Ide Balkon Kece Bernuansa Tropis di Tangsel

Decor | Jumat, 14 Januari 2022 08:04

Reporter : Mutia Nugraheni

Cukup simpel tapi bikin nyaman.

Dream - Balkon bisa jadi tempat santai yang sangat menyenangkan, terutama di pagi dan sore hari. Terutama jika ukurannya cukup lebar, bisa juga bisa digunakan olahraga simpel.

Punya balkon tapi belum ditata dengan maksimal? Penataan teras balkon pemilik Instagram @home_ideas_sharing bisa jadi inspirasi. Awalnya teras balkon depan kamarnya hanya berupa area kosong dengan lantai semen.

Untuk menatanya, ditaruh tanaman-tanaman dalam pot mungil di bagian sisinya. Lalu lantainya yang awalnya hanya semen, kini ditaruh bebatuan alam dan lantai kayu yang dipasang dengan pola kotak.

 Balkon© Instagram @home_ideas_sharing

Terdapat juga tempat duduk dengan material rotan yang memang sangat cocok untuk di luar ruangan. Perpaduan tanaman, kayu dan bebatuan alam, membuat balkon jadi terasa sangat asri.

 Balkon© InInstagram @home_ideas_sharing

" Teras depan kamar, sebenernya teras ini udah ada sejak lama, tapi cuma bench dan teras kosong aja.. Dipake buat duduk, main sama anak2 kalo ngga pagi, sore2 banget.. Karena kalo siang panas. Sebelumnya di area sini ngga ada tanaman. Berhubung taman belakang aku bongkar, tanaman2 yg sebelumnya numpuk di situ harus diakomodir, jadilah diboyong ke atas sini," tulis akun @home_ideas_sharing yang tinggal di Tangerang Selatan (Tangsel).

 

Ide Balkon Kece Bernuansa Tropis di Tangsel
Balkon Tropis/ Foto: Instagram @home_ideas_sharing
2 dari 6 halaman

Jadi Tempat Berjemur yang Nyaman

Awalnya balkon tersebut ingin dipasang penutup kaca, tetapi ditangguhkan. Pasalnya, bisa jadi area berjemur yang nyaman dengan privasi.

 Balkon© Instagram @home_ideas_sharing

" Sebenernya cita2 pengen bikin sunrooms, dibuat ketutup pake kaca, tapi dipikir2 sayang kalo ditutup, masih menikmati banget punya area kebuka gini.
Selama pandemi jadi tempat berjemur :)," ungkapnya.

 Balkon© Instagram @home_ideas_sharing

Mungkin bisa ditiru Sahabat Dream yang sedang ingin menata balkon. Selamat mencoba!

3 dari 6 halaman

Kanopi Balkon yang Lagi Viral, Bisa Jadi Area Santai

Dream - Memiliki area di bagian atas rumah yang multifungsi dan estetik, siapa yang tak mau. Bagi Sahabat Dream yang sedang mencari-cari ide untuk membuat tampilan dan sudut rumah jadi lebih apik, mungkin bisa terinspirasi kanopi balkon ala pemilik akun Instagram @imaasyida.

Ia membuat balkon tambahan di atas garasi, yang bisa jadi tempat bersantai, area jemur dan terlihat cantik. Ima menyebutnya sebagai kanopi balkon. Untuk membuatnya ia menggunakan material rangka besi dan plat baja, lalu melapisinya dengan rumput sintetik.

 Kanopi balkon© @imaasyida

Foto: Instagram @imaasyida

Lewat Youtube chanelnya, Ima menjelaskan kalau kanopi balkon tersebut memiliki ukuran panjang 3 meter dan lebar 4 meter. Besi-besi kanopi, dicat menggunakan tiga lapis cat. Pertama menggunakan lapisan cat besi antikarat baru kemudian lapisat cat warna yang diinginkan.

 Kanopi balkon© Instagram @imaasyida.

 

 

4 dari 6 halaman

Asri dengan banyak tanaman

Untuk menambah suasana asri, ditaruh beberapa tanaman ukuran sedang dan besar. Pohon Lee Kuan Yew jadi pilihan untuk ditaruh di bagian atas balkon.

 Kanopi balkon© Instagram @imaasyida

Saat tumbuh, tanaman tersebut akan menjuntai cantik ke bawah. Material besi yang kokoh memang tampak kaku, tapi dengan banyak tanaman hijau membuat rumah jadi tampak asri. Tertarik untuk membuatnya di rumah, Sahabat Dream?

 

5 dari 6 halaman

Vertical Garden Megah di Rumah Baru Titi Kamal dan Christian Sugiono

Dream - Pasangan Titi Kamal dan Christian Sugiono sedang membangun rumah impian mereka. Salah satu sudut yang baru saja selesai dirapikan adalah taman belakang. Titi dan Tian rupanya tak membangun taman biasa, mereka lebih memilih taman vertikal atau vertical garden.

 Verical garden Titi dan Tian© Youtube Titi dan Tian

Dinding kosong di area belakang rumah pasangan selebritas ini memang cukup luas. Daripada dibiarkan kosong, untuk membuat rumah jadi lebih asri, dibuatlah vertical garden. Untuk membuatnya, dilakukan oleh gardener profesional.

 Verical garden Titi dan Tian© Youtube Titi dan Tian

" Menggunakan irigasi otomatis, air pupuk akan dipasuk secara otomatis. Potensi untuk selalu subur, potensi untuk hijau dan lebat, menurut kita lebih mudah dengan vertical garden," ungkap Christian dalam Youtube Titi dan Tian.

 

6 dari 6 halaman

Berapa Biayanya?

Sebagai langkah awal dibuat desain penempatan, setelah itu memilih jenis tanaman. Untuk jenisnya, Titi memilih Miana, Philo Golden, Calathea Multicolor dan Walisongo Varigata.

Dinding yang luas dan sangat tinggi, membuat penyiraman dan pemupukan dibuat secara otomatis. Untuk membuat taman vertikal ini, tarifnya antara Rp1,6 juta hingga Rp2 juta.

Hasilnya menurut Tian dan Titi, sangat memuaskan. Rumah mereka pun jadi lebih asri Dinding yang awalnya kosong dan tampak kering jadi penuh tanaman segar.

Join Dream.co.id