Detail Interior yang Harus Jadi Perhatian Saat Renovasi Rumah

Decor | Rabu, 25 November 2020 14:03
Detail Interior yang Harus Jadi Perhatian Saat Renovasi Rumah

Reporter : Mutia Nugraheni

Pastikan perhatikan detail berikut saat merenovasi rumah.

Dream - Pandemi membuat banyak orang akhirnya memutuskan untuk membuat rumah jadi senyaman mungkin. Hal ini karena rumah adalah tempat yang paling aman dan nyaman selama pandemi.

Berbagai perubahan pun dilakukan, termasuk renovasi. Bagi Sahabat Dream yang berencana untuk melakukan renovasi rumah, tentunya berbagai hal sudah dipertimbangkan dengan baik.

Hal yang penting mendapat perhatian lebih adalah interior. Seperti keseimbangan, ritme, dan kesatuan. Tak hanya itu, interior juga digunakan sebagai alat untuk meningkatkan nilai estetis pada ruang.

1. Dinding
Dinding rumah bisa dirancang dengan berbagai konsep seperti diolah menjadi masif (solid) dan berongga (void), memainkan tekstur dengan membuat karakter lembut atau kasar, membuat dinding transparan, membuat tinggi-rendah dinding, dan lain sebagainya. Konsep ini perlu diperhatikan lebih jeli lantaran dinding merupakan dasaran penting untuk proses dekorasi serta renovasi pada elemen selanjutnya.

 

2 dari 6 halaman

Lantai, Furnitur dan Langit-langit

2. Lantai
Lantai dapat digunakan untuk menciptakan suatu tertentu, seperti menciptakan kesan penutup lantai yang bersifat keras dan dingin digunakan bahan keramik. Namun, jika ingin menghadirkan kesan mewah dan sejuk bisa menggunakan marmer. Berbagai efek pada lantai dapat diciptakan, tergantung bahan elemen yang digunakan.

3. Langit-langit
Langit-langit dapat dimanfaatkan sebagai mempertegas fungsi, suasana, bahkan harmoni pada ruang. Bila ingin menciptakan kesan mewah dan elegan, bahan gipsum yang diberi warna putih (netral) dengan permainan lampu (lighting) yang sesuai bisa jadi pilihan tepat. Jika ingin menciptakan suasana lembut dan berkesan sejuk, plafon dapat dibuat datar tanpa permainan bentuk, kemudian dipadu dengan lampu down light yang akan memberikan efek nyaman.

4. Elemen Furnitur atau Perabot
Elemen perabot juga perlu diperhatikan. Hal ini mencakup segala jenis perabot yang digunakan dalam desain interior, seperti meja, kursi, lemari, dan sofa. Jenis perabot dapat dipilih berdasarkan kesan yang diinginkan.

Selengkapnya baca di Diadona.id

3 dari 6 halaman

Ahli Interior Bagikan Trik Agar Tak Salah Pilih Warna Cat

Dream - Warna cat yang dipilih untuk dinding di seluruh ruangan bakal berdampak besar pada estetika rumah secara keseluruhan. Penting untuk memastikan Sahabat Dream memilih warna cat tepat.

Untuk mempermudah kamu memilih warna cat yang pas, James Treble, seorang konsultan interior membagikan trik andalannya. Bagi Sahabat Dream yang sedang ingin mengganti warna cat rumah atau melakukan renovasi, mungkin bisa menerapkannya.

Cari inspirasi
Ingin rumah terlihat seperti apa? Kumpulkan beberapa gambar dan warna yang menginspirasi. Bisa menengok majalah, media sosial, internet atau inspirasi lainnya demi mencari warna cat yang diinginkan.

Sesuaikan warna cat dengan suasana rumah secara keseluruhan. Setelah itu sortir, warna yang paling disukai jika pilihan cukup banyak. Buat moodboard dan bandingkan ke lantai dan furnitur agar warnanya yang dipilih bisa disesuaikan.

 

4 dari 6 halaman

Pencahayaan dan Contoh Warna

Pencahayaan
Cahaya alami selalu paling baik untuk melihat bagaimana suatu warna terlihat. Pencahayaan pijar menonjolkan rona hangat sementara pencahayaan fluoresen menghadirkan warna biru.Pastikan mendapatkan pencahayaan yang tepat sebelum memilih warna cat apa pun.

Goresan warna
Jika sudah memiliki gagasan tentang tone dan warna yang diinginkan, pergi ke toko cat dan carilah sampel. Bawa foto bagian dalam rumah, baik dalam kondisi siang maupun malam. Minta contoh warna yang diinginkan dan goreskan dalam kertas putih A4.

Tempelkan kertas tersebut di dinding dan perhatikan dampaknya bagi ruangan. Pilih warna yang paling nyaman di mata.

Sumber: Homes to Love

5 dari 6 halaman

Pemicu Kerusakan Bangunan Rumah yang Sering Tak Disadari

Dream - Berbulan-bulan di rumah, biasanya kita baru menyadari kalau ada beberapa area yang butuh perbaikan. Mulai dari cat yang mengelupas, tembok yang retak, plafon yang terlepas dan masih banyak lagi.

Bangunan rumah juga memiliki umur ketahanan. Kerusakan pastinya bakal terjadi seiiring waktu. Untuk itu perlu kewaspadaan. Ada beberapa pemicu kerusakan rumah yang sering tak disadari, apa saja?

Usia Bangunan
Sudah berapa lama rumah selesai dibangun? Hal ini bisa menjadi salah satu tolak ukur bahwa usia bangunan menunjukkan keadaan rumah yang ditinggali saat ini. Kualitas dan daya tahan material rumah dapat menurun seiring berjalannya waktu.

Lakukan pengecekan kondisi rumah secara berkala, misalnya pada kurun waktu 3-5 tahun sekali. Kerusakan kecil mungkin dapat diperbaiki sendiri, namun apabila kerusakannya terbilang parah dapat diatasi dengan mengganti komponen material bangunan yang baru.

 

6 dari 6 halaman

Penggunaan dan perawatan

Bagaimana para penghuni rumah menggunakan, dan merawat sehari-hari rumah yang ditempati adalah faktor yang paling menentukan kondisi rumah sekarang. Tanpa disadari, kegiatan rutin yang dilakukan sangat mempengaruhi kondisi rumah dan furnitur yang ada di dalamnya. Misalnya, kebiasaan membanting badan pada saat duduk di sofa mempunyai pengaruh besar terhadap daya tahan sofa itu sendiri. Hal itu pula juga berlaku pada bagian rumah lainnya.

Pengerjaan awal yang berantakan

Perancangan yang kurang baik, salah perhitungan, serta pengerjaan yang kurang tepat dan tidak optimal bisa menjadi awal kerusakan rumah di kemudian hari. Sebagai contoh, salah perbandingan adukan semen, salah perhitungan pada kemiringan lantai kamar mandi, instalasi talang yang tidak dipikirkan, dan lain sebagainya.

 Kesalahan dalam memilih material

Jika rumah yang belum lama dibangun sudah mulai terlihat kusam dan rusak, mungkin sebab yang terjadi karena salah dalam memilih produk atau material saat proses pembangunannya. Oleh karena itu, pastikan kembali apakah pembanguan rumah sudah menggunakan produk dan material yang sesuai dengan fungsi dan kegunaannya. Hal yang bisa dijadikan contoh adalah saat menggunakan cat interior untuk dinding luar rumah menjadikan warna lebih cepat pudar dan mudah mengelupas.

Selengkapnya baca di Diadona.id

 

Join Dream.co.id