Gabungan 3 Kontainer Bekas yang Disulap Jadi Rumah Mewah

Decor | Selasa, 28 September 2021 12:04

Reporter : Mutia Nugraheni

Lihat detailnya yuk!

Dream - Rumah dari kontainer bekas kini memang sedang diminati dan menjadi tren. Material bekas jadi pilihan utama bagi mereka yang ingin membuat hunian ptaktis sekaligus ramah lingkungan.

 rumah kontainer© Northern Shield Development

Seperti sebuah rumah yang berlokasi di Tiny, Ontario, Kanada. Terbuat dari material bekas, bukan berarti memiiki desain yang seadanya, justru rumah yang dibangun perusahaan Northern Shield Development ini sangat mewah.

 rumah kontainer© Northern Shield Development

Dikutip dari AirBnb rumah ini memiliki menggabungkan nuansa industri modern dengan baja dan balok kayu. Mempertahankan nuansa pondokan yang nyaman dengan aksen industrial bertekstur lembut.

Gabungan 3 Kontainer Bekas yang Disulap Jadi Rumah Mewah
Youtube Exploring Alternatives
2 dari 7 halaman

Interior Mewah

Kontainer dibangun di atas pondasi tiang heliks, terisolasi dari dalam dan luar untuk mencegah kondensasi dan memiliki sistem HRV untuk mengatur kualitas udara di dalam rumah.

 rumah kontainer© Northern Shield Development

Dari luar rumah tampak kokoh dan megah. Interiornya juga dibuat dengan nyaman, perpaduan rustic dan modern, dengan aksen baja ekspos, kayu, serta perabot dan peralatan modern.

 rumah kontainer© Northern Shield Development

Pemandangannya merupakan pepohonan tinggi yang tentunya sangat asri. Merupakan rumah liburan nyaman yang bisa jadi tempat melarikan diri dari rasa jenuh.

 rumah kontainer© Northern Shield Development

Ingin menginap di dalamnya? Jika penasaran, rumah ini bisa disewa selama beberapa hari.

Sumber: Youtube Exploring Alternatives

3 dari 7 halaman

Desain Dramatis Rumah Beratap Rumput Dikelilingi Pohon

Dream - Tinggal di rumah yang dikelilingi pepohonan jadi impian bagi beberapa orang. Terutama bagi mereka yang ingin mencari ketenangan dan jauh dari kesibukan kota.

Sebuah rumah yang berlokasi pinggiran Moskow, Rusia menawarkan desain tempat tinggal yang sangat unik. Rumah tersebut bernama Hill House yang atapnya ditutupi rumput.

 Hill House© Nikita Kapiturov Snegiri Architects

Foto: Nikita Kapiturov Snegiri Architects

Dikutip dari Dwell.com, rumah berdesain dramatis ini dibangun oleh firma Snegiri Architects yang berbasis di St. Petersburg, Rusia. Sengaja dibuat agar penghuni merasa benar-benar menyatu dengan alam dan energi yang digunakan 90 persen lebih sedikit dari tempat tinggal biasa.

" Dirancang untuk mereka menyukai inovasi," kata arsitek rumah tersebut, Nikita Kapiturov.

 

4 dari 7 halaman

Struktur Tahan Dingin

Atap rumah tersebut berbentuk miring dan dipenuhi dengan tanaman Stonecrop dan Chamomile. Pondasi rumah menggabungkan teknologi pelat Swedia yang membantu mendinginkannya, menjaga struktur agar tahan dingin dan tahan terhadap embun beku.

 Hill House© Nikita Kapiturov Snegiri Architects

Foto: Nikita Kapiturov Snegiri Architects

Sebagian besar struktur jendela dan pintu diposisikan di sisi rumah yang mendapat cahaya matahari agar membantu menjaga tempat tinggal tetap hangat di cuaca yang dingin. Sengaja dipasang pintu kaca di area teras agar rumah mendapat pencahayaan alami dari matahari secara maksimal.

Menarik bukan?

5 dari 7 halaman

Praktis, Rumah Modern Bisa Dibangun Hanya dalam 45 Hari

Dream - Membangun rumah tentunya membutuhkan waktu lama, apalagi jika desainnya cukup rumit dan memiliki desain modern. Siapa sangka ada rumah mewah yang bisa dibangun hanya dalam mewaktu 45 hari dan tanpa perlu bantuan mesin rumah.

 Pi Home© Taller Aragones

Courtesy of Taller Aragones

Rumah ini disebut Pi Home yang dikembangkan oleh biro arsitektur Taller Aragones yang berbasis di Mexico City. Ini merupakan rumah dengan sistem konstruksi modular yang bangunannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

 Pi Home© Taller Aragones

Courtesy of Taller Aragones

Dikutip dari Dwell, rangka dan material sebelumya dikemas dalam kotak datar, untuk kemudian dirakit. Pi Home menggunakan bingkai aluminium extrusion-die yang ditambatkan dengan tulangan ke tanah atau fondasi beton yang dituangkan.

 

6 dari 7 halaman

Bisa Dikirim ke Mana Saja

Seperti satu set Lego, jaringan baja membentang hingga 30 kaki untuk menopang struktur. Kancing aluminium terhubung dengan mulus ke balok, dan kelongsong eksterior dijepitkan ke bingkai.

 Pi Home© Taller Aragones

Courtesy of Taller Aragones

Ini adalah metode yang pada prinsipnya dapat diperpanjang hingga 45 kaki. Dapat dikirim ke mana saja, sistem ini memiliki potensi untuk rumah keluarga tunggal serta proyek yang lebih besar, seperti perumahan sosial.

 

7 dari 7 halaman

Desain Mewah

" Penting untuk menekankan bahwa ini bukan hanya sistem modular, tetapi sistem konstruksi, sehingga dapat berubah sesuai dengan topografi dan dimensi situs," kata Rafael Aragones, dari Aragones dan rekan di studionya.

 Pi Home© Taller Aragones

Courtesy of Taller Aragones

Saah satu rumah Pi Home yang cukup mewah adalah varian Bosques de las Lomas. Diklaim, dilengkapi dengan peralatan terbaik dan finishing berkualitas tinggi. Menurut Aragones, bingkai aluminium Pi Home, kecepatan perakitan, dan biaya pengirimannya lebih rendah sekitar sepertiga dari biaya konstruksi biasa.

Join Dream.co.id