Desain Unik Rumah Kontainer Bernuansa Artsy

Decor | Kamis, 3 Juni 2021 14:04

Reporter : Mutia Nugraheni

Lihat desainnya mungkin bisa jadi inspirasi untuk membuat rumah dengan material kontainer.

Dream - Rumah dengan material kontainer kini sedang banyak diminati. Materialnya dianggap lebih terjangkau dari segi harga, termasuk dalam hal pembuatan yang tak terlalu memakan waktu.

Sebuah rumah dari kontainer dengan desain menarik, mungkin bisa jadi inspirasi. Berlokasi di Florida, Amerika Serikat, rumah milik Rob Depiazza ini memailiki tampilan yang sangat unik.

Awal dibuat rumah kontainer tersebut karena Rob kehilangan rumah yang telah ditinggalinya selama 32 tahun karena tertimpa pohon ek saat badai Irma. Pekerjaannya sebagai asisten dari seorang arsitek membuatnya nekat untuk membangun rumah dari kontainer.

 Rumah kontainer
© Rob Depiazza

(Foto: Rob Depiazza)

" Saya mendesainnya dengan arsitek sambil menjalankan bisnis sablon saya dan pulih dari operasi penggantian pinggul hanya beberapa bulan sebelum badai melanda. Ini adalah kisah gila yang hampir membuat saya kehilangan kewarasan namun saya melewatinya dengan cukup baik," ujar Rob.

 

Desain Unik Rumah Kontainer Bernuansa Artsy
Rumah Kontainer/ Foto: Rob Depiazza
2 dari 6 halaman

Nuansa Colorfull

Rumahnya memiliki konsep terbuka. Untuk ruang tamu/makan banyak dihiasi oleh artwork. Terdapat juga jukebox dan televisi tahun 50-an yang berfungsi, dan dilengkapi dengan stand makan ala restoran.

 Rumah Kontainer
© Rob Depiazza

(Foto: Rob Depiazza)

Nuansa colorfull begitu mendominasi rumah Rob. Jendela besar membuat rumah ini tampak terang dengan pencahayaan alami. Terutama di jendela dekat tangga. Gaya interior 50-an tampaknya menginspirasi Rob dalam menata rumah.

 Rumah Kontainer
© Rob Depiazza

(Foto: Rob Depiazza)

Kesan retro begitu menonjol dan juga nyaman.

Sumber: Apartment Theraphy

3 dari 6 halaman

Keunikan Arsitektur Rumah Gantung Tepi Jurang

Dream - Rumah dengan pemandangan alam memukau selalu punya nilai lebih. Biasanya, untuk membangun rumah tersebut, kondisi lanskapnya sangat menantang. Seperti berada di lokasi yang dekat atau malah menempel jurang.

Dibutuhkan keahlian arsitektur untuk menghadirkan hunuan yang aman dan tentunya nyaman. Sebuah rumah di gantung tepi jurang yang berlokasi di Mendocino, California, Amerika Serikat mungkin bisa menginspirasi.

 Suspende House
© Milad Eshtiyaghi

Rumah tampak benar-benar menggantung di pinggir tebing. Dilengkapi dengan kawat dan tiang penyangga yang super kuat. Rumah unik ini dirancang oleh arsitek asal Iran, Milad Eshtiyaghi.

 Suspended House
© Milad Eshtiyaghi

" Lokasi tanah proyek ini berada di pinggir tebing, maka dalam mendesain rumah ini, kami memutuskan untuk memisahkan rumah dari tanah proyek sehingga rumah tergantung di udara. Proyek ini punya sensasi yang berbeda. erasaan takut dan kegembiraan di ruang luar dan perasaan tenang dan nyaman di ruang dalam ruangan," kata Milad, dikutip dari AmazingArchitecture.

 

4 dari 6 halaman

Konsep Miring Menyesuaikan Iklim

Untuk membuat rumah, diaplikasikan cara miring karena iklim wilayah tersebut. Digunakan tiang dengan dua kabel yang berfungsi sebagai penahan beban gravitasi dan menahan gaya angin lateral dan atas.

 Suspended House
© Milad Eshtiyaghi

" Di bagian bawah, kami membuat jalan setapak yang menjangkau ruang untuk duduk dan bersantai, dan bagian untuk bermain (yaitu ayunan). Dan orang yang ada dalam ruangan akan merasa bebas seperti mengambang di udara. Berat bagian ini ditanggung oleh kabel," kata Milad.

Rumah dirancang untuk dua orang. Terdapat kamar tidur di selatan, ruang keluarga dan studio kerja. Ruang tamu, dapur dan ruang makan di bagian utara, yang menghadap ke timur dan barat.

Pemandangannya sangat memukau karena dinding kaca di tiap sudut. Hal ini memungkinkan untuk melihat keindahan alam dari tiap area rumah.

5 dari 6 halaman

Penampakan Rumah Mewah yang Masuknya Lewat Lorong Bawah Tanah

Dream - Privasi bagi beberapa orang merupakan kemewahan. Rumah dengan keamanan maksimal dan jauh dari keramaian jadi yang paling dicari. Mungkin untuk para selebritas, pengusaha atau konglomerat rumah di Greenwood, Minnesota bisa jadi pilihan.

 Rumah lorong
© Realtor

Foto: Realtor.com

Lokasi rumah ini memang tak biasa. Berada di pulau terpencil dan untuk mengaksesnya harus melalui lorong bawah tanah. Dikutip dari HouseBeautiful, rumah tersebut baru saja dijual seharga US $15 juta atau Rp214,9 miliar.

 Rumah lorong
© Realtor

Foto: Realtor.com

Untuk memasukinya, harus melakukan perjalanan melewati jembatan kemudian, memasuki terowongan bawah tanah, yang menuju ke garasi 8 mobil. Lokasi rumah berada di pulau yang bukan hanya menawar privasi tapu juga pemandangan panorama Teluk St. Alban yang spektakuler di Danau Minnetonka.

 

6 dari 6 halaman

Bergaya Italia

Desain arsitektural rumah juga sangat megah. Terinspirasi dari karya Andrea Palladio, seorang arsitek Italia. Salah satu elemen desain yang sangat menarik perhatian di rumah ini adalah atrium kaca, yang sangat mewah.

 Rumah lorong
© Realtor

Foto: Realtor.com

Rumah ini dilengkap empat lantai, fasilitasnya terdapat bioskop pribadi untuk 12 orang, gym lengkap, ruang loker, area sauna, dan ruang bar. Siapa sangka ada rumah semewah ini di pulau terpencil.

Ingin membelinya, Sahabat Dream?

Join Dream.co.id