Galau Pilih Meja Makan Bundar atau Persegi? Perhatikan Hal Ini

Decor | Selasa, 3 November 2020 10:02
Galau Pilih Meja Makan Bundar atau Persegi? Perhatikan Hal Ini

Reporter : Mutia Nugraheni

Sebelum membeli, pastikan melakukan pertimbangan dengan matang.

Dream - Area ruang makan dalam rumah seringkali tak diperhatikan dengan detail. Biasanya kita lebih fokus untuk mencari desain dan furnitur dapur yang pas, terutama jika ruang makan menyatu dengan dapur tanpa sekat.

Salah satu elemen penting di ruang makan tentunya meja makan. Beragam model dining table yang ada di pasaran mungkin membuat Sahabat Dream bingung untuk memilih. Sebelum memutuskan ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan agar mendapat yang sesuai.

Meja makan bundar atau persegi? Pertimbangkan dulu hal-hal berikut.

Letak
Hal yang paling penting untuk diputuskan sebelum membeli meja makan adalah letak persisnya. Meja berbentuk bundar tentu memenuhi ruang di mana semua barang akan berada di sekelilingnya. Oleh sebab itu, saat kita memilih meja berbentuk bundar kita harus memperhatikan detil ini.

Perlu diketahui juga bahwa kita membutuhkan ruang kosong di sekeliling meja bundar untuk memudahkan kita bergerak meninggalkan meja tanpa mengganggu kenyamanan orang lain yang duduk di meja makan.

Jika kita memilih meja makan berbentuk persegi panjang tentu tidak akan lebih banyak memakan tempat. Tak hanya itu saja, jika ruang makan tak terlalu luas, maka meja makan persegi pun dapat ditempel ke dinding.

 

2 dari 5 halaman

Bentuk dan suasana

Meja makan berbentuk bundar akan lebih leluasa karena tidak ada orang yang duduk di ujung meja. Oleh sebab itu kedudukan semua orang yang makan di meja adalah sama tanpa hierarki.

Sama halnya dengan meja makan persegi panjang untuk enam orang dan tidak ada yang duduk di salah satu sisinya. Posisi di ujung kanan dan kiri meja makan persegi panjang biasanya disediakan untuk kepala keluarga atau seseorang yang dituakan.

Alangkah lebih baik jika meja makan persegi panjang tidak terlalu besar agar tidak memakan banyak tempat. Meja makan persegi panjang juga cocok untuk acara makan bersama yang melibatkan banyak orang.

 

3 dari 5 halaman

Kapasitas

Saat memilih meja makan berbentuk persegi panjang akan memiliki kelebihan dalam hal kapasitas. Bagaimana pun meja makan berbentuk panjang memungkinkan banyak orang makan bersama tanpa menyita banyak ruang. Nah, jika ingin merayakan sesuatu, maka bisa memilih pada keindahan meja makan berbentuk persegi panjang.

Penjelasan selengkapnya baca di Diadona.id

4 dari 5 halaman

Warna Terbaik untuk di Ruang Makan, Bikin Semangat Mengunyah!

Dream - Permainan warna dalam sebuah ruangan bukan hanya untuk menampilkan nuansa estetis. Bisa juga dimanfaatkan untuk mendapat efek psikologis tertentu. Untuk di ruang makan, cobalah untuk memilih warna yang bisa membangkitkan selera makan.

Jika Sahabat Dream saat ini sedang menata kembali ruang makan, warna-warna berikut bisa jadi pilihan. Padukan dengan dekorasi yang pas, pasti akan terlihat apik, nyaman dan membuat lebih nafsu makan.

1. Putih
Warna ini secara umum identik dengan kepolosan dan kemurnian. Namun, warna putih akan mendorong untuk mengemil terus menerus. Nafsu makan yang tinggi terkadang membuat makan secara berlebihan. Untuk itu padukan dengan dengan warna-warna lain.

 

5 dari 5 halaman

Warna Hijau dan Merah

2. Hijau
Dalam hal makanan, orang akan mengidentikkan hijau dengan makanan sehat seperti salad atau sayur. Warna yang terkesan segar dan alami ini bisa meningkatkan nafsu makan karena sering dikaitkan dengan makanan yang sehat.

3. Merah
Merah merupakan warna yang berani dan memiliki kesan yang kuat. Karena kuatnya kesan yang dipancarkan, warna ini bisa meningkatkan tekanan darah, detak jantung dan energi seseorang. Akibatnya, nafsu makan seseorang akan meningkat.

Laporan Esther Novita Inochi/ Liputan6.com

 

Join Dream.co.id