Desain Unik Rumah Atap Merunduk ala Jawa

Decor | Selasa, 11 Januari 2022 12:00

Reporter : Mutia Nugraheni

Total biaya untuk membuatnya sekitar Rp1,4 miliar.

Dream - Saat membangun rumah pastinya kita dipengaruhi banyak hal. Bukan hanya anggaran dan desain atau lahan, tapi juga pengaruh budaya serta kebiasaan masa kecil.

Seperti cerita rumah berdesain atap unik yang dibangun oleh Delution Architect, Bow House. Rumah ini, dikutip dari Instagram resmi @delution_architect memiliki konsep merunduk.

 Bow House© Fernando Gomulya

Foto: Fernando Gomulya

" Konsep ini terinspirasi dari representasi budaya dan gaya hidup masyarakat Jawa yang rendah hati dan sederhana. Sang pemilik rumah memang ingin memiliki rumah yang homey, hangat dan memiliki halaman yang cukup luas seperti tempat mereka menghabiskan masa kecilnya di pedesaan Jawa," tulis tim Delution menjelaskan desain Bow House.

 Bow House© Fernando Gomulya

Foto: Fernando Gomulya

Bentuk atapnya memang sangat unik, menjulur rendah ke bawah. Bentuk atap ini memberikan kesan rumah yang teduh dan menciptakan ilusi rumah satu lantai yang sederhana.

 

Desain Unik Rumah Atap Merunduk ala Jawa
Bow House/ Foto: Fernando Gomulya Via Instagram @delution_architect
2 dari 6 halaman

Biaya untuk Membuatnya

Untuk interiornya, Bow House banyak menggunakan material kayu dan penggunaan finishing warna putih. Perpaduan keduanya memberikan kesan yang luas dan cerah.

Material lain yang digunakan adalah kaca dan expanded metal, hal ini memberi suasana menyatu.

 Bow House© Fernando Gomulya

Foto: Fernando Gomulya

" Tercipta interaksi ruang yang menyatu secara visual walau dipisahkan sekat," tulis Delution.

 Bow House© Fernando Gomulya

Pada area dapur dan ruang makan, dibuat semi outdoor yang terbuka ke taman samping. Adanya taman membuat ruangan lebih terang dengan cahaya alami dan udara yang mengalir maksimal.

 Bow House© Fernando Gomulya

Penasaran berapa biaya untuk membangun rumah ini? Menurut keterangan Delution, total biaya untuk membuatnya sekitar Rp1,4 miliar.

Sumber: Delution Architect

3 dari 6 halaman

Desain Rooftop Seru ala Rumah Purnama Bandung, Intip Yuk!

Dream - Area lantai teratas dari rumah, biasanya hanya dibuat seadanya. Jadi tempat toren atau jemuran. Jika kondisinya memungkinkan, cukup luas, sebenarnya juga bisa dijadikan area bersantai atau taman rooftop.

Seperti yang dilakukan pemilik akun Instagram @rumah_purnama. Bagian teratas rumah mereka memiliki rooftop yang nyaman dan kerap jadi area bersantai favorit anggota keluarga.

Berlokasi di Bandung, Jawa Barat, udara dingin di sana tampaknya membuat rooftop ini jadi area yang sejuk. Untuk membuatnya, dari keterangan yang diunggah, menggunakan rangka besi hollow ukuran 5x10 dan 4x6.

 Rooftop Rumah Purnama© Instagram Rumah Purnama

" Untuk dinding menggunakan bahan spandeck 670 dan atap pun pakai spandeck tapi dg type berbeda, lalu kami lapis lagi dengan peredam. Untuk pintu kami buat ada 2, disisi kiri dan dari depan," tulis keterangan di Instagram @rumah_purnama.

 Rooftop Rumah Purnama© Rumah Purnama

 

4 dari 6 halaman

Tempat Santuy yang Nyaman

Sementara, bagian kiri menggunakan pintu besi, lalu pintu depan menggunakan bahan alumunium yang satu paket dengan jendela kaca. Material alumunium menggunakan ukuran 3cm dan kaca biasa 5mm.

 Rooftop Rumah Purnama© Rooftop Rumah Purnama

" Banyak yang tanya apakah diruangan ini panas? Jika pintu & jendela terbuka tidak terlalu panas,karena diatas anginnya cukup bikin adem,"  tulisnya.

 Rooftop Rumah Purnama© Instagram Rumah Purnama

Jadi area rooftop juga memiliki glasshouse yang bisa digunakan untuk beristirahat. Untuk menambah suasana asri ditaruh banyak tanaman berukuran besar dan terdapat tanaman merambat yang menjuntai ke bawah. Lampu-lampu kecil juga dipasang agar malam hari rooftop terkesan romantis.

Ide yang seru, bukan?

5 dari 6 halaman

Kanopi Balkon yang Lagi Viral, Bisa Jadi Area Santai

Dream - Memiliki area di bagian atas rumah yang multifungsi dan estetik, siapa yang tak mau. Bagi Sahabat Dream yang sedang mencari-cari ide untuk membuat tampilan dan sudut rumah jadi lebih apik, mungkin bisa terinspirasi kanopi balkon ala pemilik akun Instagram @imaasyida.

Ia membuat balkon tambahan di atas garasi, yang bisa jadi tempat bersantai, area jemur dan terlihat cantik. Ima menyebutnya sebagai kanopi balkon. Untuk membuatnya ia menggunakan material rangka besi dan plat baja, lalu melapisinya dengan rumput sintetik.

 Kanopi balkon© @imaasyida

Foto: Instagram @imaasyida

Lewat Youtube chanelnya, Ima menjelaskan kalau kanopi balkon tersebut memiliki ukuran panjang 3 meter dan lebar 4 meter. Besi-besi kanopi, dicat menggunakan tiga lapis cat. Pertama menggunakan lapisan cat besi antikarat baru kemudian lapisat cat warna yang diinginkan.

 Kanopi balkon© Instagram @imaasyida.

 

 

6 dari 6 halaman

Asri dengan banyak tanaman

Untuk menambah suasana asri, ditaruh beberapa tanaman ukuran sedang dan besar. Pohon Lee Kuan Yew jadi pilihan untuk ditaruh di bagian atas balkon.

 Kanopi balkon© Instagram @imaasyida

Saat tumbuh, tanaman tersebut akan menjuntai cantik ke bawah. Material besi yang kokoh memang tampak kaku, tapi dengan banyak tanaman hijau membuat rumah jadi tampak asri. Tertarik untuk membuatnya di rumah, Sahabat Dream?

 

Join Dream.co.id