Furnitur Selalu Tampak Baru, Lakukan 4 Langkah Perawatan

Decor | Rabu, 6 Mei 2020 12:03
Furnitur Selalu Tampak Baru, Lakukan 4 Langkah Perawatan

Reporter : Mutia Nugraheni

Saat di rumah, coba lakukan hal ini secara teratur.

Dream - Selama karantina di rumah, Sahabat Dream mungkin bosan melihat suasana rumah yang itu-itu saja. Ada beragam cara untuk memperbaruai tampilan rumah demi menghilangkan rasa bosan.

Tak perlu melakukan perubahan besar yang memakan waktu dan tenaga. Perubahan kecil namun rutin, juga bisa dilakukan. Salah satunya dengan menyulap tampilan furnitur agar lebih baru.

Cukup membersihkan kembali furnitur yang ada di rumah agar terlihat baru. Bagaimana caranya? Yuk simak langkah mudahnya.

Bersihkan debu
Salah satu cara terbaik untuk menjaga furnitur tetap bersih adalah dengan membersihkan debu setiap hari, bahkan jika pintu dan jendela tertutup. Debu yang menumpuk di furnitur, dapat merusaknya.

Gunakan bahan yang lembut, seperti kaus lama atau kain lap, untuk membersihkan permukaan yang besar dan kecil. Pastikanmembersihkan lipatan dan sudut tempat debu dan kuman menumpuk.

Jika furnitur kayu memiliki bekas pelumas, celupkan kain lembut ke dalam campuran air dan deterjen ringan dan usap permukaan dengan lembut. Pastikan membersihkannya dengan kain kering nanti agar tidak ada uap air yang tertinggal. Bisa juga memanfaatkan cat semprot kayu.

 

2 dari 5 halaman

Hindari sinar matahari langsung

Pastikan furnitur tidak diletakkan di area yang mendapat sinar matahari langsung. Selama periode waktu tertentu, sinar matahari dapat membuat kayu menjadi rapuh. Jika terlalu banyak terkena kelembaban, kayu akan mulai mengembang dan membusuk.

Jika furnitur diletakkan di sebelah pintu atau jendela, tutup sedikit di siang hari untuk menghindari paparan sinar matahari langsung pada furnitur. Bisa juga menggunakan sarung sofa demi menghindari terpapar sinar matahari langsung dan melindungi furnitur.

 

3 dari 5 halaman

Jauhi benda tajam

Kuku tajam hewan peliharaan atau garpu yang tertinggal di sofa dapat menyebabkan lebih banyak kerusakan. Jauhkan dari hewan peliharaan atau benda tajam. Itu akan membuat furnitur mudah tergores dan rusak.

 

4 dari 5 halaman

Minyak dan lilin

Jika ingin furnitur terlihat mengkilap dan baru, beri minyak dan lilin setidaknya dua kali setahun (sekali dalam tiga bulan adalah yang terbaik). Ini juga menambahkan lapisan pada permukaan, sehingga melindunginya dari kekusaman.

Untuk furnitur kain, gunakan kondisioner kain atau keringkan setidaknya setahun sekali (dua kali setahun jika memiliki hewan peliharaan di rumah). Gunakan semir kulit untuk menjaga furnitur kulit dalam kondisi baik.

 

5 dari 5 halaman

Berhati-hatilah terhadap pemutih

Jika furnitur memiliki noda minyak, noda air, minyak atau partikel makanan di atasnya, jangan gunakan pembersih serba guna berbasis kimia. Cairan tersebut akan merusak permukaan furnitur jika terus menerus digunakan. Gunakan pembersih kain untuk noda pada permadani dan permadani dan semir kayu untuk furnitur.

Laporan Cindy Azari/ Sumber: Misskyra

Join Dream.co.id