Detergen Bubuk vs Detergen Cair, Lebih Bagus Mana?

Detergen cair (Foto: Shutterstock)
DECOR  |  1 Maret 2019 12:08

Penggunaan detergen juga harus disesuaikan dengan mesin cuci.

Reporter : Annisa Mutiara Asharini

Dream - Mencuci pakaian sudah menjadi kegiatan rutin di rumah tangga. Sebagian orang memilih detergen bubuk, dan sebagian lainnya memakai detergen cair. 

Keduanya sama-sama ampuh dalam membasmi noda. Lalu, apa bedanya?

detergen bubuk mengandung kadar konsentrat yang lebih rendah dari detergen cair. Dalam pemakaiannya, detergen bubuk harus dilarutkan terlebih dahulu sebelum digunakan.

" Diaduknya harus sampai merata agar tidak ada residu yang tertinggal. Berbeda dengan detergen cair yang cepat larut dalam air," tutur Joanna Elizabeth Samuel, Marketing Manager Fabric Care Wings Group di acara launching So Klin Experience Sakura, Jakarta, Kamis 28 Februari 2019.

Jenis kain lembut seperti sutra, sifon dan satin sebaiknya dicuci memakai detergen cair. Sebab menurut Joanna, residu yang tertinggal dari detergen bubuk dapat merusak kain.

Penggunaan detergen juga harus disesuaikan dengan mesin cuci. Tak semua mesin cuci memiliki daya tahan terhadap busa sabun.

" Jenis bubuk dapat digunakan untuk mesin cuci dengan bukaan atas. Kalau bukaan depan pakai yang cair karena mengandung lebih sedikit busa sehingga tidak mengganggu sensor mesin cuci," ujarnya.

Selain itu, detergen bubuk juga tidak dianjurkan untuk mencuci pakaian bayi. Jika terpaksa, sebaiknya pakaian bayi dicuci terpisah dari pakaian lainnya.

" Untuk bayi disarankan pakai yang cair agar tidak alergi karena residu yang tertinggal," imbuh Joanna.

BJ Habibie Dimakamkan di Samping Ainun Habibie
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Terungkap, Ini Harga Cicilan Apartemen Nikita Mirzani
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :