Harus Sesering Apa Area Rumah Didisinfektan?

Decor | Senin, 15 Juni 2020 08:03

Reporter : Mutia Nugraheni

Demi kesehatan seluruh anggota keluarga.

Dream - Rutin melakukan didisinfektan jadi hal yang kini jadi hal yang wajib dilakukan. Tentunya demi melakukan pencegahan terhadap risiko penularan Covid-19. Pasalnya virus ini bisa dengan mudah menular melalui sentuhan dan cipratan air liur (droplet).

Disinfektan dianggap ampuh untuk mematikan bakteri dan virus, termasuk Corona yang mungkin menempel di permukaan benda-benda paling sering disentuh. Virus Corona dapat bertahan hidup pada permukaan yang berbeda untuk berbagai jangka waktu dan ketika kamu menyentuhnya, lalu memegang wajah, ini berisiko menularkan virus Corona pada diri sendiri.

Inilah pentingnya rutin membersihkan permukaan benda-benda yang sering disentuh. Meski di dalam rumah tidak ada orang yang sakit, tetap harus membersihkannya secara teratur dengan disinfektan sebagai tindakan pencegahan awal.

 

 

Harus Sesering Apa Area Rumah Didisinfektan?
Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
2 dari 6 halaman

Perbedaan Membersihkan dan Disinfektan

Ada perbedaan antara membersihkan biasa dengan menggunakan disinfektan. Membersihkan menggunakan disinfektan berarti kamu mencoba membunuh bakteri atau virus dengan pemutih atau produk berbasis alkohol sekitar 70%.

Fokuslah pada benda-benda yang sering disentuh, seperti gagang pintu, meja, sakelar lampu, remote control, toilet, atau pegangan apapun. Namun, jika ada seseorang yang memiliki gejala infeksi virus Corona di rumahmu, lakukan pembersihan dengan disinfektan lebih sering.

Sangat dianjurkan melakukan disinfektan setiap hari. Terutama pada benda yang sering disentuh. Jika terlalu sibuk, minimal dua hari sekali demi kesehatan seluruh anggota keluarga.


Laporan Annisa Wulan/ Sumber: Fimela

3 dari 6 halaman

3 Barang di Rumah yang Kerap Disentuh, Harus Ekstra Didisinfektan

Dream - Suasana Idul Fitri hari ketiga sangat berbeda dengan tahun sebelumnya karena pandemi. Sebagian besar pekerja sudah mulai masuk kantor, ada juga yang masih libur dan di rumah saja demi mengurangi penularan Covid-19.

Bagi Sahabat Dream yang di rumah saja dan saat Idul Fitri lalu menerima tamu dari keluarga terdekat, jangan tunda untuk melakukan bersih-bersih. Terutama pada barang di rumah yang paling sering disentuh. Apa saja?

Gagang pintu
Gunakan cairan disinfektan atau alkohol 70% dan lap bersih untuk membersihkan seluruh gagang pintu di rumah. Jangan lupa membersihkannya dengan sarung tangan dan kenakan masker.

Mulai dari gagang pintu pagar terluar rumah, pintu toilet, hingga pintu dapur. Gagang seluruh pintu sangat sering dipegang dan wajib didisinfektan secara rutin.

 

4 dari 6 halaman

Kacamata dan Setir Mobil

Kacamata
Apakah Sahabat Dream selalu menggunakan kacamata setiap hari? Jika iya maka harus membersihkannya secara teratur. Cara termudah adalah menggunakan air hangat dan sabun cuci piring jika tidak memiliki tisu pembersih lensa atau semprotan. Hindari menggosok alkohol, yang dapat merusak lapisan khusus pada lensa.

Setir mobil
Untuk yang satu ini kerap terlupakan, terutama selama beberapa akhir kita berbelanja kebutuhan Idul Fitri dan langsung naik mobil. Gunakan cairan disinfektan dan lap bersih. Bersihkan gagang pintu dan setir mobil karena dua area ini paling sering disentuh.

Sumber: RealSimple

5 dari 6 halaman

4 Trik Bersihkan Rumah Secara Cepat

Dream - Membersihkan rumah identik dengan waktu beres-beres yang lama dan melelahkan. Sebenarnya tak selalu demikian, jika kita menerapkan beberapa trik.

Rumah kita bisa lebih bersih dalam waktu cepat. Sahabat Dream mungkin kerap membersihkan rumah pada akhir pekan saat libur.

Padahal di momen libur harusnya kita beristirahat. Nah, untuk lebih hemat waktu, tak ada salahnya untuk mencoba empat cara ini.

1. Menjaga segala sesuatunya tetap teratur
Lebih mudah untuk membersihkan rumah jika semuanya ada di tempatnya. Untuk melakukan itu, seluruh anggota keluarga harus terbiasa menyimpan barang pada tempatnya setelah menggunakannya. Setelah makan langsung cuci piring, setelah mandi langsung taruh pakaian di tempat cuci dan gantung handuk.

Dengan menempatkan sembua barang pada tempatnya akan menghemat waktu beres-beres. Kita pun tidak membuang waktu hanya untuk membereskan barang yang tidak pada tempatnya.

 

6 dari 6 halaman

2. Bersihkan debu dengan lap basah

Kamu tidak dapat mencegah debu menumpuk di furnitur atau di sudut rumah. Bahkan jika kita bersihkan setiap hari, debu akan selalu ada. Nah untuk membersihkan debu secara cepat, lakukan dengan lap basah. Bisa juga menggunakan lilin pada furnitur untuk mencegah debu dan partikel lainnya menumpuk terlalu banyak.

3. Bersihkan jendela secara berkala

Meskipun membersihkan jendela kaca dan cermin cukup memakan waktu, tak perlu dibersihkan sesering mungkin. Lakukan saja satu kali dalam seminggu. Jangan sampai membersihkan satu kalai sebulan karena kotoran akan semakin sulit dibersihkan.

Cara terbaik untuk membersihkan jendela adalah pertama-tama menyeka dengan kain dan air sabun yang hangat. Setelah itu, keringkan dengan koran bekas. Jendela pun bersih dalam sekejap.

4. Fokus pada pembersihan kamar mandi dan dapur

Membersihkan rumah kita bukan pekerjaan yang rumit, tetapi memang membutuhkan tingkat konsentrasi tertentu. Hal ini terutama berlaku untuk area di mana bakteri ada setiap saat. Tentu saja, kamar mandi dan dapur.

Bila tak punya tenaga dan waktu untuk membersihkan seluruh rumah, ada dua area yang harus diprioritaskan yaitu kamar mandi dan dapur. Bersihkan dulu dua ruangan tersebut. Jika masih ada waktu, baru bersihkan lantai seluruh ruangan. Sapu dan pel agar lantai bersih karena efeknya pada seluruh rumah.

Sumber: DecorTips

Join Dream.co.id