Elemen Dekorasi yang Bikin Nuansa Rumah Jadi Menyenangkan

Decor | Kamis, 26 Maret 2020 08:02

Reporter : Mutia Nugraheni

Saat di rumah saja bagaimana kalau sedikit mendekor ulang rumah.

Dream - Dalam kehidupan sehari-hari, terdapat hal-hal kecil yang membuat bahagia dan terasa menyenangkan. Seperti ke taman yang penuh dengan bunga-bunga harum dan indah, ketika pelangi muncul di langit sehabis hujan.

Saat ini kita diminta untuk lebih banyak diam di rumah. Menghindari area publik dan bertemu banyak orang demi mengurangi penularan Covid-19.

Bagaimana kalau sedikit mengatur dekorasi yang bisa memunculkan suasana menyenangkan? Simak triknya dari Homes to Love.

Mencerahkan
Tidak ada yang lebih berenergi daripada cahaya dan kehangatan matahari. Caranya adalah dengan melepaskan tirai tebal untuk membiarkan cahaya masuk, cat dinding berwarna putih atau warna cerah untuk menghadirkan kesegaran dan kehangatan visual, lalu posisikan lampu di sekitar rumah untuk menciptakan suasana yang cerah dan hangat.

 

Elemen Dekorasi yang Bikin Nuansa Rumah Jadi Menyenangkan
Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
2 dari 6 halaman

Permainan warna berani

Berimajinasi dan memiliki fantasi mengingatkan kita untuk menganggap bahwa hidup jangan terlalu serius. Caranya adalah mencoba berani dengan warna, bentuk atau skala.

Cobalah untuk menambahkan pattern terrazzo pada meja benchtop di dapur, lalu beri warna yang berbeda-beda setiap patternnya. Jika tidak mau bermain dengan warna, cobalah mencari benda yang memiliki bentuk unik, seperti lampu gantung yang besar atau karya seni yang mencolok, seperti hasil fotografi fashion yang populer.

 

3 dari 6 halaman

Karya seni seru

Merasa bebas mengejar apa pun yang diinginkan dapat membawa optimistis. Coba cari dinding kosong untuk melukis mural, menggantung karya seni yang abstrak dan besar, atau menempelkan wallpaper bermotif unik dan anti mainstream di rumah. Suasana baru akan terasa lebih menyenangkan.

Laporan Raissa Anjanique

© Dream
4 dari 6 halaman

Bikin Area Kerja di Rumah yang Bikin Betah

Dream - Sudah lebi dari satu pekan penerapan social distancing dilakukan. Sebagian besar perusahaan menerapkan kebijakan bekerja dari rumah (work from home/ WFH).

Mau tak mau kita harus menyediakan area kerja di rumah. Idealnya, ruang kerja sangat privat dan tidak terganggu dan merupakan ruangan sendiri.

Sayangnya tak semua rumah bisa menerapkan hal tersebut karena keterbatasan lahan. Mengubah sudut rumah, seperti di kamar tidur, meja makan bahkan ruang tamu untuk ruang kerja akhirnya dilakukan.

Sahabat Dream tetap bisa bekerja dengan nyaman dan betah dengan membuat area kerja yang memadai. Ada beberapa trik yang bisa dilakukan.

Mulai dengan rapi-rapi
Tumpukan berkas, barang dan hal yang bikin berantakan akan memicu masalah kecemasan. Untuk itu, sebelum kerja rapikan dulu area di sekitar meja kerja. Singkirkan barang yang tak perlu. Lap meja, pastikan tak ada debu serta bersih. Ini juga akan sangat berdampak pada Sahabat Dream selama bekerja di rumah. Area kerja yang bersih dan rapi pastinya bakal bikin nyaman.

 

5 dari 6 halaman

Dekorasi dengan barang yang disukai

Meski hanya meja kecil, usahakan untuk mendekorasinya dengan hal-hal yang kamu sukai. Misalnya bunga segar, tanaman hijau, action figure tokoh favorit atau benda lain yang bisa memancarkan energi positif.

Bisa juga foto berukuran mungil orang yang kamu sayangi. Hal-hal kecil biasanya akan berdampak besar pada psikologis. Pastikan saja hal tersebut bikin Sahabat Dream jadi lebih semangat bekerja.

 

© Dream
6 dari 6 halaman

Aroma menenangkan

Aroma bisa sangat efektif untuk mengangkat semangat dan memicu kenangan indah. Bisa berupa lilin wangi favorit atau diffuser yang diisi dengan minyak esensial. Nyalakan wewangian dekat meja kerja di rumah agar bikin makin betah. Pasalnya, penerapan social distancing bisa jadi bakal diperpanjang. Layak dicoba!

Join Dream.co.id