Hias Tembok Polos 'Mengganggur' di Rumah dengan Cara Seru

Decor | Senin, 26 Oktober 2020 12:02

Reporter : Mutia Nugraheni

Jika tak suka dengan cara klasik seperti menggantung lukisan atau foto, mungkin beberapa cara berikut bisa menginspirasi Sahabat Dream.

Dream - Selama di rumah saja karena pandemi mungkin Sahabat Dream baru menyadari ada area dinding di rumah yang cukup lebar, polos, putih dan tanpa hiasan. Bagaimana kalau mengubah tampilannya jadi lebih menarik?

Ada banyak cara untuk mempercantik dinding polos. Jika tak suka dengan cara klasik seperti menggantung lukisan atau foto, mungkin beberapa cara berikut bisa menginspirasi Sahabat Dream menghias dinding di rumah dengan cara berbeda.

Kain etnik

 Hiasan kain etnik di dinding
© Shutterstock

Kain tradisional memiliki motif dan warna yang begitu khas dan menarik. Jika punya kain yang cukup lebar dengan motif cantik, bisa dipakang di dinding. Bisa dibingkai dan dilapis kaca atau mungking digantung saja menggunakan gantungan kayu. Buat tampilannya jadi eklektik dan menyatu dengan tema ruangan.

 

Hias Tembok Polos 'Mengganggur' di Rumah dengan Cara Seru
Mural Dinding/ Foto: Shutterstock
2 dari 6 halaman

Taman vertikal

Bagi Sahabat Dream yang suka dengan tanaman, bagaimana kalau membuat taman vertikal di dinding? Terutama jika area dinding yang polos berada di teras rumah. Buat rak dari material besi yang kokoh.

Taruh beberapa gantungan untuk menaruh pot mungil. Untuk memudahkan menyiram, pastikan pot mudah ditaruh dan dicopot. Rumah lebih asri, suasana pun jadi segar.

 

3 dari 6 halaman

Mural/ lukisan langsung

Pertimbangkan juga untuk membuat mural/ lukisan di dinding. Kini banyak sekali seniman mural yang bersedia menghias rumah pribadi. Untuk temanya bisa dipilih dan dikonsultasikan. Pastikan saja gambar yang dipilih sesuai dengan kepribadian penghuni rumah dan senanda dengan ruangan.

4 dari 6 halaman

Cara Simpel Bikin Rumah Tampak Baru Tanpa Renovasi

Dream - Renovasi dengan sedikit mengubah ukuran ruangan, mengganti cat atau mengubah sekat, pastinya membutuhkan biaya. Dalam situasi pandemi seperti sekarang, mungkin Sahabat Dream lebih memilih untuk berhemat.

Sementara, rumah butuh suasana baru agar anggota keluarga tak terasa jenuh. Tenang, ada banyak cara membuat rumah jadi tampak baru tanpa renovasi atau biaya besar. Beberapa trik berikut mungkin bisa langsung diterapkan.

1. Cat ulang pintu depan 
Lihat lagi warna pintu utama rumah di depan. Coba cat ulang dengan warna yang sangat berbeda dari sebelumnya. Warna seperti hitam, cokelat, putih, atau abu-abu merupakan warna yang standar. Pertimbangkan untuk memilih warna yang sangat berbeda, kalau perlu lebih terang menyala. Dalam sekejap, tampilan depan rumah akan jadi sangat berbeda.

 

 

5 dari 6 halaman

2. Ganti tirai

Tirai dapat membuat perbedaan besar pada ruangan dalam hal gaya interior, cahaya, warna dan tampilan visual. Pertimbangkan untuk mengganti tirai dengan material, motif atau bentuk yang baru.

Pada ukuran jendela yang besar, mengganti tirainya dengan model baru pasti akan sangat berdampak pada ruangan. Cobalah untuk mengganti tirai di ruang utama atau yang paling sering dijadikan area kumpul keluarga.

 

6 dari 6 halaman

3. Cover sofa atau wallpaper

Untuk membuat suasana baru, ganti tampila sofa. Kini banyak sekali yang menjual cover untuk sofa yang bisa diganti sesuai selera dan kebutuhan. Tinggal dipasang dan dicopot. Bisa juga menggunakan trik ini agar sofa terlihat beda.

Wallpaper juga sangat bisa diandalkan untuk membuat dinding tampak baru. Tak perlu di semuadinding, bisa diterapkan di area tertentu saja. Untuk yang lebih simpel, bisa juga menggunakan wall sticker yang bisa ditempel di beberapa sudut.

Join Dream.co.id