Dapur vs Kamar Mandi, Mana yang Lebih Banyak Bakteri?

Decor | Jumat, 23 Juli 2021 10:05

Reporter : Mutia Nugraheni

Pastikan membersihkan keduanya sesering mungkin.

Dream - Tempat mana yang menurut Sahabat Dream paling banyak kuman? Dapur atau kamar mandi? Mungkin banyak yang beranggapan kalau kamar mandi adalah pusat bakteri karena kita selalu buang air di dalamnya.

Rupanya hal tersebut kurang tepat. Ternyata tempat yang paling banyak kumannya adalah dapur. Memang, tak ada satu tempat pun di rumah yang bebas dari kuman atau kotoran, tapi ada beberapa area yang jumlah kumannya paling banyak.

Perbedaan besar antara satu dan yang lain, selain jumlah dan asal bakteri, terletak pada aktivitas yang kita lakukan di setiap tempat dan seberapa berbahaya mikroorganisme yang muncul.

Kuman di kamar mandi
Di sebagian besar rumah, kita cenderung membersihkan kamar mandi secara rutin karena tempat buang air. Kita berasumsi bahwa setiap masuk ke kamar mandi pasti membawa kuman dan selalu membilasnya atau menyiram desinfektan.

Bakteri baik dari urine maupun kotoran pun langsung mengalir ke tempat pembuangan. Di kamar mandi juga selalu ada sikat, spons dan formula pembersih yang bisa digunakan setiap saat. Hal itulah yang membuat kamar mandi memiliki level bakteri yang lebih sedikit. Kecenderungan kita untuk membersihkannya memang lebih sering.

 

Dapur vs Kamar Mandi, Mana yang Lebih Banyak Bakteri?
Dapur
2 dari 6 halaman

Bakteri dan kuman di dapur

Penelitian telah menunjukkan bahwa di dapur terdapat sejumlah besar mikroorganisme berbahaya. Bakteri dan kuman ini cukup mengancam kesehatan. Saat mengambil sampel, para peneliti menemukan bahwa kuman yang paling umum di dapur ini adalah:

- Coliform
- Coliform tinja
- Escherichia coli
- Stafilokokus aureus
- Salmonella
- Campylobacter
- Listeria

Dari penelitian bakteri coliform tinja, merupakan persentase dominan di 44 persen rumah tangga yang dianalisis. Bakteri ini ditemukan di wastafel dapur, spons, dan kain lap. Kedua, S. aureus ditemukan pada 39 persen sampel, terdapat di meja dan gagang pintu lemari es.

Untuk itu mulai sekarang, lebih sering bersihkan dapur. Terutama setelah memasak, baik meja dapur, kompor, gagang maupun lantai. Jangan sampai anggota keluarga di rumah mengalami masalah kesehatan karena dapur penuh bakteri.

Sumber: DecorTips

 

3 dari 6 halaman

Trik Menata Dapur Asri dengan Banyak Tanaman

Dream - Dapur sebelumnya hanya berfungsi sebagai area memasak dan menyipan bahan makanan. Kini, dapur bisa jadi area tempat kita melepaskan penat dengan memasak. Tak heran kalau desain dapur saat ini dibuat fungsional sekaligus sedap dipandang mata.

Salah satunya dengan membuat tampilan dapur menjadi sangat asri dengan menambahkan beberapa tanaman di tiap sudut. Cara ini bisa membuat suasana dapur jadi berbeda dan bikin betah. Terutama bagi Sahabat Dream yang suka dengan tanaman.

“ Tanaman menciptakan kehidupan di dalam ruangan dan menghadirkan elemen alami yang dibutuhkan setiap ruangan,” kata Veronica Solomon dari Casa Vilora Interior, dikutip dari Apartment Theraphy. 

Veronica punya beberapa trik bagi kamu yang ingin menaruh banyak tanaman di dapur.

Tempatkan di sudut yang tepat
Cari tahu karakteristik tanaman dan kemudian tempatkan di area yang pas agar tetap hidup. Misalnya, tanaman yang tak bisa terkena sinar matahari langsung jangan taruh dekat jendela.

Hindari juga menaruh tanaman dekat kompor karena uap panasnya bisa merusak daun dan batang bahkan menyebabkannya mati. Akan lebih baik menaruh tanaman di dekat wastafel atau bak cuci piring.

 

4 dari 6 halaman

Tanaman dan Kelembapan

Kelembapan tidak selalu baik
Kondisi dapur cenderung lembap karena selalu dipenuhi dengan uap kompor dan air mengalir dari bak cuci piring. Beberapa tanaman tidak menyukai kelembapan, salah satunya adalah sukulen dan anggrek.

Keduanya memang begitu cantik untuk ditaruh di area sekitar dapur, namun kelembapan dapur bisa merusaknya dalam sekejap. Pilih tanaman yang memiliki toleransi tinggai terhadap kelembapan.

Pilih tanaman cantik dan praktis
Untuk tanaman di dapur sebaiknya pilih yang perawatannya praktis dan tampilannya cantik. Seperti tanaman rempah dalam pot kecil yang bisa juga digunakan untuk memasak. Kini banyak dijual tanaman rempah dalam kemasan apik untuk ditaruh di dapur.

Bukan hanya membuat dapur menjadi asri, tapi saat panen daunnya bisa digunakan untuk masakan. Multifungsi, bukan?

5 dari 6 halaman

Sulap Tampilan Dapur Jadi Berbeda dengan 4 Cara Simpel

Dream - Saat di rumah kita memang cenderung ingin selalu menata tiap sudut rumah jadi lebih rapi dan tampak beda dari biasanya. Hal ini bisa jadi karena kita butuh penyegaran dan agar tak bosan di rumah.

Dapur jadi salah satu area rumah yang kerap diubah tata letak dan dekorasinya. Untuk membuatnya terlihat beda meskipun tak banyak perubahan yang dilakukan mungkin Sahabat Dream bisa menerapkan beberapa trik beriku.

1. Pemilihan Rak
Jika ingin meningkatkan penyimpanan di dapur, daripada mencari lebih banyak lemari, pilihlah rak. Memilih rak atau rak terbuka tidak akan membuat dapur terlihat sempit dan dapat memamerkan peralatan makan terbaik dengan penuh gaya.

2. Tambahkan Backsplash
Guna menambahkan backsplash di dapur, kita dapat memilih ubin putih atau keramik untuk memberikan tampilan yang mewah dan halus. Tergantung pada ruangan yang dimiliki di dapur.

Bisa juga memilih ubin berpola pada dapur. Dapat pula memilih kulit vinyl dan menempelkan backsplash untuk mengubah ruang.

 Glass backsplash di dinding dapur
© Apartment Theraphy

 

6 dari 6 halaman

Warna Cat dan Pencahayaan

3. Warna cat
Cat kapur adalah cara paling ekonomis dan termudah untuk mengubah dapur Anda dengan cepat. Pilih warna pastel lembut seperti ice blue, marsh green, dan lainnya. Cat lemari untuk mencerahkan tempat itu secara instan.

 Glass backsplash di dinding dapur
© Apartment Theraphy

4. Ubah Pencahayaan
Beli pencahayaan murah seperti lampu gantung atau tempat lilin leher angsa untuk memberi dapur tampilan yang elegan dan canggih. Bisa juga menambahkan lampu di bawah lemari untuk menambahkan sentuhan lembut namun dramatis.

Laporan Putu Elmira/ Sumber: Liputan6.com

Join Dream.co.id