Ide Adaptasi Desain Rumah Era Covid-19 dari Arsitek Ternama

Decor | Sabtu, 10 Juli 2021 10:33

Reporter : Mutia Nugraheni

Bisa jadi inspirasi untuk merenovasi rumah.

Dream - Pandemi Covid-19 sejak 2020 hingga saat ini dan belum kunjung terkendali benar-benar mengubah setiap aspek kehidupan manusia. Bukan hanya dari kesehatan, tapi bisnis, pendidikan, kebiasaan, teknologi hingga jadi pertimbangan penting dalam membuat rumah tinggal.

Yu Sing, arsitek ternama Indonesia yang dikenal dengan konsep desain ramah lingkungan, memiliki pendapat sendiri terkait konsep pembangunan rumah yang juga harus adaptif dalam kondisi pandemi. Pendiri konsultan arsitektur, Akanoma Studio mengungkap kalau sebaiknya kini rumah dibangun terpisah.

" Dalam masa ini, bagaimana perubahan desain rumah2 kita? Saran saya, mulai sekarang dipikirkan desain rumah yang memungkinkan untuk sebagian ruangan terpisah difungsikan jadi ruang/paviliun isolasi mandiri," tulis arsitek lulusan ITB ini di akun Instagramnya.

Ada area khusus seperti paviliun terpisah. Saat dibutuhkan isolasi mandiri, ruangan ini bisa digunakan dan aman bagi anggota keluarga.

" Misal desain rumah terdiri dari 2 atau lebih massa bangunan. Maka satu massa bangunannya dapat difungsikan untuk isolasi mandiri. Minimal kamar, kamar mandi, pantri," ungkapnya.

 

Ide Adaptasi Desain Rumah Era Covid-19 dari Arsitek Ternama
Rumah/ Shutterstock
2 dari 5 halaman

Ventilasi

Hal yang juga harus diperhatikan adalah banyaknya ventilasi. Yu Sing mengingatkan agar tidak bergantunng pada pendingin ruangan atau air conditioner.

 Unggahan Yu Sing
© Instagram Yu Sing

" Semua ventilasi harus sangat baik. Jangan mengandalkan AC. Insulasi dinding dan atap akan menjadi porsi biaya pembangunan yang naik, tapi sangat dibutuhkan," pesannya.

Bagi Sahabat Dream yang tengah membangun atau merenovasi rumah, konsep tersebut mungkin bisa diterapkan. Pasalnya kita belum tahu pasti kapan pandemi ini bakal berakhir dan menjaga kesehatan seluruh anggota keluarga adalah yang utama dan hal itu dimulai dari rumah.

3 dari 5 halaman

Rumah Apung Futuristik, Bisa Untuk Isolasi Mewah Saat Pandemi

Dream - Sebagian besar orang di dunia sangat rindu laut, pantai, melihat pemandangan indah tanpa takut terpapar virus Covid-19. Sayangnya, pandemi tak kunjung berakhir. Tetap berada di rumah hingga pandemi mereda tetap menjadi pilihan terbaik.

 Anthenea
© Anthenea

Jika tak bisa keluar rumah, bagaimana kalau membeli rumah apung yang mewah di Prancis bernama Anthenea. Tempat tinggal berbentuk kubah ini siap diluncurkan pada 2022 mendatang.

 Anthenea
© Anthenea

Dirancang oleh arsitek angkatan laut Prancis Jean-Michel Duacancelle, desain aslinya terinspirasi oleh 'sarang penjahat' dari film James Bond 1977 The Spy Who Loved Me. Strukturnya mirip UFO dan telah dikembangkan lima prototipe serta membutuhkan waktu 15 tahun untuk diselesaikan.

4 dari 5 halaman

Konsep Bunga Teratai

Anthénea memiliki diameter 31 kaki atau 9,4 meter dan menawarkan ruang untuk dua orang dewasa atau keluarga dengan empat penumpang. Dilengkapi dengan lounge, dapur kecil, sedangkan atapnya dilengkapi dengan area santai yang dapat menampung hingga 12 tamu.

 Anthenea
© Anthenea

Bisa dibilang, fitur terbaik Anthenea adalah kemampuannya untuk menyatu secara mulus dengan laut. Perusahaan menggambarkannya sebagai " bunga teratai" karena berada di atas laut dan " tidak berdampak pada ekosistem bawah laut" .

Pod dilengkapi dengan panel surya dan sistem penahan inovatif dan sekrup pasir yang tidak merusak dasar laut. Teknologi hijau tambahan hadir dalam bentuk sistem penyaringan air asin dan sistem pengolahan limbah yang disetujui US Coast Guard.

 

5 dari 5 halaman

Bisa Ditambatkan

Strukturnya sendiri juga 100 persen dapat didaur ulang, yang berarti tidak ada limbah bahkan di akhir siklus hidupnya. Anthenea dapat dilengkapi dengan propulsi dan digerakkan dengan joystick jika membutuhkan pergantian.

 Anthenea
© Anthenea

Pod juga dapat ditambatkan seperti kapal biasa di dek dan dilaporkan dapat tetap stabil dalam angin Force 6 hingga 27 knot. Pod dapat digunakan sebagai kondominium laut eksklusif dan aman selama pandemi.

Penasaran harganya? Mulai dari US $365.000 atau Rp5,2 miliar hingga US$730.000 atau sekitar Rp10.5 miliar. Rumah atau apartemen apung mewah ini bisa dipesan Juli 2022.

Sumber: Robbreport.com

Terkait
Join Dream.co.id