Harus Seberapa Sering Mengganti Tanah di Pot Tanaman Indoor?

Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
DECOR  |  28 Januari 2021 14:02

Penting diketahui bagi Sahabat Dream yang punya banyak tanaman.

Reporter : Mutia Nugraheni

Dream - Subur dan sehatnya tanaman sangat bergantung dari kondisi lingkungan. Nutrisi, air, sinar matahari dan udara. Seiring waktu, tanaman menggunakan banyak nutrisi tanah dan bahan organiknya.

Dibutuhkan pergantian tanah secara rutin karena lama kelamaan tanah menjadi terkuras, keras dan tak mampun menahan air serta nutrisi. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mengganti tanah di pot.

" Agar tanaman dalam ruangan tetap sehat, kita perlu merepotingnya dengan tanah segar," kata Jeana Myers, ahli tanaman, dikutip dari Martha Stewart.

Mungkin Sahabat Dream yang merawat banyak tanaman dalam ruangan merasa bingung harus seberapa sering tanah dalam pot diganti. Menurut Myers, pergantian tanah sangat tergantung dari jenis tanaman.

" Tanaman hias yang tumbuh lebih cepat seperti pothos dan violet Afrika akan mendapat manfaat dari pergantian tanah secara rutin. Tanaman yang tumbuh lebih lambat seperti kaktus dan sansevieria, atau lidah ibu mertua, dapat dipindahkan setiap satu setengah atau dua tahun," ujarnya.

 

Selanjutnya : Media Tanam Kaya Nutrisi
Muhasabah bersama Ustaz Erick Yusuf
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
POSH (INSIGHTFUL & MOTIVATION SESSION)
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :