Desain Interior Maksimalis, Jadi Tren Saat Pandemi

Decor | Senin, 26 Juli 2021 08:06

Reporter : Mutia Nugraheni

Mungkin bisa diterapkan di rumah.

Dream - Sejak awal 2020 seluruh negara menghadapi pandemi hingga saat ini. Adaptasi dan perubahan pun dilakukan dengan cepat, termasuk dalam hal penataan rumah. Kini, aktivitas harian baik bekerja maupun sekolah anak-anak dipusatkan di rumah demi mengurangi risiko penularan.

Kondisi tersebut juga berdampak pada tren penataan interior. Selama kurang lebih setahun terakhir, banyak orang lebih tertarik dengan dekorasi maksimalis. Data Pinterest menemukan, penelusuran kata kunci 'maximalism decor' lima kali lebih banyak dari tahun sebelumnya.

Hal ini karena sebagian besar orang menghabiskan banyak waktu di rumah. Untuk melawan jenuh akibat pandemi, orang-orang membutuhkan perubahan yang segar, salah satunya lewat dekorasi rumah.

 Penataan Interior yang Bikin Rumah Mudah Dibersihkan
© MEN

" Saat terjebak di rumah, orang ingin mendekorasi rumah mereka dengan cara yang menimbulkan rasa nyaman dan mengingatkan mereka pada momen-momen spesial. Karenanya, muncul-lah maksimalis," ujar Swasti Sarna, dari aplikasi Pinterest.

Konsep maksimalis sendiri adalah desain interior yang membuat rumah menjadi menyenangkan dengan memasukkan sejumlah elemen dan barang yang dirasa tidak perlu. Hal ini jelas berbeda dengan konsep minimalis yang justru harus mengeluarkan barang yang tidak perlu dari rumah.

 

Desain Interior Maksimalis, Jadi Tren Saat Pandemi
Ilustrasi
2 dari 2 halaman

Bebas Bereksperimen

Lewat konsep maksimalis, dinding ruangan bakal dipenuhi dengan karya seni seperti lukisan, foto, atau wall decor lainnya. Sejumlah tanaman yang ditata di banyak sudut rumah, dan masih banyak lagi.

Desainer interior, Michelle Fahmy mengatakan bahwa konsep maksimalis sering kali lebih praktis untuk orang-orang dalam kehidupan sehari-hari daripada minimalis.

" Minimalis cukup indah bila dilakukan dengan benar. Tapi, ada juga pilihan yang lebih mencolok, misalnya membuat rumah terasa seperti museum atau pameran seni yang membuat rumah terasa lebih menyenangkan," ujar Fahmy

Konsep maksimalisme ini sendrii membuat seseorang bebas bereksperimen dengan berbagai barang yang ada di rumah mereka. Sangat cocok untuk gaya hidup saat ini karena orang lebih banyak beraktivitas dalam rumah.

" Saat rumah penuh dengan hal-hal yang disukai, suasana hati bisa meningkat. Ruangan juga memberikan rangsangan tersendiri untuk mata," kata Danielle Blundell, seorang pakar interior.

Penjelasan selengkapnya baca di Diadona.id

Terkait
Join Dream.co.id