Dapur Jadi Sangat Berbeda dengan 4 Perubahan Simpel

Decor | Selasa, 27 Juli 2021 10:02

Reporter : Mutia Nugraheni

Bisa dicoba di rumah.

Dream - Dapur yang bersih dan tertata apik tentunya membuat kita lebih semangat memasak. Banyak juga orang mendapat inspirasi saat berlama-lama di dapur. Area rumah satu ini memang kerap jadi 'pelarian'.

Bukan hanya untuk mencari makanan nikmat tapi juga meredakan stres dengan memasak atau hanya dengan melihat suasananya yang rapi. Bagi Sahabat Dream yang suka berlama-lama di dapur, mungkin ingin membuat tampilannya jadi berbeda dan lebih segar.

Tak perlu banyak renovasi, coba saja terapkan hal simpel berikut.

- Desain dinding
Coba ubah desain dinding dapur dengan melakukan perpaduan beberapa warna atau wallpaper yang menarik. Pertimbangkan untuk menggunakan cat papan tulis untuk menuliskan resep terbaru di dapur. Semakin banyak lapisan cat yang digunakan, semakin halus dinding papan tulis.

- Ubah tampilan lemari penyimpanan
Cara lainnya ubah tampilan lemari penyimpanan karena mengambil peranan besar dalam suasana dapur secara keseluruhan. Bisa mengubah warna atau tekstur kabinet. Bila ingin cat ylang, selalu gosok permukaan dengan amplas sebelum mengecat.

 

Dapur Jadi Sangat Berbeda dengan 4 Perubahan Simpel
Dapur
2 dari 6 halaman

Bisa Juga Aplikasikan Trik Ini

- Backsplash
Tambahkan kaca tempered backsplash pada dinding dapur. Hal ini akan membuatnya jadi lebih mudah dibersihkan dan menambah nilai estetika. Sesuaikan saja dengan tema dan kenyamanan.

- Pencahayaan
Hal ini sangat penting untuk membuat suasan dapur jadi lebih terang dan segar. Ada banyak jenis pencahayaan dapur yang unik mulai dari flush-mount hingga globe. Fungsi cahaya pada dapur untuk memudahkan kita memasak. Bisa berikan pencahayaan tambahan agar tampak beda dari biasanya.

Laporan Muhammad Thoifur/ Sumber: Liputan6.com

3 dari 6 halaman

5 Barang yang Sebaiknya Tak Disimpan di Rak Dapur

Dream - Penyimpanan di dapur cenderung cukup banyak karena untuk menaruh barang, perlengkapan masak dan bahan makan. Bisa berupa lemari kabinet atau rak terbuka. Kita pun jadi banyak meletakkan barang apapun di rak dapur.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan tidak boleh asal menaruh barang di rak dapur atau kabinet. Hal ini bisa berdampak tidak baik untuk kerapian dapur, termasuk kebersihan dan kesehatan. Apa saja barang tersebut?

1. Nampan
Benda pertama yang seharusnya tidak diletakkan di rak dapur adalah nampan. Sebab, selain memiliki ukuran yang cukup besar, nampan sering digunakan untuk sehari-hari. Bila ditaruh di rak terbuka rak akan kotor dan dipenuhi debu. Tentunya tidak bersih dan tidak sehat.

2. Linen atau Serbet
Hindari juga meletakkan linen atau serbet di rak dapur. Hal ini akan membuat serbet jadi lebih kotor karena tercampur dengan benda yang ada di dalamnya. Bila diletakan di rak terbuka akan terkena debu. Bila memang ingin disimpan dalam lemari tertutup pastikan khusus serbet dan sudah dalam kondisi kering.

 

4 dari 6 halaman

Perhatikan Juga Barang Ini

3. Peralatan Berat
Seperti halnya dengan mixer, pemanggang roti, dan alat elektronik lainnya yang memiliki beban berat, sebaiknya jangan diletakkan di rak atau kabinet dapur. Selain mempersempit ruang di kabinet, hal ini akan membahayakan saat akan diambil.

Lebih baik simpan di lemari bawah atau sediakan penyimpanan khusus. Menyimpannya di atas akan lebih sulit diambil.

4. Makanan
Sebaiknya, simpan makanan di lemari pendingin atau kulkas, sehingga masih bisa terkontrol. Jika disimpan di rak atau kabinet dapur, terkadang membuat kita lupa untuk mengecek tanggal kedaluwarsa dan akan mengundang semut berdatangan ke dalam kabinet.

5. Peralatan yang Sering Digunakan
Hindari juga untuk menyimpan perlengakapan atau peralatan yang sering digunakan dalam kabinet atau rak dapur. Hal ini tentu akan membuat rak selalu berantakan akibat seringnya mengambil dan meletakkan alat tersebut.

Selengkapnya baca di Diadona.id

5 dari 6 halaman

Jangan Salah Pilih, Plus Minus Dapur Terbuka dan Tertutup

Dream - Bukan hanya sekadar tempat memasak dan menyiapkan makanan, dapur juga kerap jadi area favorit untuk kumpul keluarga. Terutama jika anggota keluarga suka memasak bersama.

Dalam situasi pandemi seperti sekarang, dapur pun kerap jadi 'pelarian' untuk menghilangkan rasa bosan dan jenuh dengan membuat makanan. Desain dapur idealnya disesuaikan dengan kebutuhan penghuni.

Ada dapur yang dibatasi dengan tembok dan tertutup, namun ada juga yang modelnya terbuka tanpa sekat. Jika ingin mengubah bentuk dapur baik terbuka atau tertutup, perhatikan dulu beberapa hal berikut.

Privasi
Dapur terbuka dengan sedikit dinding dan pintu tentu tak memiliki privasi. Jika tidak ingin diganggu saat memasak, konsep dapur tertutup merupakan pilihan terbaik. Dengan sekat yang minim atau dibiarkan terbuka, kita akan mendengar semua yang terjadi di dapur.

Bisa jadi percikan api, tumpukan panci, suara mixer serta suara aktivitas lainnya. Jika tak masalah dengan hal itu, dapur terbuka bisa jadi pilihan. Sebaliknya, jika dianggap menggangu kenyamanan, dapur tertutup merupakan pilihan yang tepat.

 

6 dari 6 halaman

Keamanan

Jika perlu memasak sambil menjaga anak-anak, dapur terbuka memungkinkan kita selalu melihat mereka dengan jelas. Anak-anak pun tetap dalam jangkauan pendengaran, jadi tahu apa yang sedang terjadi dan di mana mereka berada.

Tapi, tata letak terbuka juga berarti anak-anak dapat masuk ke dapur kapan pun. Anak bisa dengan mudah memegang pisau dan peralatan saat kita sedang lengah dan tidak melihat. Tentunya ini bisa berbahaya.

Terkait
Join Dream.co.id