Hangat dan Kasual, Desain Ruang Makan yang Jadi Tren 2020

Decor | Jumat, 17 Januari 2020 14:03
Hangat dan Kasual, Desain Ruang Makan yang Jadi Tren 2020

Reporter : Mutia Nugraheni

Jika sebelumnya ruang makan lebih kaku, kini lebih menyatu dengan ruangan lain.

Dream - Area makan dalam rumah kerap kali memiliki banyak fungsi. Bukan hanya jadi tempat makan tapi juga tempat untuk berkumpul. Dulu, ruang makan memiliki desain klasik dengan meja dan bangku panjang.

Kini, ada perubahan tren desain ruang makan. Jika sebelumnya ruang makan lebih kaku, kini lebih menyatu dengan ruangan lain.

" Ruang makan juga kerap berfungsi sebagai area pertemuan keluarga besar. Desainnya saat ini dibuat sehangat mungkin dan cenderung mudah disesuaikan dengan kebutuhan," ujar Sarah Fultz, seorang desainer interior.

 

2 dari 6 halaman

Aksen Unik

Aksen-aksen unik bisa jadi pilihan untuk area makan. Seperti memasang lampu berdesain kontemporer, kursi dengan warna unik serta art decor yang berbeda dari biasanya.
Kursi dan meja juga cenderung dipilih yang berdesain simpel.

" Ada kecenderungan saat ini sangat tidak menyukai area ruang makan dengan desain formal. Desain hangat yang tak terlalu banyak sekat bisa jadi pilihan," kata Sarah.

Aksen tumbuhan juga bisa ditambahkan untuk menonjolkan kesan asri. Pilihan sekat seperti partisi kayu yang bisa dibuka tutup atau kaca juga kini lebih diminati.

" Ruang makan di 2020 ini, trennya lebih mengarah pada kesan intim dan hangat," ungkap Sarah.

3 dari 6 halaman

Warna Terbaik untuk di Ruang Makan, Bikin Semangat Mengunyah!

Dream - Permainan warna dalam sebuah ruangan bukan hanya untuk menampilkan nuansa estetis. Bisa juga dimanfaatkan untuk mendapat efek psikologis tertentu. Untuk di ruang makan, cobalah untuk memilih warna yang bisa membangkitkan selera makan.

Jika Sahabat Dream saat ini sedang menata kembali ruang makan, warna-warna berikut bisa jadi pilihan. Padukan dengan dekorasi yang pas, pasti akan terlihat apik, nyaman dan membuat lebih nafsu makan.

1. Putih
Warna ini secara umum identik dengan kepolosan dan kemurnian. Namun, warna putih akan mendorong untuk mengemil terus menerus. Nafsu makan yang tinggi terkadang membuat makan secara berlebihan. Untuk itu padukan dengan dengan warna-warna lain.

4 dari 6 halaman

Coba 2 Warna Ini

2. Hijau
Dalam hal makanan, orang akan mengidentikkan hijau dengan makanan sehat seperti salad atau sayur. Warna yang terkesan segar dan alami ini bisa meningkatkan nafsu makan karena sering dikaitkan dengan makanan yang sehat.

3. Merah
Merah merupakan warna yang berani dan memiliki kesan yang kuat. Karena kuatnya kesan yang dipancarkan, warna ini bisa meningkatkan tekanan darah, detak jantung dan energi seseorang. Akibatnya, nafsu makan seseorang akan meningkat.

Laporan Esther Novita Inochi/ Liputan6.com

5 dari 6 halaman

Pilihan Desain Ruang Makan Hangat Gaya Bohemian

Dream - Penataan bohemian memang tak akan pernah ada matinya. Menonjolkan suasana hangat, asri, sekaligus ceria. Bukan hanya bisa diaplikasikan pada ruang keluarga, tapi juga penataan ruang makan.

Ada yang suka dengan desain ruang makan megah, dengan kursi tinggi dan meja yang panjag. Namun ada juga yang lebih memilih penataan ruangan yang hangat dan dipercantik dengan 
detail ala bohemian.

Berikut beberapa inspirasi desain penataan ruang makan ala bohemian. Mungkin bisa diaplikasikan di hunian Sahabat Dream.

1. Dominasi kayu dan pepohonan

 Ruang makan bohemian
© Home Design Lover

Keduanya selalu bisa membuat aura tenang dan nyaman. Akan sangat apik jika diaplikasikan di ruang makan. Taruh beberapa pohon di sudut ruangan. Sebagai alas untuk ditaruh di lantai 
pilih karpet atau rug yang warna atau motifnya bernuansa kayu. Cukup taruh meja makan kecil dengan desain modern dan simple.

 

6 dari 6 halaman

Kayu dan Macrame

2. Meja klasik dan cat putih

 Ruang makan bohemian
© Home Design Lover

Jika di rumah terdapat meja makan klasik dengan model kursi 'jadul, padukan saja dekorasi dominasi putih. Sentuhan bohemian bisa diberikan pada aksesori pada tembok atau lantai. Anda 
bisa menaruh alas dengan motif bohemian atau menjadikannya sebagai hiasan dinding.

3. Perpaduan macrame dan kayu

 Ruang makan bohemian
© Home Design Lover

Macrame, hiasan dinding menggantung dengan detail rumbai kini sedang kembali menjadi tren. Dekorasi gaya bohemian bisa ditaruh untuk menghias dinding di ruang makan. Padukan 
dengan meja kayu dan sentuhan warna-warna seru pada detail ruang makan.

4. Motif bohemian yang menonjol

 Ruang makan bohemian
© Home Design Lover


Karpet atau alas lantai dengan motif bohemian yang kental dijadikan pusat perhatian dalam ruang makan. Pilih juga meja dan kursi yang memiliki padu padan warna yang senada. Dengan begitu nuansa bohemian pun jadi sangat menonjol. Akan tambah manis jika sudut ruangan juga dipenuhi dengan pot-pot mungil berisi tumbuhan berukuran sedang.

Sumber: Home Design Lover

 

Join Dream.co.id