Cuma Jadi Penyangga Pintu, Batu Ini Ternyata Bernilai Rp1,5 M

Decor | Jumat, 12 Oktober 2018 12:13

Reporter : Mutia Nugraheni

Batu tersebut teronggok begitu saja saat ia membuka pintu gudang peternakan.

Dream - Seorang pria asal Michigan, Amerika Serikat yang dirahasiakan namanya, tak tahu sama sekali kalau batu di rumahnya adalah barang berharga. Selama ini, ia memanfaatkan batu hitam tersebut hanya untuk menyangga pintu.

Sebelumnya ia menemukan batu hitam yang cukup besar peternakan daerah Edmore, Michigan yang baru dibelinya. Batu tersebut teronggok begitu saja saat ia membuka pintu gudang di peternakan tersebut.

Seorang petani pemilik peternakan sebelumnya mengatakan kalau batu tersebut adalah batu meteorit dari 1930an dan ia membiarkannya begitu saja. Sejak itu, karena cukup kuat batu pun digunakan untuk menyangga pintu peternakan agar tak mudah tertutup saat dibuka.

 Batu Meteor© Smithsonian Institute

(Foto: Mackenzie Brockman/ Central Michigan University)

Setelah digunakan sebagai penyangga pintu selama 30 tahun, pria tersebut penasaran. Ia lalu membawanya ke Central Michigan University untuk diteliti. Tak disangka kalau batu tersebut memiliki nilai yang tinggi.

Cuma Jadi Penyangga Pintu, Batu Ini Ternyata Bernilai Rp1,5 M
Batu Meteor (Foto: Mackenzie Brockman/ Central Michigan University)
2 dari 2 halaman

Harganya Mencapai Rp1,5 Miliar

" Saya bisa langsung tahu bahwa ini adalah sesuatu yang istimewa. Ini adalah spesimen paling berharga yang pernah saya genggam dalam hidup saya, baik secara finansial maupun keilmuan," kata Profesor Monaliza Sirbescu, peneliti meteorit dari Central Michigan University.

 Batu Meteor© Michigan University

(Foto: Mackenzie Brockman/ Central Michigan University)

Batu tersebut ternyata meteorit terbesar keenam yang ditemukan di Michigan. Diperkirakan nilainya mencapai US $100.000 atau sekitar Rp1,5 miliar.

Mulai sekarang, coba perhatikan bebatuan di rumah. Siapa tahu batu tersebut ternyata meteor bernilai miliaran, Sahabat Dream.

Sumber: House Beautiful

Terkait
Join Dream.co.id