ide Unik Taman Kering Bawah Tangga dari Arsitek Klaten
Taman Kering/ Foto: Instagram @tymar_nurhasan.
2 dari 7 halaman

Praktis nan Estetik

Area bawah tangga tersebut lalu dibuat taman kering. Ditaruh beberapa tanaman kaktus, lalu dipercantik dengan bebatuan berwarna putih.

 Taman kaktus© Instagram @tymar_nurhasan

" Pemilihan tema desert menggunakan elemen utama kaktus dan batu. Kaktus mempunyai sifat tidak membutuhkan banyak air dan memerlukan cahaya matahari cukup," ungkap Tymar.

Hasilnya sangat menarik dan unik. Sudut bawah tangga tetap terlihat apik dan asri. Mungkin bisa jadi inspirasi bagi Sahabat Dream yang sedang ingin menata rumah, khususnya di area bawah tangga.

3 dari 7 halaman

Yuni Shara Bikin Taman Vertikal dalam Rumah, Bisa Jadi Inspirasi

Dream - Menghabiskan waktu di rumah saja selama pandemi memang paling tepat dengan menata hunian agar lebih nyaman dan sedap dipandang mata. Salah satu caranya dengan menaruh tanaman hijau dalam rumah dan membuat taman vertikal, seperti yang dilakukan Yuni Shara.

Ibu dua anak ini menghabiskan waktu dengan merawat banyak tanaman di halaman dan di dalam rumah. Ia juga membuat rak-rak baru untuk menaruh tanaman yang sudah ditempatkan di pot berdesain cantik.

Salah satu sudut hijau juga baru dibangun Yuni adalah rak untuk menaruh tanaman tanduk rusa. Tanaman ini memang sangat cantik jika disusun di dinding.

 Taman vertikal baru di rumah Yuni Shara© Youtube Yuni Shara

" Tadinya lukisan, lukisannya dipindah karena ingin jadi ijo, pakai kayu kaso sama kayu jati belanda. Ini tanduk rusa," kata Yuni dalam YouTube channelnya.

Kayu tersebut disambung dan dicat agar tampilannya menarik. Setelah itu ditempel di dinding dan ditaruh tanaman menjuntai. Taman vertikal ini membuat sudut rumah Yuni jadi makin asri.

 

 

4 dari 7 halaman

Lihat video taman vertikal baru di rumah Yuni

5 dari 7 halaman

Taman Rumah Titi Kamal, Penuh Pot Gemas Bikin Penasaran

Dream - Selama pandemi, Titi Kamal jadi lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Untuk mengisi waktu, ia rupanya jadi memiliki hobi mengurus tanaman. Istri dari Christian Sugiono ini punya taman asri di depan rumahnya yang ia tata sendiri.

Berbagai jenis tumbuhan ada di taman tersebut dan ditempatkan pada pot-pot terakota dan teraso yang sangat disukainya. Model pot sengaja dipilih Titi berbentuk binatang agar tampak menggemaskan.

 Taman rumah Titi Kamal© Youtube Titi Kamal

(Youtube Titi Kamal)

" Aku tertarik dengan tanaman karena udara jadi lebih segar, oksigen lebih banyak," kata Titi dalam YouTube channelnya.

 Taman rumah Titi Kamal© Youtube Titi Kamal

(Youtube Titi Kamal)

Ia menanam Begonia, Lili Paris, Kuping Gajah, Alocasia Amazonica, Dolar, Oxalis, Monstera dan masih banyak lagi. Area untuk Titi menaruh tanaman bukan hanya di teras depan.

 

6 dari 7 halaman

Jenisnya Sangat Beragam

Bagian lantai dua di taman samping juga penuh dengan tanaman. Antara lain Monstera berukuran besar, sirih gading dan beberapa tanaman rambat. Untuk membuat tampilannya terlihat asri ia juga membuat lantai kayu yang dipadukan dengan batu alam.

 Taman rumah Titi Kamal© Youtube Titi Kamal

Titi mengurus sendiri seluruh tanamannya. Ia juga sangat tahu jenis tanaman yang dibeli dan bagaimana mengurusnya. 

 Taman rumah Titi Kamal© Instagram Titi Kamal

7 dari 7 halaman

Seperti apa taman rumah Titi Kamal? Lihat saja videonya.

Terkait
Join Dream.co.id