Desain Rumah Modern ala Bujangan, Lihat Isinya

Decor | Sabtu, 13 November 2021 10:18

Reporter : Mutia Nugraheni

Tiap sudut dan perabotnya dibuat sefungsional mungkin.

Dream - Membuat hunian tak melulu harus luas dan besar. Justru lebih baik dibuat sefungsional mungkin sesuai kebutuhan agar tak mubazir. Seperti rumah pemilik akun Instagram @faizullaetsi.

Ia membangun rumah di lahan yang lebarnya hanya dua meter. Cara menyiasatinya adalah dengan menambah lantai. Lewat Instagram, Faiz membagikan sudut-sudut rumahnya yang bernuansa modern.

 Tangga© @faizullaetsi

Sebagai bujangan, rumah yang dibangun sangat cukup memenuhi kebutuhannya. Terdapat kamar, ruang santai, hingga walking closet yang tertata rapi. Untuk lantai dua, Faiz memanfaatkan kontainer bekas.

 Rumah Faiz© @faizullaetsi

Akses berupa tangga dipasang lampu di bagian pijakan agar tak gelap dan berkesan dramatis. Anak tangga juga dijadikan penyimpanan sepatu sehingga lebih fungsional.

 

Desain Rumah Modern ala Bujangan, Lihat Isinya
Foto: Instagram @faizullaetsi
2 dari 6 halaman

Smart Home System

Tampaknya Faiz menyukai permainan cahaya lampu di rumahnya dengan beragam warna. Warna lampu putih untuk tangga, biru untuk dapur, dan kuning untuk area tangga. Kamar tidur juga cukup nyaman dengan jendela besar.

      View this post on Instagram

A post shared by Faiz Zullaetsi (@faizullaetsi)

Rumah ini juga dilengkapi smart home system. Jadi untuk mematikan lampu atau mengganti warnanya, cukup hanya dengan menjentikan jari. Menarik, bukan?

 

3 dari 6 halaman

Lee Kwan Yew Bikin Adem Rumah, Tanam dengan Tepat

Dream - Salah satu tanaman yang sangat direkomendasikan untuk ditanam di rumah tropis adalah Lee Kwan Yew. Merupakan jenis tanaman rambat dan menjuntai. Cocok untuk ditanam di lantai dua atau dinding kosong agar rumah tak tampak dingin.

Tanaman ini cukup lebat dan bisa membuat suasana rumah jadi asri dan sedap dipandang mata. Untuk membuatnya tumbuh dengan rapi dan lebat, ada trik yang bisa diterapkan. Akun Instagram @rumah.terang yang kerap membagikan tips menata rumah, memberi tahu cara andalannya agar tanaman Lee Kwan Yew tumbuh dengan apik.

Pertama, siapkan material berupa besi holo, jumlahnya sesuaikan dengan kebutuhan. Sediakan juga talang air PVC dan tali. Setelah itu lakukan pemasangan dengan cara berikut.

 Pemasangan penyangga Lee Kwan Yew© Instagram @rumah.terang

1. Ukur terlebih dahulu luas dinding (P x L) yang akan jadi medianya
2. Setelah diukur pasang besi holo dengan cara dipaku di dindingnya
3. Lubangi talang air sejumlah besi holo. Diameternya jangan terlalu kecil atau terlalu besar. Sesuaikan dengan lebar talang. Tujuanya untuk jalan masuk pucuk tanama Lee Kwan Yew
4. Pasang talang air di ujung atas besi holo ke tembok. Pakai besi melingkar yang khusus untuk memasang talang
5. Setelah penyangga terpasang dengan kuat baru tanam Lee Kwan Yew tepat di bawah ujung tiang besi holo
6. Ikat batang tanaman memanjang ke tiang menggunakan kawat besi. Tujuanya agar batang yang merambat mengikuti jalur yang dibuat.

 

4 dari 6 halaman

Butuh 2 Tahun untuk Lebat

" Di sini ukuran dinding 6,5 meter jadi pakai 5 holo dengan space ukuran 1,5 meter dari holo ke holo. Sedangkan tinggi besi 2.5 meter. Membutuhkan minimal 2 tahun untuk rimbun menutup seluruh dinding," tulis akun @rumah.terang.

 Tanaman Lee Kwan Yew© Instagram @rumah.terang

Bisa jadi inspirasi untuk membuat rumah jadi makin asri, bukan?

5 dari 6 halaman

Ide Seru Green House Mini untuk Koleksi Tanaman

Dream - Mereka yang hobi mengoleksi tanaman dan memiliki banyak pot beragam ukuran dan bentuk, tentu ingin selalu menatanya dengan rapi. Jika ditaruh di halaman, koleksi tanaman mungkin sering rusak karena ulah kucing liar.

Bila ditaruh di dalam, tanaman jadi kurang mendapat asupan cahaya matahari. Bagaimana kalau membuat rumah khusus untuk koleksi tanaman atau green house. Cukup berukuran mini. Seperti yang dilakukan akun Instagram @ind285.

Ia mengunggah green house mini yang di rumahnya yang sangat asri. Sahabat Dream mungkin juga ingin mengadaptasinya di rumah untuk koleksi tanaman di rumah.

 Green house© Instagram @ind285

" Luas nya 3,5m x 3,7m (kecil ya ga luas2 bgt), dibangun menggunakan rangka baja ringan, hebel sabagai dinding depan setinggi 75cm dan selanjutnya dengan pagar tinggi menggunakan material besi berlubang (expanded) yang gunanya agar sirkulasi udara di area ini tetap lancar dan nyaman serta kuat,"  tulisnya.

 

6 dari 6 halaman

Atap Clear Solarr Tuff

Untuk atap green house tersebut ukurannya 50:50 menggunakan besi expanded dan clear solar tuff. Diberikan juga modifikasi dengan potongan dahan kayu jati agar menambah kesan estetik ala cafe.

" Penggunaan clear solar tuff agar tanaman yangg butuh full sinar matahari bisa terpenuhi kebutuhannya ya, dan area tanaman yang tahan kena hujan seperti jenis-jenis caladium serta syngo pun aman karena besi expanded berlubang,"  ungkapnya.

 Green house© Instagram @ind285.

Hal yang juga sangat penting adalah pemasangan paranet. Terutama untuk tanaman yang tak bisa mendapat sinar matahari secara berlebihan.

 Green house© Instagram @ind285

" Aku pakai paranet jenis nylon premium karena lebih halus dan rapat tapi tidak terkesan gelap sehingga simat tetap bisa masuk kurleb 50% ketika panas terik. Dipasang pintu geser yang bisa dibikin pakai gembok kecil jadi aman klo ada yang pnya tanaman sulthan yaa,"  ungkapnya.

Tips yang cukup menarik. Mungkin Sahabat Dream ingin menerapkannya di rumah.

Terkait
Join Dream.co.id