Desain Taman Kering Minim Perawatan, Tak Perlu Potong Rumput!

Decor | Jumat, 3 Desember 2021 12:07

Reporter : Mutia Nugraheni

Cocok untuk Sahabat Dream yang ingin membuat taman simpel di rumah.

Dream - Memiliki taman mungil di samping atau dalam rumah, jadi oase tersendiri. Terutama jika Sahabat Dream suka dengan banyak cahaya alamai dan udara segar.

Taman identik dengan rerumputan hijau atau tanaman lebat, tapi untuk mendapatkannya dibutuhkan perawatan yang sering. Jika tidak, rerumputan akan mudah kering dan tanaman akan mati.

Sebenarnya ada model taman lain yang kini sedang banyak disukai, yaitu taman kering. Tak mengandalkan rumput sebagai penutup lahan, tetapi bebatuan. Tanaman yang dipilih pun yang perawatannya tak sulit dan cukup ditaruh di pot-pot berukuran sedang dan mungil.

Seperti ide yang dibagikan akun Instagram @dirumah.ps. Sang pemilik akun, membagikan sudut rumahnya berupa taman kering di area koridor rumahnya.

 Taman kering© Instagram @dirumah.ps.

" Pengen punya taman tapi lahan rumah terbatas..Pengen punya taman tapi ga punya banyak waktu buat ngurusin tanaman, apalagi motong rumput.. Pengen punya taman tapi ga suka becek kalo hujan..Lihat inspirasi koridor dan patio (taman kering) ala Rumah PS yuk!," tulisnya.

 

Desain Taman Kering Minim Perawatan, Tak Perlu Potong Rumput!
Koridor Patio/ Instagram @dirumah.ps
2 dari 5 halaman

Coba Terapkan Hal Ini

Ada beberapa trik yang ia bagikan untuk membuat taman kering di samping rumah. Apa saja?

 Taman kering© Instagram @dirumah.ps.


1. Gunakan pintu kacca yang menghadap ke arah koridor/ patio untuk kesan lebih luas

2. Jika ada area cukup, tanam pohon yang tak terlalu besar untuk memberikan suasana segar dan sejuk

3. Untuk kesan yang natural dan tropis, lantai koridor menggunakan kayu ulin Kalimatan yang tahan panas, hujan dan rayap

 Taman kering© Instagram @dirumah.ps.

4. Penggunaan batu split dapat mempermudah maintanance dibandingkan dengan penggunaan rumput hidup atau batu koral putih

5. Jangan lupa letakkan tanaman hijau dalam pot utuk menghidupkan area agar tak terlalu kaku

3 dari 5 halaman

Lihat Video Detailnya

      View this post on Instagram

A post shared by Rumah PS // PS home (@dirumah.ps)

4 dari 5 halaman

Ide Unik Taman Kering Bawah Tangga dari Arsitek Klaten

Dream - Area bawah tangga seringkali membuat bingung pemilik rumah. Terkadang dijadikan area penyimpanan, tapi tampak berantakan dan tak efisien. Ada juga yang memanfaatkannya menjadi kolam ikan dalm rumah agar terasa asri.

Bagi yang memiliki balita, kolam ikan bukanlah pilihan aman. Tak heran kalau sudut bawah tangga ini kerap disebut dead space, karena seringkali kehabisan ide untuk menata dan menjadikannya lebih fungsional.

Tymar Nurhasan, seorang arsitek yang berbasis di Klaten dan founder MTR Architect membagikan pengalamannya merancang area bawah tangga jadi taman kering.

 Taman kering© instagram @tymar_nurhasan.

" Hendaknya setiap sudut ruangan mampu menjadi elemen dekoratif. Ruang kosong dibawah tangga salah satu dead space yang seringkali membuat gemas. Awalnya ruang bawah tangga difungsikan sebagai kolam ikan koi. Kami mencoba menawarkan ide dengan tema yang kontras, mulanya dengan tema air ke tema desert," tulis Tymar di akun Instagramnya @tymar_nurhasan.

 

5 dari 5 halaman

Praktis nan Estetik

Area bawah tangga tersebut lalu dibuat taman kering. Ditaruh beberapa tanaman kaktus, lalu dipercantik dengan bebatuan berwarna putih.

 Taman kaktus© Instagram @tymar_nurhasan

" Pemilihan tema desert menggunakan elemen utama kaktus dan batu. Kaktus mempunyai sifat tidak membutuhkan banyak air dan memerlukan cahaya matahari cukup," ungkap Tymar.

Hasilnya sangat menarik dan unik. Sudut bawah tangga tetap terlihat apik dan asri. Mungkin bisa jadi inspirasi bagi Sahabat Dream yang sedang ingin menata rumah, khususnya di area bawah tangga.

Terkait
Join Dream.co.id