Hunian Aman dan Nyaman, Jangan Tunda Renovasi Rumah

Decor | Senin, 7 Oktober 2019 14:04
Hunian Aman dan Nyaman, Jangan Tunda Renovasi Rumah

Reporter : Mutia Nugraheni

Perubahan cuaca, iklim, hingga cara penggunaan yang salah bisa menjadi alasan rumah makin butuh renovasi.

Dream - Kondisi rumah tak selalu baik. Seiiring waktu, warna cat akan berubah, muncul retakan, bocor hingga masalah lain yang membuat rumah tak lagi nyaman dan aman untuk tinggal di dalamnya.

Perubahan cuaca, iklim, hingga cara penggunaan yang salah bisa menjadi alasan rumah makin butuh renovasi. Dengan renovasi, fungsi rumah untuk melindungi penghuninya dari cuaca luar kembali maksimal. Sahabat Dream dan keluarga juga bisa lebih aman dan nyaman beraktivitas di dalam rumah.

Kapankah harus mulai merenovasi rumah? Dekoruma membagikan empat alasan tepat yang harus dipertimbangkan sebagai sinyal renovasi harus dilaksanakan secepatnya.

2 dari 5 halaman

Timbul Tanda-Tanda Kerusakan

Rumah tidak akan jauh dari kerusakan-kerusakan kecil seperti atap bocor dan dinding yang retak. Namun bila dibiarkan terlalu lama, kerusakan kecil ini akan akan besar dan parah. Celakanya, rumah jadi tidak aman.

Saat sudah melihat kerusakan kecil, segera renovasi dengan skala kecil. Selain menghemat tenaga, bisa menghemat pengeluaran. Jangan lupa untuk terus merawatnya secara berkala, misalnya dengan melapisi cat dinding lagi dan lapisan anti-air pada atap.

 

3 dari 5 halaman

Rumah Akan Dijual

Meski ingin menjual rumah dan pindah ke rumah lainnya, rumah lama perlu direnovasi. Mengapa demikian? Rumah tua yang masih dalam kondisi apik akan meningkatkan nilai jual properti. Tentu, hal ini sangat menguntungkan, bukan?

Lakukan renovasi dengan merombak desain atau cat dinding yang sesuai dengan selera pasar. Cek juga bagian-bagian penting di dalamnya, seperti pipa saluran air, kekokohan dinding, atap, hingga bagian-bagian rumah yang sudah terserang rayap.

 

4 dari 5 halaman

Kehadiran Anggota Baru

Saat si kecil sudah lahir, perlu menyiapkan satu kamar khusus untuk dirinya saat sudah beranjak dewasa nanti. Jika rumah yang dibeli tidak memiliki ruang tambahan, tentu perlu merenovasinya. Tak hanya kehadiran si kecil, kehadiran anggota keluarga lain seperti asisten rumah tangga yang menginap juga perlu kamar tidur. Tambahkan satu area kecil sebagai tempat ia beristirahat.

 

5 dari 5 halaman

Ingin Membuka Usaha di Rumah

Bekerja menghasilkan uang tidak perlu harus ke kantor. Ada beberapa orang yang memutuskan bekerja di rumah dengan membuka usaha sendiri, baik online shop hingga membuka toko fisik.

Keduanya membutuhkan area baru untuk gudang penyimpanan dan area penjualan. Jika rumah tidak memiliki area lagi, renovasi perlu dilakukan dengan menambah ruang atau memberi sekat tambahan.

Laporan Dinny Mutiah/ Liputan6.com

Join Dream.co.id