Deretan Barang yang Tak Boleh Dimasukkan ke Mesin Cuci

Mesin cuci (Foto: Shutterstock)
DECOR  |  18 Februari 2019 14:11

Bisa merusak tekstur kain hingga memicu kebakaran.

Reporter : Mutia Nugraheni

Dream - Mesin cuci jadi salah satu alat elektronik yang sangat meringankan kerja rumah tangga. Tak perlu mengucek semua pakaian kotor dan membilas, cukup dimasukkan ke mesin pekerjaan mencuci pakaian pun selesai dalam sekejap.

Meski demikian, tak semua pakaian bisa dicuci dalam mesin. Bisa malah merusak kain, membuat kerja mesin tak efektif, hingga menimbulkan kebakaran. Ketahui benda atau barang apa saja yang tak boleh dimasukkan ke mesin, seperti dikutip dari The Spruce.

1. Baju renang
Meskipun pakaian renang dirancang untuk berada di air, tetap kondisi air di dalam mesin cuci bukan akan merusak material kainnya. Tindakan mekanis pada mesin yaitu putaran yang kencang dapat merusak tali dan struktur bagian dalam pakaian renang.

2. Jas
Jas berbahan katun, polyester, jaket khusus, celana panjang, dan rok tidak boleh dimasukkan ke dalam mesin cuci. Terutama yang berbahan halus dengan potongan yang kokoh. Memasukkan ke mesin akan merusak bentuk dan kelembutannya.

3. Pakaian berbahan kulit
Jaket, celana atau pakaian lain yang berbahan kulit juga tak boleh dimasukkan ke mesin. Putaran mesin serta campuran sabun akan merusak teksturnya. Lebih baik bawa ke laundry untuk di dry clean jika sudah sangat kotor.

4. Wol, kasmir, beludru, dan pakaian berpayet
Jika Sahabat Dream memiliki pakaian berbahan seperti di atas ebaiknya baca terlebih dahulu label perawatan. Ada wol dan beludru yang dapat dicuci dengan mesin, tapi

5. Kain dengan noda mudah terbakar
Ketika sebuah pakaian atau celana garmen terkena noda dengan oli motor, bensin, minyak goreng, pengencer cat atau alkohol, jangan dimasukkan ke mesin cuci. Rendam dan kucek dulu sampai noda tersebut hilang.

Kain dengan noda tersebut sangat mudah terbakar, apalagi jika terkena putaran mesin dan sabun cuci berbahan kimia.

Laporan Ratih Permata Sari

Streaming Digugat Cerai Pablo Benua, Begini Suara Hati Rey Utami
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Streaming Mengintip Incaran Rumah Baru Keluarga Anang, Harganya Rp 60 Miliar!
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :